Web Hosting Murah Unlimited


hosting mura unlimited terbaik indonesiaHosting merupakan salah satu komponen utama website yang memiliki andil besar tumbuh-berkembangnya suatu website. Meski fungsi utamanya sebagai media penyimpanan file, namun kecepatan akses website ditentukan oleh performa server. Semakin bagus kinerja server, maka semakin cepat pula website klien ketika diakses oleh pengunjung.

Sebelum memulai langkah pembuatan website, tugas awal seorang webmaster adalah menentukan pilihan layanan web hosting bermutu agar website yang akan dibuat tersebut kedepannya dapat terkelola dan berkembang dengan sebagaimana mestinya. Jika hosting yang dipilih berkualitas – kinerja server bagus, waktu muat website cepat, dan jarang terjadi down, maka website akan lebih mudah untuk berkembang.

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file atau data website sehingga website tersebut dapat diakses oleh banyak orang secara online. Hosting juga dapat didefinisikan sebagai jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis–Jenis Hosting

Layanan web hosting terdiri atas beberapa jenis, diantaranya shared hosting, VPS (Virtual Private Server), dedicated server, dan colocation server.

1. Shared Hosting

Yaitu sebuah layanan hosting yang menggunakan server hosting secara bersama-sama dengan pengguna lain – satu server digunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya, dalam satu server tersebut terdapat beberapa akun.

2. VPS (Virtual Private Server)

Layanan hosting ini juga dikenal sebagai VDS (Virtual Dedicated Server), merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini bersifat virtual, maka hal ini memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

3. Dedicated Server

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VDS. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting.

4. Colocation Server

Yaitu sebuah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Tips Memilih Hosting

Karena kualitas layanan hosting akan menjadi penentu perkembangan website Anda, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menentukan pilihan, diantaranya:

1. Kualitas Server

Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling pokok yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website Anda sulit diakses, atau sederet permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Ada banyak parameter yang bisa Anda cermati. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pengunjung website Anda berada. Apabila Anda ingin membuat website dengan target pengunjung dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting bersangkutan. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka kecepatan aksesnya akan semakin baik).

2. Review Pelanggan

Sebelum memutuskan layanan yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda mempertimbangkan pendapat orang lain. Anda perlu melihat review dari pengguna lain untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan.

Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. Tidak semuanya obyektif, tentu saja. Anda perlu berhati-hati. Temukan ulasan dari blog atau forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih relevan.

Anda dapat menyimak kelebihan yang ada berdasarkan pengalaman dan sudut pandang pengguna lain. Kemudian, refleksikan kepada diri Anda, akan seperti apa jika Anda mengalami hal serupa. Ini adalah salah satu cara efektif dalam menakar bagus tidaknya suatu layanan hosting.

3. Kelengkapan Fitur

Selain fitur umum, Anda perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting bersangkutan. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Saking banyaknya, bisa jadi Anda justru kurang fokus sehingga tidak mempertimbangkan fitur apa yang sebaiknya Anda prioritaskan.

Anda perlu memperhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Misalnya, Anda memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. Fitur ini nantinya akan membantu Anda mengatasi spam pada website Anda dengan lebih mudah.

Selain itu, masih soal keamanan, Anda perlu memasang BitNinja Smart Security. Ini adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan server Anda dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website Anda akan lebih potensial menjadi korban serangan.

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ketersediaan fitur lain yang mungkin akan Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda ingin lebih mudah dalam membangun website, Anda akan membutuhkan fitur tambahan seperti Website Builder. Atau mungkin Anda ingin membuat blog berbasis WordPress hanya dalam beberapa klik, maka Anda dapat mempertimbangkan provider hosting yang menyediakan Softaculous Auto Installer.

4. Dukungan Pelanggan

Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan hosting yang menyiapkan tim dukungan teknis 24 jam nonstop.

Idealnya tim Customer Support layanan hosting Anda harus tersedia 24 jam nonstop. Mereka harus selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan cepat. Tingkat keramahan serta kesigapan CS merupakan parameter utama yang perlu diperhatikan. Tentunya Anda ingin diperlakukan dengan sebaik mungkin.

Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk Anda seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon.

5. Garansi Pengembalian Uang

Garansi uang kembali adalah salah satu kemudahan yang harus diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, penyedia layanan tersebut menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan atau dengan konsekuensi mereka akan kehilangan Anda.

Dari pihak pelanggan, adanya kemudahan ini tentu cukup menyenangkan. Bayangkan, penyedia layanan hosting memberikan jaminan kepuasan kepada Anda. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan secara utuh.

Hampir semua penyedia layanan hosting menawarkan kemudahan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Sebaiknya Anda memilih provider dengan syarat serta ketentuan yang tidak merepotkan.

Perusahaan Hosting Terbaik Indonesia

Tingkat kecenderungan masyarakat terhadap media online, khususnya website atau blog telah memunculkan sekian banyak perusahaan penyedia layanan web hosting di dalam negeri dengan produk unggulan masing-masing. Wacana ini tentunya menjadi kabar gembira bagi kalangan webmaster maupun blogger di Indonesia yang mana untuk mendapatkan layanan web hosting mereka tidak lagi harus bergantung pada jasa penyedia hosting luar negeri, seperti yang terjadi beberapa tahun silam.

Adapun untuk mengukur perusahaan hosting terbaik dengan kualitas layanan yang bagus dapat Anda ketahui dengan memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut:

1. Reputasi Perusahaan

Cara mengetahui layanan hosting berkualitas dapat dilakukan dengan mengetahui reputasi perusahaan hosting tersebut. Karena reputasi mencerminkan kualitas, maka faktor reputasi dapat Anda jadikan sebagai pedoman dalam menentukan pilihan.

2. Jumlah Pengguna

Berapa banyak pengguna perusahaan tersebut? Semakin banyak klien mereka, maka hal tersebut mengindikasikan tingkat kepuasan para pengguna layanan mereka. Jangan mengambil resiko dengan memilih provider yang belum seberapa dikenal, kecuali Anda direferensikan oleh orang yang mengerti bidang ini.

3. Standar Perangkat

Tidak ada provider yang bisa memberikan layanan hosting berkualitas tanpa didukung perangkat yang memadai. Cari tahu terlebih dulu standar perangkat yang mereka gunakan sehingga Anda dapat mengenali apakah layanan hosting dari provider tersebut bagus atau justru sebaliknya.

4. Cek Website Pengguna

Cara lain untuk mengetahui mutu layanan hosting suatu provider adalah dengan mengecek performa website klien. Anda dapat memilih secara acak beberapa website klien kemudian amati waktu akses masing-masing website klien. Jika semuanya terlihat normal, maka Anda dapat mempertimbangkan perusahaan hosting tersebut.

5. Garansi Pengembalian Uang

Umumnya perusahaan penyedia layanan web hosting baik dalam maupun luar negeri akan memberikan garansi refund tanpa syarat. Kemudahan ini ditawarkan oleh para provider dengan tujuan untuk lebih meyakinkan calon konsumen mengenai kualitas layanan hosting mereka.

Seperti dijelaskan diatas, layanan web hosting terbagi menjadi beberapa macam, dan setiap perusahaan web hosting menawarkan paket hosting tentunya dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Misalkan perusahaan A, unggul dalam layanan shared hosting. Sementara perusahaan B, unggul dalam layanan VPS. Disini Anda perlu menentukan pilihan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda – apakah website Anda cukup dengan shared hosting? atau perlu menggunakan VPS?

Shared Hosting Terbaik Indonesia

Dari sekian banyak perusahaan web hosting lokal yang saya amati dan saya buktikan dengan menggunakannya, Niagahoster merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan shared hosting terbaik. Hingga artikel ini ditulis saya sudah menggunakan Niagahoster selama bertahun-tahun dan saya belum pernah menemukan masalah berarti selama menggunakan layanan hosting mereka.

