Web Hosting Terbaik


web hosting terbaikWebsite dan web hosting merupakan dua komponen yang tidak terpisahkan satu sama lain. Website membutuhkan web hosting agar bisa diakses secara online, web hosting membutuhkan website agar seluruh file atau data yang ditampung dalam web hosting bisa diakses melalui website.

Apa itu Web Hosting?

Pengertian tentang web hosting sepertinya tidak perlu lagi saya jabarkan secara luas karena dengan Anda sampai disini saya yakin tujuan Anda adalah mencari referensi web hosting berkualitas, dan bukan untuk membaca artikel yang menjelaskan tentang definisi web hosting.

Namun, ada yang perlu saya garisbawahi. Meskipun fungsi utama web hosting adalah untuk menampung data website, akan tetapi performa suatu website akan sangat bergantung terhadap performa server. Jadi, memilih web hosting tidak hanya soal mencari almari file semata, namun juga harus dipastikan kinerja server web hosting yang akan Anda pilih benar-benar dapat diandalkan.

Jenis-jenis Web Hosting

Layanan web hosting terbagi menjadi sekian macam. Masing-masing jenis web hosting menawarkan resource atau sumberdaya yang berbeda, pun demikian soal harga. Berikut adalah beberapa jenis web hosting:

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah sebuah layanan web hosting yang menggunakan satu server untuk beberapa klien. Shared Hosting menawarkan resource yang terbatas jika dibandingkan VPS atau layanan web hosting tingkat atas lainnya. Shared Hosting cocok untuk website dan blog berskala kecil hingga sedang seperti personal blog, micro blog, niche blog, atau blog profesional yang tidak membutuhkan disk space (ruang penyimpanan) besar.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah sebuah layanan web hosting yang menggunakan teknologi awan. Cloud Hosting sejatinya masih masuk dalam kategori Shared Hosting, namun memiliki performa yang lebih baik karena memungkinkan satu server untuk terhubung ke server lainnya ketika terjadi kendala tertentu. Cloud Hosting cocok untuk website berukuran sedang hingga besar, blog bisnis online, website pendidikan, atau untuk website perusahaan.

3. VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa virtual server, dimana masing-masing virtual server dapat di install OS sendiri. Secara umum, VPS masih memiliki sisi persamaan dengan Shared Hosting, hanya saja VPS ini memiliki sumberdaya yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server. Dengan virtualisasi tersebut, memungkinkan pengguna untuk menginstall OS dan software tambahan sesuai kebutuhan, yang mana hal tersebut tidak dapat dilakukan pada Shared Hosting.

VPS cocok untuk digunakan website-website dengan traffic tinggi per harinya yang sudah tidak lagi bisa diakomodir oleh layanan Shared Hosting standar.

4. Dedicated Server (Suite Hosting)

Dedicated Hosting yang juga disebut Suite Hosting adalah suatu jenis web hosting yang berbentuk seperti virtualisasi server yang memungkinkan pelanggan untuk menyewa bagian server lebih banyak bahkan seluruh server penuh untuk ditempati oleh website pelanggan tersebut. Sehingga, sumberdaya yang didapat menjadi lebih besar katimbang Shared Hosting ataupun VPS.

Dedicated Server sesuai untuk digunakan situs web dengan volume traffic sangat tinggi seperti situs portal berita, web forum, situs toko online, dan sebagainya.

5. Email Hosting

Email Hosting adalah sebuah layanan penyewaan tempat di server dengan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan penyedia atau provider yang dikhususkan untuk email saja. Karena Email Hosting ini memang dikhususkan untuk email saja, maka kinerjanya akan sangat lancar. Selain itu, untuk pengiriman email juga tidak dibatasi alias unlimited, tentunya dengan catatan email tersebut bukanlah spam.

Web Hosting Yang Tepat Untuk Website Anda

Jika Anda masih pemula, ada kemungkinan Anda akan bertanya “web hosting apa yang tepat untuk website saya?“.

Penting untuk diketahui, memilih web hosting itu harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Anda harus dapat mengukur tingkat kebutuhan hosting website Anda mencakup disk space dan bandwidth agar dapat menentukan pilihan secara tepat.

Jika baru akan memulai, rekomendasi saya cukup gunakan Shared Hosting biasa. Dan seiring dengan berjalannya waktu ketika blog Anda sudah berkembang dan memiliki banyak pengunjung, silakan upgrade ke VPS agar perfoma blog Anda semakin lancar.

