Trik SEO Blogspot Yang Sudah Terbukti!

Trik SEO Blogspot TerbaruBlogger atau Blogspot merupakan platform blog gratisan terpopuler yang menjadi pilihan utama bagi blogger lokal. Selain WordPress.com, Blogspot adalah platform blog yang paling banyak digunakan blogger Indonesia karena sejumlah kelebihan yang dimiliki platform blog milik Google ini. Beberapa kelebihan Blogspot, diantaranya, user friendly, SEO friendly, total gratis, tidak ada batasan monetisasi yang artinya Anda bisa menghasilkan uang dengan model monetisasi dalam bentuk apapun.

Blogspot terus melakukan pembaharuan dari waktu ke waktu termasuk peningkatan fitur, dan yang paling menguntungkan blogger tidak lain adalah ditambahkannya sejumlah fitur search engine optimization atau SEO. Weblog harus di set sedemikian ramah dengan mesin pencari sehingga konten yang dimuat pada weblog bersangkutan dapat ditemukan secara lebih cepat dan mudah oleh spider mesin pencari dan team pengembang Blogspot memahami hal tersebut.

Salah satu fitur SEO terbaru Blogspot yakni ditambahkannya fitur single meta description atau meta deskripsi tunggal pada masing-masing post/artikel. Dulunya fitur ini hanya ada di platform WordPress self hosting dengan memanfaatkan plugin tertentu, seperti All In One SEO Pack, Yoast, dll. Kini, Anda bisa dengan mudah memasukkan single meta description di Blogspot cukup dengan mengaktifkan fitur Meta Description melalui menu Pengaturan pada dashboard Blogger.

SEO adalah salah satu upaya penting untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang maksimal sesuai keyword yang Anda aplikasikan di blog. Dengan menerapkan SEO secara benar, potensi untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google Search maupun search engines lainnya semakin terbuka lebar. Dan berikut ini panduan untuk membuat blog Blogspot semakin SEO friendly yang dapat Anda terapkan pada blog Anda.

  1. Buatlah judul blog tidak lebih dari 60 karakter yang cukup deskriptif (contoh: panduan belajar blog dari awal)
  2. Buatlah meta description untuk halaman home/beranda tidak lebih dari 150 karakter.
  3. Aktifkan fitur single meta description atau meta deskripsi untuk postingan dengan cara: dashboard > settings > search preferences > Perhatikan bagian Meta Tags > Description > Klik “Edit”. Pada opsi Enable search description? Pilih “Yes/Ya”. Masukkan meta deskripsi yang mewakili isi blog Anda secara keseluruhan. Setelah Anda mengaktifkan fitur meta description, Anda juga dapat memasukkan single meta description pada saat ingin menerbitkan artikel.
  4. Percepat loading blog dengan cara meminimalkan kode HTML yang tidak terlalu penting. Hapus widget yang tidak terlalu dibutuhkan guna mengecilkan ukuran template sehingga loading blog  bisa lebih optimal.
  5. Rubah tag heading blog menjadi dinamis; judul blog menggunakan h1 dan judul artikel menggunakan h2 pada halaman home, kemudian judul artikel berubah menjadi h1 pada halaman posting.
  6. Daftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools kemudian lakukan verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi ke template blog.
  7. Submit sitemap blob ke Google Webmaster Tools.
  8. Beri tag (tanda) pada setiap gambar dalam postingan sesuai kata kunci artikel. (misalkan Anda memposting artikel dengan judul cara mendapatkan uang dari blog, tag ganmbar bisa berupa panduan mendapatkan uang dari blog).
  9. Setting robots.txt menjadi lebih SEO friendly. Caranya: Dashboard >  Setelan > Preferensi penelusuran > Klik “Edit” pada bagian “robots.txt khusus” setelah itu akan muncul pesan “Aktifkan robots.txt khusus” silakan pilih Ya. Kemudian, masukkan kode berikut:

    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:User-agent: Googlebot
    Disallow: /search
    Disallow: /?m=1
    Disallow: /?m=0
    Disallow: /*?m=1
    Disallow: /*?m=0

    User-agent: *
    Disallow: /search
    Sitemap: http://www.bloganda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED. Ganti bloganda dengan url blog Anda.

  10.  Mengatur permalink atau tautan artikel menjadi lebih SEO friendly. Permalink pada Blogspot biasanya akan terpotong jika judul artikel terlalu panjang. Untuk itu, pada saat akan memposting artikel, perhatikan pada menu Tautan Permanen, dan pilihlah Tautan Permanen Khusus kemudian rubah Tautan Permanen tersebut menjadi lebih SEO friendly atau tidak terpotong.  Contoh tautan permanen yang tidak SEO friendly: http://www.bloganda.com/2015/04/cara-mendapatkan-uang-dari.html. Contoh tautan permanen yang SEO friendly: http://www.bloganda.com/2015/04/cara-mendapatkan-uang-dari-blog.html.
  11. Membangun backlink dari situs yang relevan. Poin ini sudah saya kupas pada artikel cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.
  12. Memposting artikel dengan kandungan kata tidak kurang dari 300 kata. 300 kata adalah batas minimum jumlah kata dalam artikel, namun saya merekomendasikan Anda untuk menulis artikel dengan kandungan kata >500 kata/artikel. Meskipun artikel berkualitas tidak hanya dilihat dari sisi tingkat kandungan kata, namun artikel padat kata dinilai lebih bermutu daripada artikel pendek.
  13. Menghubungkan artikel ke artikel yang lain dalam satu blog menggunakan anchor text. Ini sangat penting untuk meningkatkan ukuran relevansi sebuah artikel.
  14. Share artikel ke situs social media, seperti Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dll. Hal ini tidak sebatas bertujuan untuk mendatangkan visitor dari social media, namun juga berpengaruh pada SEO.
  15. Jangan melakukan spam. Spam adalah salah satu bentuk aktivitas ilegal yang menjadi musuh utama search engine, seperti menanam backlink secara asal-asalan, menulis artikel hanya berisikan kata kunci, dsb.

Demikian, semoga bermanfaat. Pertanyaan? sampaikan melalui kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. TUSEOBI Reply

    saya udah nerapin semua yang di atas, emang sih terbukti mas, tapi dalam jangka 1 bulan, trafik blog naik drastis 40% 😀 hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!