Selain layanan hosting berkualitas, Niagahoster juga menawarkan sejumlah benefits untuk para penggunanya. Berikut ini review Niagahoster:

1. Harga Terbaik Dikelasnya

Jika Anda mencari web hosting murah unlimited dan berkualitas, maka Niagahoster adalah jawabannya. Untuk menjaring lebih banyak pengguna dari berbagai latar belakang, Niagahoster berani membenderol layanan mereka dengan harga yang cukup murah. Dan meskipun murah, namun kualitas layanan mereka tetap unggul.

2. Hosting Serba Unlimited

Pengembangan website secara maksimal pastinya tidak dapat dilakukan dengan hanya bergantung pada layanan web hosting yang serba berketerbatasan. Layanan hosting Niagahoster menawarkan disk space unlimited, bandwidth unlimited, databases unlimited, add on unlimited, dan akun email unlimited.

3. Gratis Nama Domain

Sebagian besar provider hosting memang menawarkan domain gratis, namun yang membedakan dengan Niagahoster adalah harga paket hosting. Di Niagahoster, dengan biaya yang cukup terjangkau Anda sudah bisa menikmati domain gratis, baik itu .com, .info, .net, .org, maupun ekstensi domain TLD lainnya.

4. Menyediakan Private Name Server

Benefit lain yang bisa Anda nikmati adalah private name server. Layanan ini bisa Anda dapat dengan berlangganan paket Personal dan Bisnis. Anda dimungkinkan untuk membuat private name server sesuai keinginan Anda dengan menggunakan nama domain Anda sendiri yang tentunya dapat meningkatkan kesan profesionalitas situs web Anda.

5. Dilengkapi Berbagai Fitur Penting

Mempertimbangkan tingkat kelengkapan fitur layanan tentu saja menjadi sebuah keharusan. Semakin banyak fitur, semakin banyak kemudahan yang bisa didapat. Fitur layanan web hosting Niagahoster terbilang sangat lengkap. Beberapa fitur unggulan yang dapat dinikmati pengguna Niagahoster diantaranya adalah Instant Backup, SpamAssasin Mail Protection, BitNinja – Web Server Security, Attracta SEO tools, dll.

6. Dukungan Pelanggan 24 Jam

Niagahoster merupakan salah satu web hosting provider dengan dukungan pelanggan terbaik. Ini akan sangat membantu ketika Anda dihadapkan dengan masalah tertentu terkait tata kelola hosting. Anda akan dibantu untuk menyelesaikan masalah secara cepat melalui live chat, tiket bantuan, atau melalui email.

7. Garansi Uang Kembali 100%

Menggunakan Niagahoster tidak perlu khawatir akan merugi. Jika dikemudian hari Anda memutuskan untuk berpindah layanan ke provider lain atas alasan-alasan tertentu. Niagahoster memberikan garansi 30 hari uang kembali tanpa syarat apapun. Uang Anda akan dikembalikan secara utuh hanya dalam waktu 24 jam setelah Anda mengajukan refund ke bagian billing.

Sebagai informasi tambahan, Niagahoster merupakan satu-satunya perusahaan hosting dalam negeri yang memiliki pertumbuhan sangat impresif dalam kurun waktu yang relatif singkat. Meski dari sisi senioritas banyak yang mendahuluinya, namun saat ini Niagahoster sudah menjelma sebagai perusahaan penyedia jasa hosting yang paling diperhitungkan. Adapun produk unggulan mereka adalah Shared Hosting.

VPS Terbaik Indonesia

Untuk website berskala besar, tentunya sudah tidak dapat diakomodir dengan layanan shared hosting. VPS merupakan solusi untuk website besar dengan statistik kunjungan yang tinggi. Kapan saatnya menggunakan VPS? Berikut tips memilih VPS secara tepat:

Traffic website

Pertimbangkan aspek internal dan eksternal. Misalkan website Anda memiliki traffic tinggi dengan mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia, maka dalam hal ini pilihan terbaik untuk website Anda adalah VPS IIX.

Sumberdaya dan Teknologi

Jika Anda berencana membeli layanan VPS, pastikan layanan VPS tersebut telah menggunakan teknologi terbaru. Teknologi baru akan memberi kemudahan dalam mengelola website Anda. Adapun salah satu teknologi yang harus ada antara lain adalah fitur untuk melakukan monitoring CPU, RAM, Inode, dan diskspace.