Cara Menghitung Kebutuhan Disk Space

Semakin besar file yang akan dimuat di blog Anda, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Cara menghitung kebutuhan disk space untuk blog Anda adalah sebagai berikut:

Saya asumsikan satu halaman blog Anda berukuran sekitar 600 KB dan blog Anda memiliki sekitar 300 halaman, maka disk space yang dibutuhkan minimal adalah:

600 KB x 300 = 180.000 KB atau 180 MB

Cara Menghitung Kebutuhan Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang bisa ditransfer dari dan ke website Anda setiap bulannya. Ini termasuk download dan upload via HTTP maupun FTP. Besarnya bandwidth juga tergantung jumlah pengunjung dan jumlah tampilan halaman website Anda. Saya asumsikan ukuran rata-rata halaman website Anda adalah 600 KB, visitor per hari 1000 orang dengan rata-rata tampilan halaman per visitor adalah sebanyak 2 halaman, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Visitor = 1000 / day = 30k / month

BW = 600 x 2 x 30,000 = 36.000.000 KB atau sekitar 36 GB per Bulan.

Tips Memilih Web Hosting Secara Tepat

Seperti dijelaskan sebelumnya, memilih web hosting tidak hanya soal mencari almari file online semata, namun harus mempertimbangkan aspek kualitas.

Ada banyak perusahaan web hosting diluar sana, baik penyedia web hosting lokal maupun luar negeri. Yang perlu jadi catatan, tidak semua penyedia layanan web hosting dapat memberikan layanan web hosting berkualitas sebagaimana yang mereka janjikan dalam berbagai kampanye iklan.

Anda harus dapat mengenali mana yang terbaik, mana yang memiliki uptime dan load time paling bagus, serta perusahaan mana yang memang sudah teruji kualitas layanannya.

Agar tidak salah pilih, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Reputasi Perusahaan Penyedia

Ini adalah pertimbangan pertama dalam menentukan pilihan layanan web hosting. Reputasi bagus mencerminkan kualitas layanan web hosting yang ditawarkan suatu provider.

Anda dapat melakukan pengecekan terhadap website provider, testimonial dari para penggunanya, serta review dari berbagai sumber yang akurat.

2. Fitur dan Fasilitas

Dengan sudah mengeluarkan uang, tentunya Anda tidak ingin mendapatkan layanan web hosting yang sarat dengan pembatasan. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui fasilitas serta fitur apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia.

Fitur yang harus Anda perhatikan antara lain jumlah disk space, kapasitas bandwidth, jumlah addon domain, jumlah database, jumlah akun email, serta sistem keamanannya,

3. Rata-rata Uptime

Uptime adalah kebalikan dari downtime. Uptime merupakan waktu online dari server. Server hosting yang memiliki waktu uptime rendah berarti server tersebut sering down atau mati. Jika server dalam keadaan mati, maka sudah pasti website Anda akan offline dan tidak bisa diakses oleh pengunjung.

Perusahaan hosting manapun yang ingin Anda pilih, pastikan rata-rata uptime yang ditawarkan tidak kurang dari 99.95%.

4. Rata-rata Page Load Time

Tidak hanya memiliki uptime yang bagus, provider yang akan Anda pilih juga harus memiliki rata-rata page load time baik. Load time yang lamban akan memberikan masalah untuk website Anda.

Bayangkan Anda adalah seorang pengunjung, kemudian Anda mendapati loading suatu laman web berjalan dengan sangat lambat, apa yang akan Anda lakukan? kemungkinan besar Anda akan meninggalkan website tersebut. Ini kerugian yang akan Anda tanggung jika Anda menggunakan web hosting dengan load time buruk.

Usahakan untuk mendapatkan load time yang cepat, atau setidaknya tidak lebih dari 5 detik. Ini akan membuat pengunjung website Anda merasa nyaman saat membuka website Anda.

5. Pilihan Server

Lokasi server ikut mempengaruhi kecepatan akses suatu laman web. Misalkan Anda menggunakan server USA sementara pengunjung blog Anda berlokasi di Indonesia, maka hal tersebut akan membuat load time blog Anda berjalan lebih lambat.

Pilihlah server sesuai target pengunjung blog Anda sehingga kecepatan akses dapat berjalan dengan lebih optimal. Untuk traffic Indonesia, idealnya adalah menggunakan server IIX (Server Indonesia).

6. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Untuk poin yang satu ini sudah saya jelaskan diatas. Intinya, memilih web hosting itu harus diukur berdasarkan jenis website yang akan kita buat karena setiap kriteria website itu membutuhkan sumberdaya yang berbeda-beda.

