Tips Mengatasi Masalah Bounce Rate Blog

cara mengecilkan bounce rate blogBounce Rate merupakan salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian dalam blogging. Bounce Rate mencerminkan mutu sebuah blog, apakah blog tersebut dianggap bermanfaat atau sebaliknya.

Pengertian Bounce Rate

Bounce Rate is the percentage of single-page visits. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan halaman blog Anda setelah hanya membuka satu halaman saja. Lebih jelasnya seperti ini, misalkan pengunjung tersebut membuka halaman profile, dan setelah membuka halaman profile, pengunjung tersebut tidak membuka halaman lainnya.

Rumus Menghitung Bounce Rate

Jumlah pengunjung yang membuka 1 halaman / jumlah total kunjungan) x 100%.

Contoh: Sebuah blog mendapatkan total kunjungan sebanyak 500 orang dengan jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman sebanyak 400 orang, maka: 400/500 x 100% = 80%

Penyebab Bounce Rate Blog Buruk

Terdapat beragam faktor yang mendasari buruknya nilai bounce rate suatu blog, beberapa diantaranya adalah artikel tidak bermutu, navigasi blog kurang tertata dengan baik, template blog kurang reader friendly, dan loading blog lambat.

Cara Mengatasi Bounce Rate Pada Nilai Yang Buruk

Selain trafik, bounce rate cukup perlu mendapat perhatian, karena sebagaimana yang saya sebutkan diatas, bounce rate mengindikasikan kualitas sebuah blog. Pastinya tidak ada trik tersembunyi untuk mendapatkan nilai bounce rate yang ideal, karena kuncinya adalah artikel berkualitas. Fokuslah memposting artikel berkualitas, karena hal tersebut akan mendorong pengunjung untuk membuka lebih banyak halaman di blog Anda.

Bagi Anda yang dihadapkan dengan masalah bounce rate, berikut beberapa kiat untuk memperbaiki nilai bounce rate blog yang dapat Anda aplikasikan di blog Anda.

Perbanyak Konten Blog

Padati blog Anda dengan artikel-artikel yang relevan terhadap tema yang Anda usung. Tingkat kepadatan konten dan relevansi yang baik pada masing-masing artikel secara teori dapat mengecilkan bounce rate blog Anda. Semakin banyak artikel di blog Anda (artikel berkualitas), maka semakin kecil peluang untuk mendapatkan bounce rate tinggi.

Posting Artikel Yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Produktivitas memang sangat penting, namun kualitas berada diatasnya. Postinglah artikel berkualitas agar karya tulis Anda disukai pembaca blog Anda. Semakin berkualitas artikel yang Anda tulis, maka semakin banyak halaman blog yang akan dibuka oleh pengunjung.

Desain Template Blog Menjadi Lebih Reader Friendly

Template memiliki peran penting untuk membuat para pengunjung merasa nyaman. Desain template amburadul atau menyulitkan pembaca akan mendorong mereka untuk meninggalkan blog Anda dalam waktu yang cukup singkat. Pastikan template yang Anda gunakan lebih reader friendly agar para pengunjung bertahan lebih lama di blog Anda.

Percepat Loading Blog

Loading blog lambat merupakan salah satu masalah yang perlu segera diatasi. Loading blog lambat cenderung menjadi salah satu alasan pokok mengapa pengunjung meninggalkan laman blog hanya dalam rentang waktu yang sangat singkat. Percepat loading blog Anda dengan meminimalkan widget yang kurang perlu, mengkompres file HTML, dsb.

Hubungkan Artikel Ke Artikel Lainnya

Menghubungkan satu artikel ke artikel lainnya dalam satu laman blog atau yang lebih familiar dengan sebutan anchor text selain berguna untuk kepentingan SEO, hal tersebut juga dapat meningkatkan potensi dibukanya lebih banyak halaman oleh pengunjung. Setiap kali mempublikasikan artikel, jangan lupa untuk menautkan link pada kata/kalimat tertentu (anchor text) dengan artikel lain yang dinilai relevan.

Buatlah Widget Daftar Artikel Sesuai Kategori

Semakin banyak Anda menyodorkan daftar artikel kepada para pembaca melalui berbagai widget, maka semakin besar peluang untuk bisa mendapatkan bounce rate yang baik. Buatlah widget daftar artikel terbaru, artikel terpopuler, dan artikel terkait pada sudut/ruang yang strategis.

Catatan:

Terlepas dari sejumlah faktor pendukung yang lain, kunci utama untuk mendapatkan bounce rate ideal terletak pada mutu artikel. Buatlah artikel yang berguna bagi pembaca, dengan demikian mereka dengan sendirinya akan merasa terdorong untuk membuka banyak halaman pada blog Anda.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. Krisna Bara Reply

    kalau nilai bounce rate nya 61% bagus ngak untuk blog mohon pencerahannya makasih

  2. muhisra Reply

    Masalah bounce rate memang menjadi masalah besar pada blog saya. Banyak yang harus diperbaiki setelah membaca artikel ini.
    Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!