Tips Meningkatkan Pageview Blog


cara meningkatkan pageview blogPeningkatan pageview dapat memberikan berbagai dampak positif untuk blog kita, salah satunya adalah meningkatnya impresi iklan. Pada dasarnya meningkatkan pageview blog tidak serumit mendatangkan pengunjung. “Senjata” utama untuk meningkatkan pageview blog tidak lain adalah artikel berkualitas. Namun demikian, artikel berkualitas harus ditunjang dengan aspek-aspek penting lainnya sehingga para pengunjung menjadi lebih terdorong untuk membuka lebih banyak halaman.

Bagi sahabat BloggerLamongan yang merasa belum puas dengan pageview blog Anda, berikut ini beberapa kiat untuk meningkatkan pageview blog Anda.

1. Posting Artikel Berkualitas

Logikanya, bagaimana mungkin pengunjung akan tertarik untuk membuka artikel lain sementara artikel yang sedang dibacanya tidak memberikan informasi atau solusi apapun. Maka, fokuslah untuk memposting artikel berkualitas dan bermanfaat bagi para pembaca. Jika blog Anda dipadati artikel-artikel berkualitas, saya yakin setidaknya pageview blog Anda dua kali lipat dari jumlah kunjungan.

2. Menghindari Co-pas Artikel

Artikel hasil copy-paste bukan hanya menyalahi etika blogging, namun hal tersebut juga menjadi sebuah cerminan bahwa Anda bukanlah seorang blogger sejati, dan pengunjung yang mengerti akan tata cara ngeblog biasanya lebih menghargai serta menyukai blogger yang menjunjung tinggi nilai hak cipta. Terlepas dari informasi dan manfaat yang terkandung dalam sebuah artikel, visitor lebih menghargai originalitas katimbang duplikasi.

3. Anchor Text

Anchor text atau anchor link secara teknis tidak hanya berguna untuk kebutuhan SEO. Keberadaannya juga berpotensi untuk meningkatkan jumlah pageview. Mereka (para pengunjung) memiliki kecenderungan untuk mengklik anchor text yang kita sisipkan pada kata kunci yang relevan dengan artikel yang sedang mereka baca.

4. Buatlah Widget Artikel Terkait

Semakin banyak kita menyodorkan daftar artikel berdasarkan kategori tertentu pada para pengunjung, maka hal tersebut dapat meningkatkan jumlah pageview. Pastikan template blog Anda sudah terpasang widget artikel terkait yang idealnya diletakkan pada bagian bawah artikel. Selain widget artikel terkait, Anda juga dapat memasang widget artikel terbaru, dan artikel terpopuler di bagian sidebar laman blog.

5. Tingkatkan Pengunjung Organic

Fokuslah untuk meningkatkan pengunjung dari search engine. Pengunjung organic mendatangi blog kita berdasarkan kueri yang mereka gunakan pada kotak pencarian mesin pencari, artinya mereka sampai di blog kita karena mereka menemukan konten yang mereka cari dimana konten tersebut ada di blog kita. Tipe pengunjung organic berpotensi untuk membuka lebih banyak artikel di blog kita.

6. Percepat Loading Blog

Loading blog amat mempengaruhi berapa total pageview suatu blog. Loading blog cerpat mencerminkan bahwa blog tersebut reader friendly dan hal tersebut akan membuka peluang bagi para pembaca untuk bertahan lebih lama di blog Anda. Hindari menggunakan template yang loadingnya berat, karena selain tidak bagus untuk SEO, ia juga akan mendorong para pengunjung meninggalkan blog Anda dalam jangka waktu yang cukup singkat.

7. Blogwalking

Kunjungan Anda ke blog setopik akan mendorong pemiliknya untuk berkunjung balik ke blog Anda dan mereka biasanya memiliki rasa ketertarikan terhadap tulisan-tulisan Anda. Jika Anda punya waktu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk blogwalking dan meninggalkan komentar yang relevan di blog tersebut.

8. Menghapus Broken Links

Periksa kesehatan blog Anda melalui Google Webmaster Tools. Keberadaan broken link dalam jumlah yang banyak bukan hanya berdampak SEO, ia juga akan memberikan pengalaman yang kurang baik bagi para pengunjung sehingga cukup berkemungkinan mereka tidak akan membuka blog Anda pada saat muncul di hasil penelusuran search engines.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. Opik Reply

    Kayanya loading ni yang jadi masalah blog saya 🙂 & lagi coba ganti theme yg lebih ringan sama upgrade hosting biar loading cepet ga kaya sekarang

  2. andy Reply

    Thanks. 😀
    Setidaknya ini memotivasi saya untuk tetap ngeblog.
    keep blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!