3 Tools Gratis Untuk Meningkatkan SEO Blog

free seo toolsSearch Engine Optimization (SEO) merupakan bagian dari praktik optimasi blog untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah maksimal melalui search engines. SEO dapat dikerjakan dengan menggunakan bantuan software maupun tools online. Implementasi SEO pada blog membutuhkan tools pendukung guna mempercepat proses pengerjaannya.

Sebagai blogger atau internet marketer, kita diberikan pilihan. Kita bisa membeli software tertentu atau cukup menggunakan software/tool gratisan. Pada posting ini saya ingin berbagi informasi 3 tools SEO gratis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas SEO blog. Ketiga tools tersebut adalah Google Webmaster Tools, SEOCentro, dan SmallSEOTools.

Ketiga Tools tersebut merupakan alat bantu SEO gratis yang sering saya gunakan untuk berbagai keperluan merujuk pada kebutuhan SEO blog-blog yang saya kelola. Sebagai catatan, ketiga tools tersebut pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan, dan terlepas dari kekurangan yang ada tools tersebut cukup bermanfaat untuk menganalisa serta meningkatkan SEO blog Anda.

1. Google Webmaster Tools

Tools yang satu ini merupakan alat bantu webmaster dan blogger yang disedikan secara gratis oleh Google. Dengan melakukan verifikasi kepemilikan weblog di GWT, Anda akan lebih mudah untuk mengelola blog Anda dimasa-masa mendatang.

GWT memberikan berbagai data penting terkait performa dan kesehatan blog Anda. Melalui dashboard GWT, Anda dapat mengungkap berbagai statistik penting, meliputi site links, halaman terindex, galat perayapan, dsb. GWT dapat Anda manfaatkan untuk mendatangkan trafik dalam jumlah yang maksimal dengan mengetahui performa serta statistik blog Anda secara menyeluruh.

2. SEOCentro

SEOcentro biasanya saya gunakan untuk menganalisa meta tag blog. Dengan melakukan pengecekan meta tag blog Anda melalui SEOCentro, Anda akan mendapatkan informasi secara detail terkait meta deskripsi dan keyword blog Anda.

Selain berguna untuk melakukan pengecekan meta tag, SEOCentro juga menyediakan berbagai tools SEO lainnya, seperti SEO Analyzer, Rank Checker, Keyword Density, Keyword Analyzer, Social Link Popularity, dan Keyword Suggestion.

3. SmallSEOTools

Situs ini menyediakan tools SEO gratis yang tidak jauh berbeda dengan SEOCentro. Namun, SmallSEOTools menyediakan fasilitas yang lebih banyak. Beberapa fasilitas SEO gratis yang bisa Anda nikmati disitus ini diantaranya adalah duplicate content checker, backlink maker, website broken links checker, keyword position, dll.

Bagi Anda yang mengelola blog bahasa Inggris dengan kemampuan berbahasa Inggris yang kurang baik, SmallSEOTools juga menyediakan tool untuk mengecek grammar. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk menyempurnakan grammatical artikel bahasa Inggris yang Anda tulis.

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

  1. dekorasitenda.com Reply

    Cara di atas sudah saya lakuka dan ada berapa satu lagi nih produk saya belum fi halaman pertama di google

  2. Dimar Update Reply

    saya memakai webmaster tools sudah cukup baik..
    salam kenal, sangat bermanfaat artikelnya..

  3. ari Reply

    Saya masih menggunkan yang nomor satu, semoga bisa makin naik untuk blog yang saya kelola… dapet pengunjung organik kudu sabar nih kalo blog baru 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!