7. Pertimbangan Harga

Sebagai pengguna, saya yakin Anda lebih prefer web hosting murah katimbang yang mahal. Tentu saja, harga merupakan pertimbangan yang logis. Namun, pastikan Anda tidak menentukan pilihan hanya berdasarkan pertimbangan biaya sewa yang murah.

Pilihlah perusahaan web hosting yang menawarkan harga terbaik, namun disisi lain kualitas layanan web hosting mereka sudah teruji atau sudah digunakan banyak orang.

8. Pelayanan Yang Baik

Sebagai pengguna, Anda harus mendapatkan pelayanan yang baik. Perusahaan penyedia web hosting yang akan Anda pilih harus siap memberikan bantuan teknis 24 jam nonstop. Pelayanan yang baik akan memudahkan Anda untuk mengatasi segala macam permasalahan tata-kelola web hosting yang akan Anda hadapi suatu-waktu.

9. Menawarkan Garansi

Sebagian besar penyedia web hosting menawarkan garansi pengembalian uang tanpa syarat yang merepotkan pengguna ketika yang bersangkutan ingin mengajukan refund. Anda perlu memastikan akan mendapatkan kemudahan yang satu ini.

Dengan adanya garansi pengembalian uang secara utuh, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat berpindah layanan jika kualitas web hosting yang Anda pilih ternyata tidak sesuai yang dijanjikan.

Rekomendasi Web Hosting Indonesia Terbaik

Penting untuk Anda ketahui, sebelum saya merekomendasikan layanan web hosting yang akan saya ulas dibawah ini, ada beberapa tahapan yang saya lewati. Jadi, review webhosting terbaik yang saya jabarkan dalam artikel ini tidak dibuat secara asal-asalan, tetapi sudah melalui tahapan demi tahapan dan pembuktian.

Berikut situasinya:

  1. Melakukan research perusahaan web hosting terpopuler di Indonesia
  2. Mengunjungi website masing-masing provider
  3. Melakukan pengecekan secara cermat terhadap semua website provider
  4. Memilih SATU dari PULUHAN pilihan
  5. Order web hosting dari provider yang menurut saya paling beralasan untuk saya pilih
  6. Mengamati performa website saya dari waktu ke waktu
  7. Menyimpulkan
  8. Merekomendasikan

Dan dari tahapan-tahapan tersebut, saya berkesimpulan bahwa Niagahoster adalah perusahaan penyedia jasa web hosting terbaik lokal yang sangat beralasan untuk saya rekomendasikan.

Apa saja dasarnya?

  1. Sudah saya gunakan sejak 2013 – sekarang
  2. Performa server bagus
  3. Menawarkan harga termurah dikelasnya
  4. Menawarkan fasilitas dan fitur yang cukup lengkap
  5. Aman
  6. Pelayanan sangat memuaskan

Web Hosting Murah Unlimited

PEMULA

Cocok untuk Beginner, Niche Blog, Micro Blog, Personal Blog, AdSense Blog

Rp14.900

Per Bulan

2.500+ Users

500 MB Disk Space

Unlimited Bandwidth

Unlimited Databases

1 Domain

Instant Backup

SEO Tools

Gratis SSL

Web Builder

Softaculous

PELAJAR

Cocok untuk Advanced, Business, News, Web Perusahaan, Community Blog

Rp23.450

Per Bulan

8.000+ Users

Unlimited Disk Space

Unlimited Bandwidth

Unlimited POP3 Email

Unlimited Databases

10 Domains

SEO Tools

Instant Backup

Gratis 2 Domain

CloudFlare

PERSONAL

Cocok untuk Experts, Business, Forum, Toko Online (incl: bloggerlamongan.com)

Rp29.450

Per Bulan

13.000+ Users

Unlimited Disk Space

Unlimited Bandwidth

Unlimited POP3 Email

Unlimited Databases

Unlimited Domains

SEO Tools

Instant Backup

Gratis 2 Domain

Akses SSH

Spam Mail Protection

BitNinja Smart Security

Review Web Hosting Terbaik Lokal

Seperti terlihat pada table harga diatas, Niagahoster menawarkan berbagai keunggulan sehingga pantas untuk dianggap sebagai salah satu penyedia webhosting terbaik di Indonesia. Berikut beberapa keunggulan hosting Niagahoster secara garis besarnya:

1. Perusahaan Hosting Terpopuler

Secara teori popularitas mencerminkan kualitas, dan Niagahoster merupakan perusahaan web host terkemuka yang memiliki popularitas dan rating tinggi diantara penyedia layanan hosting lokal lainnya. Anda dapat mengecek traffic rank website mereka, silakan bandingkan dengan website provider lain.

rating hosting

2. Biaya Sewa Murah

Dengan layanan premium, biaya sewa yang ditawarkan tergolong cukup murah, bahkan termurah dikelasnya. Anda dapat membandingkannya dengan penyedia lain, dengan kualitas yang sama sepertinya Anda akan kesulitan mendapatkan penawaran semurah yang ditawarkan Niagahoster.

