Trik SEO Terbaru 2016 – SEPANJANG MASA


Penargetan pengunjung dari search engine tidak lepas dari praktik search engine optimization atau yang lebih familiar dengan sebutan SEO. SEO adalah sebuah upaya optimasi untuk meningkatkan posisi sebuah laman web pada peringkat teratas hasil pencarian search engine. Sebagaimana ulasan saya pada posting strategi SEO blog dan website, pada dasarnya SEO terbagi menjadi dua bagian, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

trik seo blog
Screenshot hasil pencarian untuk “blogger lamongan”

 

SEO on-page adalah sebuah praktik optimasi yang dilakukan dalam ruang-lingkup blog, seperti setting dynamic heading, menulis artikel bermutu, memberi tag pada gambar, dll. Sementara itu, SEO off-page adalah praktik SEO yang dilakukan blogger diluar lingkup blog. Beberapa praktik SEO off-page diantaranya adalah menanam backlink, mengirim peta situs ke Google Webmaster Tools, mengirim artikel ke situs social media, dsb.

SEO on-page atau off-page yang lebih penting?

Jika Anda bertanya, mana yang harus diprioritaskan, maka jawabannya keduanya sama-sama penting. Namun, penekanannya terletak pada SEO on-page. Mengapa demikian? Setiap metode optimasi pada dasarnya berpondasikan pada blog itu sendiri. Sebagai gambaran, Anda menanam banyak backlink bermutu untuk menuju ke sebuah halaman dan halaman tersebut berisikan artikel yang tidak bermutu, maka backlink tersebut sama sekali tidak akan akan memberi dampak bagi halaman tersebut lantaran kualitasnya rendah.

Wacana SEO dari waktu ke waktu

Praktik optimasi mengalami sejumlah perubahan dari waktu ke waktu seiring dengan dilakukannya update algoritma mesin pencari yang pada intinya adalah untuk meningkatkan mutu hasil pencarian mesin pencari bersangkutan. Untuk menjaga peringkat blog tetap pada level terbaik berkaitan dengan adanya beberapa poin perubahan, maka blogger akan melakukan penyesuaian terhadap metode-metode optimasi yang mereka lakukan.

Seperti dijelaskan raksasa search engine, Google Search, Google menggunakan lebih dari 200 indikator dalam proses penentuan peringkat sebuah laman web. Indikator pemeringkatan terakhir yang disampaikan pihak Google adalah indikator mobile friendly atau weblog yang dapat diakses secara sempurna (responsive) lewat perangkat ponsel. Berdasarkan statement resmi pihak Google terkait indikator situs mobile friendly, maka saya sangat merekomendasikan sahabat blogger untuk beralih ke template responsive dengan struktur heading yang baik.

Trik SEO Terbaru – SEPANJANG MASA

Mungkin sebagian sahabat pembaca ada yang tertanya-tanya “apa yang dimaksud trik SEO sepanjang masa?”. Merujuk pada wacana praktik SEO yang dalam rentang waktu tertentu akan mengalami sejumlah perubahan, pada dasarnya inti dari teknik SEO itu tidak akan mengalami perubahan. Nah, sekarang kita sudah sampai pada pokok pembahasan dalam artikel ini, dimana saya akan menyampaikan beberapa inti teknik SEO yang selamanya tetap akan digunakan dan akan memberi dampak positif terhadap blog Anda berkaitan dengan peningkatan peringkat di hasil pencarian search engine.

1. Menggunakan Template SEO Friendly

Template ibarat sebuah lemari yang berisikan banyak barang dan barang tersebut tidak lain adalah artikel. Agar file yang tersimpan dalam lemari mudah ditemukan oleh siapa saja yang mencarinya, maka lemari tersebut harus ramah pengguna (setiap file dalam lemari mudah dijangkau oleh para pencari). Guna memudahkan spider search engine untuk menemukan semua artikel dalam blog Anda, maka template yang Anda gunakan harus memenuhi kriteria template SEO friendly.

Poin teknik SEO dengan menggunakan template ramah mesin pencari selamanya akan menjadi sebuah prioritas meski berapa kalipun algoritma search engine mengalami perubahan.