Sebagai informasi, inode adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang sebuah file pada akun hosting Anda. Jumlah inode mengindikasikan jumlah dari file dan folder yang Anda miliki. Ini termasuk semua didalam akun Anda, email, file, folder atau apapun yang Anda simpan di server.

Tentukan Besaran Traffic Data dan Kebutuhan Interkoneksi

Sebagai gambaran, misalnya Anda memiliki website dengan jumlah pengunjung 2500 setiap harinya, tentunya memori sebesar 300 MB tidaklah cukup. Rumus menghitung kebutuhan bandwidth website adalah sebagai berikut:

Visitor = 1000 / day = 30k / bulan. BW = 500 x 3 x 30,000 = 45,000,000 KB atau 45 GB per Bulan.
Dan jika Anda takut salah, Anda dapat berkonsultasi ke bagian customer service terlebih dulu sebelum memutuskan order layanan VPS.

Aspek Keamanan

Pilihlah provider yang menawarkan sistem keamanan bagus. Dalam memilih layanan hosting, aspek keamanan merupakan salah satu pertimbangan penting. Anda tentunya tidak ingin website yang Anda bangun dengan sedemikian gigih dan telah menghabiskan banyak waktu Anda nantinya dengan begitu mudah menjadi korban peretasan.

Dukungan Pelanggan

Sebagai pelanggan layanan VPS, Anda harus mendapatkan prioritas layanan kapanpun Anda membutuhkannya. Provider manapun yang akan Anda pilih, pastikan Anda akan terlayani dengan baik sehingga setiap permasalahan pengelolaan hosting yang Anda temui dapat terselesaikan dengan cepat.

Pertimbangan Harga

Jika ada yang murah, tentu Anda tidak akan menginginkan yang lebih mahal. Namun demikian, jangan sampai Anda terjebak pada “harga murah”. Pilihlah provider yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Bagaimana untuk menguaknya? Ketahui reputasi provider tersebut, seberapa banyak jumlah kliennya, dan standar perangkat yang digunakan.

Jika untuk layanan shared hosting rekomendasi saya adalah Niagahoster, untuk layanan VPS saya lebih memilih Ardetamedia. Mengapa Ardetamedia? Berikut ini review VPS Ardetamedia:

1. Perusahaan Terpercaya

Selain Niagahoster, Ardetamedia merupakan salah satu perusahaan hosting terpercaya di Indonesia dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Perusahaan ini hadir tidak sebatas untuk meramaikan bisnis layanan hosting, tapi mereka benar-benar memperhatikan kepuasan klien. Terbukti, Ardetamedia semakin mendapat tempat di kalangan blogger meskipun pilihannya sebenarnya cukup banyak.

2. Layanan VPS Paling Populer

Sebagai informasi, layanan VPS Ardetamedia merupakan yang paling banyak digunakan. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa VPS server yang ditawarkan Ardetamedia merupakan yang terbaik dari sekian pilihan yang ada. Dengan kelebihan yang ada, para pengelola website lokal lebih memilih VPS Ardetamedia katimbang layanan serupa dari provider lain.

3. Menyediakan Banyak Pilihan

Layanan VPS di Ardetamedia tersedia dalam banyak pilihan. Anda dapat memilih salah satu paket VPS sesuai dengan budget atau tingkat kebutuhan hosting website Anda. Ardetamedia menyiapkan layanan VPS untuk website berskala sedang hingga besar dengan jaminan website klien akan selalu bisa diakses secara normal dalam berbagai kondisi.

4. Garansi Uptime 99,9%

Bagi pemilik website, uptime sangatlah penting. Bahkan, server down dalam hitungan beberapa menit saja sudah cukup untuk membuat mereka sangat merugi. Uptime server yang ideal sangat penting untuk kelangsungan sebuah website. Dengan sumber daya yang dimilikinya, Ardetamedia menjamin uptime 99,9%.

