Tips Menjual Blog Bahasa Indonesia

tips menjual blog indoSaat ini belum ada marketplace atau website jual-beli blog untuk blog berbahasa Indonesia, namun Anda tetap berpeluang menjual blog berbahasa Indonesia milik Anda dengan cara menggait pembeli secara langsung tanpa melalui perantara. Hal tersebut memang tidak mudah, tapi seiring dengan tingginya minat masyarakat terhadap blogging bisnis jual-beli blog berhasa lokal sejatinya menjadi peluang bisnis online baru yang dapat Anda coba.

Apakah akan laku? Tentu saja. Sepanjang blog tersebut memiliki nilai jual, Anda pasti akan menemukan pembeli. Seperti halnya pengalaman pribadi dimana saya telah berhasil menjual blog dengan konten bahasa Indonesia. Saat ini saya juga masih memiliki beberapa buah blog yang masuk dalam daftar penjualan. Sejauh ini cukup banyak yang merespon penawaran yang saya buat, hanya saja belum sampai ke tahap deal. Namun, setidaknya ini adalah sebuah indikator bahwa bisnis jual-beli blog kedepannya bisa saja cukup menjanjikan.

Bagaimanakah konsep penjualan blog lokal sehingga akan mendapatkan pembeli? Silakan simak beberapa kiat untuk menjual blog lokal berikut ini:

1.  Set-up blog Anda

Buatlah blog Anda tampak hidup. Ini sangat penting untuk memicu minat calon pembeli. Pada prinsipnya blog yang diminati pembeli adalah blog yang sudah menghasilkan uang, namun untuk sampai kesana tentunya butuh proses dan waktu. Terlepas dari sudah atau belum menghasilkan uang, pastikan blog Anda terlihat berisi sehingga dapat mendorong seseorang untuk berpikir ingin membeli.

2. Pilih Niche Yang Tepat

Niche yang tepat adalah niche populer atau sebuah niche yang memiliki nilai komersil tinggi. Ini akan meningkatkan nilai jual blog Anda dihadapan para calon pembeli. Terkait niche, Anda bisa saja membuat blog multi niche, namun sepengamatan saya pembeli lebih tertarik dengan blog yang memiliki niche khusus entah itu niche gadget, teknologi, pendidikan, atau niche khusus lainnya.

3. Posting Artikel Berkualitas

Ini merupakan salah satu poin terpenting dalam membuat dan mengelola blog yang kedepannya dimaksudkan untuk dijual. Terlepas dari faktor trafik dan penghasilan, artikel berkualitas mencirikan nilai jual blog Anda dihadapan calon pembeli. Pastikan blog yang ingin Anda jual berisikan postingan-postingan berkualitas dan tidak asal tulis. Perhatikan juga tingkat kepadatan kata sebagai salah satu ukuran kualitas sebuah artikel.

4. Promosikan di Tempat Yang Tepat

Meskipun Anda memiliki penawaran terbaik, tapi jika penawaran tersebut tidak dibuat ditempat yang mendukung, maka hasilnya pun tidak akan sesuai keinginan Anda. Untuk menambah tingkat minat calon pembeli, silakan promosikan blog yang ingin Anda jual di website atau blog yang memiliki reputasi. Misalkan Anda mengelola beberapa blog, maka pilihlah blog yang paling bernilai untuk mempromosikan blog yang ingin Anda jual.

5. Transparan Dalam Memberikan Informasi

Sampaikan informasi kepada calon pembeli sebagaimana adanya. Biasanya calon pembeli akan menanyakan hal-hal mendasar berupa jumlah trafik, jumlah penghasilan harian atau bulanan, ataupun cara pengoptimasiannya. Dalam hal ini informasi yang Anda berikan kepada calon pembeli harus transparan dan tidak dibuat-buat. Kedepannya informasi tersebut akan Anda pertanggungjawabkan, jadi jangan berusaha mengelabuhi calon pembeli.

6. Tentukan Harga Secara Logis

Nilai jual blog ditentukan banyak faktor mencakup usia domain, jumlah dan kualitas artikel, volume trafik, dan besaran penghasilan rata-rata. Tentukan harga blog Anda sesuai dengan apa yang dimiliki oleh blog tersebut. Misalkan blog yang ingin Anda jual memuat 20 artikel dengan trafik harian 100 uv, dan penghasilan harian $1, kemudian Anda membanderolnya Rp 10 juta, tentu saja banderol sebesar itu terbilang tidak logis.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!