3. Menyediakan Berbagai Paket

Anda dapat memilih paket hosting sesuai dengan kriteria dan skala website yang akan Anda buat. Niagahoster menyediakan paket cloud hosting terbaik, web hosting terbaik untuk WordPress, hosting untuk website sekolah, hosting untuk toko online, hingga layanan web hosting untuk forum.

4. Uptime Tinggi

Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan traffic lantaran website Anda dalam keadaan offline untuk waktu yang lama. Niagahoster memastikan website klien akan selalu online 24 jam non-stop dalam berbagai kondisi.

Berikut hasil cek uptime Niagahoster:

uptime

5. Load Time Sangat Cepat

Load time cepat akan sangat memberi kenyamanan terhadap visitor blog Anda. Sangat penting untuk memastikan blog Anda dapat dimuat dengan tingkat kecepatan yang baik. Web hosting Niagahoster memiliki load time yang sangat cepat, berikut hasil test load time hosting Niagahoster:

load time

6. Menawarkan Pilihan Server

Terdapat pilihan server sesuai kebutuhan website pengguna. Tersedia server IIX Indonesia untuk target pengunjung lokal, server Singapore, dan server USA untuk blog dengan target pengunjung luar negeri. Dengan menggunakan server paling dekat dengan lokasi pengakses blog Anda, maka kecepatan akses blog Anda akan semakin bagus.

7. Gratis Domain Selamanya

Lebih dari gratis domain untuk selamanya, pengguna Niagahoster untuk paket Pelajar keatas akan mendapatkan 2 domain gratis. Anda bebas memilih domain sesuai keinginan, baik itu domain dengan ekstensi .com, .net, .org, maupun domain Indonesia (.id).

8. Gratis Sertifikat SSL

Selain menawarkan domain gratis, Niagahoster juga akan memberikan sertifikat SSL gratis untuk semua jenis paket hosting yang mereka tawarkan. Jika pada provider lain Anda perlu membeli sertifikat SSL secara terpisah, di Niagahoster Anda akan mendapatkannya secara cuma-cuma tanpa biaya tambahan sepersenpun.

9. Fitur Sangat Lengkap

Dengan fitur lengkap, Anda dapat mengelola hosting dan website Anda menjadi sedemikian mudah tanpa ada kendala berarti. Anda dapat menikmati berbagai fitur premium yang diberikan secara gratis.

fitur cpanel

10. Keamanan Terjamin

Salah satu pertimbangan terpenting dalam memilih hosting adalah mengacu pada aspek keamanan. Anda tentu tidak ingin website yang Anda bangun dengan sedemikian gigih dan telah menghabiskan banyak waktu akhirnya menjadi korban kejahatan cyber.

Untuk melindungi website klien, Niagahoster menggunakan BitNinja Smart Server Security yang dapat melindungi website Anda dari serangan hacker, DDoS, BotNet, Spam atau Malware.

bitninja

11. Pelayanan Memuaskan

Pengguna Niagahoster akan mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan dari tim dukungan teknis yang kompeten. Jika ada yang ingin ditanyakan atau membutuhkan bantuan teknis, Anda dapat menghubungi bagian dukungan pelanggan bisa melalui email, tiket, telepon, atau melalui live chat.

dukungan teknis

12. Garansi Tanpa Syarat

Semua paket web hosting di Niagahoster bergaransi 30 hari tanpa syarat apapun. Jika Anda kurang puas, Anda hanya perlu mengajukan refund. Uang Anda akan dikembalikan secara utuh tanpa potongan sepersenpun. Ini salah satu kemudahan yang ditawarkan Niagahoster untuk lebih meyakinkan pengguna yang ingin menggunakan web hosting mereka.

Dari berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, sepertinya menjadi sangat beralasan bagi saya untuk merekomendasikan Niagahoster untuk menghost website Anda. Anda dapat mempertimbangkan provider lokal yang satu ini jika memang belum menemukan pilihan.

Selain sudah cukup lama menggunakan web hosting Niagahoster, semua website saya saat ini juga menggunakan hosting Niagahoster. Adapun paket hosting yang saya gunakan adalah paket Personal.

Saya memilih paket Personal karena menawarkan resources tinggi dengan fitur paling lengkap. Cukup dengan menggunakan satu akun hosting, kebutuhan hosting semua website saya sudah terpenuhi.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!