2. Memposting Artikel Bermutu

Poin yang satu ini sebenarnya sudah sering saya singgung lewat sejumlah postingan. Artikel bermutu adalah tonggak dalam proses serta mengembangkan sebuah blog. Artikel merupakan bekal paling pokok dalam membangun hingga memonetisasi sebuah blog. Blog adalah sebuah media online yang pada dasarnya hanya berisikan file artikel yang artinya tinggi-rendahnya trafik blog Anda tidak lain adalah bergantung pada kuantitas serta kualitas artikel di blog Anda.

Dalam kondisi apapun, pastikan Anda tetap fokus dan konsisten untuk menerbitkan artikel berkualitas. Artikel tidak berkualitas hanya memberikan hasil sesaat bagi Anda, dan tentunya Anda tidak ingin setelah sekian banyak waktu yang Anda luangkan untuk ngeblog kemudian tidak lagi ada profit yang bisa Anda dapatkan.

3. Mendapatkan Backlink Secara Alami

Banyak cara untuk membangun backlink, namun hanya backlink yang memenuhi kriteria backlink berkualitas yang akan memberi perbedaan. Ciri-ciri backlink berkualitas diantaranya adalah backlink yang relevan, backlink dari halaman yang punya pagerank, backlink dari situs yang memiliki authority tinggi, dan backlink yang dibangun secara natural.

Google merayapi laman web dari link ke link, artinya kebutuhan blog akan referral (backlink) akan bertahan untuk selamanya. Backlink adalah sebuah vote dimana setiap laman web yang memiliki banyak vote berkualitas memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk dalam daftar hasil pencarian teratas search engine.

4. Adanya Aktivitas Pada Blog

Ada aktivitas pada blog yang saya maksudkan disini merujuk pada pengelolaan blog atau dalam arti blog bersangkutan harus mempublikasikan artikel baru atau melakukan update. Peringkat sebuah blog di SERPs tidak terhitung permanent. Baik peringkat tinggi maupun rendah keduanya bersifat termporal dan blog tanpa aktivitas dalam kurun waktu yang panjang berpotensi mengalami penurunan peringkat.

Guna menjaga posisi blog Anda di SERPs, sebakinya tetap lakukan posting artikel baru atau setidaknya update artikel lama dan dalam hal ini saya merekomendasikan Anda untuk memposting artikel baru karena perubahan pada artikel (update) dapat menyebabkan posisi artikel tersebut merosot sebagaimana yang saya baca dalam laman Webmaster Guidelines.

5. Memperhatikan Kondisi Blog

Poin #5 ini cukup penting berkaitan dengan praktik SEO dalam jangka panjang. Kesehatan blog amat mempengaruhi peringkat blog pada hasil pencarian search engine. Submit blog Anda ke Google Webmaster Tools dan pastikan Anda selalu memonitor kesehatan blog Anda guna memastikan tidak ada broken links, duplicate title, dan permasalahan-permasalahan lainnya.

Google Webmaster Tools merupakan web analytic gratis yang digunakan hampir semua blogger dan pengembang website. Dengan memanfaatkan Tool milik Google ini, kita dapat mengetahui berbagai data penting terkait statistik serta performa blog kita, seperti backlink, jumlah halaman terindex, dll.

Demikian, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silakan sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Happy blogging 🙂

Hosting Terbaik Indonesia

15 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Tidak juga, hanya saja butuh proses dan ketlatenan.

  1. Kaji Reply

    baiklah, akan saya coba terapkan agar blog semakin ramai.

  2. abdol Reply

    mantep postingannya mas.. makasih ya sharenya bisa jadi bahan pembelajaran baru

  3. nurul Reply

    mantep gan,
    aksi yg seringa ane lakuin submit ke social bookmark, tp skrang dah pda gx ada.
    bleh mnta saran gx gan alamat social bookmark yg mantep tp mudah nge.submitnya? makasih

  4. bedul Reply

    yang komen di atas ane tukang spam keliling.. komen ndak mutu dan dangkal.. nyampah aja lu pada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!