5. Memprioritaskan Keamanan

Dalam memilih layanan hosting, salah satu pertimbangan terpenting adalah mengenai aspek keamanan. Anda tentu tidak ingin menjadi korban cyber crime dengan begitu mudah lantaran Anda menggunakan layanan hosting yang tidak memiliki sistem proteksi cukup baik. Terlepas dari pemahaman klien dalam hal keamanan website, Ardetamedia memproteksi layanan hosting mereka dengan sistem keamanan terbaik.

Spesifikasi VPS Server Ardetamedia

Network

1Gbps IIX Link
20Mbps International BW Share
1 usable IPv4
99.9% Network Uptimum SLA

Data Center

Cyber Building IIX Datacenter
Redundant UPS Battery Backup
Redundant Generator Power
24×7 Onsite Security

Hardware

Supermicro,HP,DELL Server Hardware
Intel Processors
RAID-10 / Raid-50 hardware
Enterprise-class Hardware

Control Panel

WHM/cPanel
Softaculous

Operating System

CloudLinux

Server Management

Full Server Management
Instalasi Server Management
Server Management Per Case

5 Kesalahan Dalam Memilih Layanan Hosting

Sebagai pemula yang pastinya masih awam mengenai tata-kelola web hosting, tidak jarang diantara sahabat blogger yang melakukan kesalahan ketika memilih layanan web hosting. Dan berikut ini adalah beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan oleh banyak orang yang notabene masih belum banyak mengerti tentang layanan web hosting:

1. Terjebak Harga

Karena tergiur iming-iming harga murah, mereka dengan serta-merta melakukan order. Sebagai konsumen, tentunya kita ingin mendapatkan harga terbaik, tapi pastkan harga yang ditawarkan relevan dengan nilai produk yang akan kita ambil sehingga layanan hosting yang Anda beli benar-benar dapat mengakomodir kebutuhan hosting website Anda.

2. Salah Memilih Provider

Dengan banyaknya perusahaan penyedia jasa hosting lokal seperti sekarang ini, Anda harus lebih cermat dalam memilih provider. Jangan asal pilih, pilihlah perusahaan yang sudah memiliki rekam jejak bagus, memiliki banyak klien, dan memiliki badan usaha yang jelas.

3. Mengabaikan Kelengkapan Fitur

Tanpa disadari bahwa mempertimbangkan kelengkapan fitur sifatnya sangat penting. Tidak lengkapnya fitur akan membatasi Anda dalam mengelola website Anda menjadi sedemikian rupa. Baca dengan seksama keterangan mengenai fitur yang ditawarkan sebelum bulat keputusan untuk order hosting.

4. Tidak Sesuai Kebutuhan

Lantaran kurang memahami tingkat kebutuhan hosting website yang akan dibuat, mereka memilih paket hosting tanpa melakukan penyesuaian, dan seiring dengan berjalannya waktu akhirnya disadari bahwa paket hosting yang dibelinya tidak sesuai dengan kebutuhan. Anda perlu mengukur berapa tingkat kebutuhan hosting blog atau website Anda sebelum memilih paket hosting tertentu.

5. Mengabaikan Pentignya Dukungan Teknis

Tim dukungan teknis sangat penting bagi klien untuk mengatasi setiap permasalahan tata-kelola hosting. Ada kalanya masalah pengelolaan hosting yang dijumpai klien akan lebih cepat teratasi dengan adanya campur tangan provider. Kesiapan dan kesigapan mereka akan sangat membantu klien.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan sejumlah aspek penting yang tidak boleh terabaikan. Seperti sudah disebutkan, hosting merupakan komponen vital website. Memilih hosting harus didasari pertimbangan dari sisi teknis sehingga Anda tidak dihadapkan dengan resiko mengalami kerugian dikemudian hari.

Apapun jenis website yang ingin Anda buat, pastikan Anda memilih layanan web hosting terbaik yang sudah teruji kualitasnya.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Sudarto Reply

    Sangat lengkap artikelnya. Nanti suatu saat saya akan membeli hosting dari Niaga Hoster. Saya percaya apa yang dijelaskan dalam artikel ini benar 100%. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!