Tips Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun


cara mengatasi penghasilan adsense menurunPenghasilan Google AdSense turun drastis sepertinya banyak dialami oleh blogger khususnya blogger di Tanah Air dalam beberapa bulan terakhir ini. Penyebab penghasilan AdSense menurun drastis pun cukup beragam, mulai CPC rendah, CTR rendah, atau impresi iklan yang mengalami penurunan.

Beberapa waktu lalu saya sudah sempat posting artikel terkait solusi untuk mengatasi penghasilan AdSense turun drastis, dan artikel ini merupakan opsi lain dari artikel sebelumnya dalam upaya untuk menstabilkan penghasilan online Anda tanpa harus bergantung pada Google AdSense saja.

Seperti diketahui, sebenarnya banyak ad networks yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Keberadaan ad networks tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi penghasilan AdSense Anda yang terus-menerus mengalami penurunan. Hal yang sama pun saya lakukan, dan hasilnya cukup baik.

Sebagai catatan, untuk saat ini memang belum ada ad network berbasis PPC selevel dengan AdSense. Namun, tidak sedikit juga ad network berbasis CPM yang siap memberikan profit hampir sebanding dengan AdSense. Keberadaan ad networks berbasis CPM tersebut akan mengatasi penurunan penghasilan AdSense Anda sehingga Anda perlu mencobanya.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog gratis tanpa modal

Bagi sobat blogger yang lagi kurang mood ngeblog karena penghasilan AdSense menurun, kembalikan mood ngeblog Anda. Berikut ini cara mengatasi penghasilan AdSense menurun drastis:

1. Pilih Template High CTR

Jika Anda masih terfokus dengan AdSense. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi menurunnya penghasilan AdSense Anda adalah dengan menggunakan template yang memiliki CTR tinggi. Tinggi-rendahnya CTR iklan merupakan salah satu ukuran seberapa maksimal penghasilan Anda sehingga Anda perlu memperhatikan poin yang satu ini.

2. Gunakan Template Responsive

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile. Sebagai publisher iklan, hal ini harus Anda respon secara tepat dengan mengganti template lama Anda menjadi responsive. Ketika Anda tetap menggunakan template lama (non-responsive template), maka besar kemungkinan Anda akan membuang percuma trafik dari perangkat mobile.

3. Perbaiki Kualitas Konten

Salah satu penyebab CPC rendah adalah dikarenakan kualitas artikel yang buruk. Hal ini akan berimbas pada penghasilan Anda karena CPC secara terus-menerus mengalami penurunan atau tidak stabil. Artikel berkualitas adalah artikel yang memiliki nilai manfaat terhadap pembacanya, dan dalam hal ini Google dapat dengan mudah mengenali tingkat kualitas artikel di blog Anda.

4. Pasang Iklan Alternatif AdSense

Seperti saya sebut diatas, terdapat sekian banyak jaringan periklanan online yang dapat Anda jadikan alternatif AdSense. Guna dapat mengatasi penyusutan penghasilan GA Anda, silakan pasang iklan selain AdSense, baik iklan berbasis PPC maupun iklan berbasis CPM.

Berikut beberapa jaringan periklanan online berbasis CPM yang saya rekomendasikan:

5. Stabilkan Trafik Blog

Trafik merupakan modal paling penting untuk memonetisasi blog berbasis pemasangan iklan. Meskipun trafik memperlihatkan stabilitas yang baik, usahakan untuk tetap memposting artikel secara terjadwal karena peringkat artikel di index hasil pencarian search engine tidak bersifat permanent, sehingga list artikel yang tadinya menjadi sumber trafik utama berpotensi mengalami penurunan peringkat yang pada akhirnya berimbas pada menurunnya trafik blog.

Demikian lima cara untuk menyikapi penghasilan AdSense menurun, semoga bermanfaat. Dan sebagai catatan, jangan menjadikan AdSense sebagai tumpuan tunggal jika Anda ingin sukses dari blog. AdSense memang bisa memberi profit yang luar biasa untuk Anda, tetapi Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Zona Reply

    benar mas, untuk situs baru juga cpc nya sangat rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!