Tips Menemukan Keyword Blog


tips menemukan keyword blogDeskripsi Keyword

Keyword atau kata kunci dalam pemahaman yang sederhana adalah sebuah kata yang mewakili isi sebuah website atau blog secara keseluruhan. Contoh keyword: tips belajar blog, cara optimasi blog, make money blogging, dll.

Dalam lingkup blogging dikenal istilah long tail keyword, yaitu sebuah kata kunci berekor (panjang). Contoh long tail keyword: tips ngeblog untuk mendapatkan uang dari blog, cara mendapatkan uang dari blog secara mudah, dll.

Sepenting Apakah Memilih Keyword Itu?

Jawabannya bergantung pada jenis blog yang akan Anda bangun. Ada beberapa kriteria/jenis blog dimana masing-masing blog memiliki perlakukan yang berbeda dalam proses optimasinya. Sebut saja blog otoritas, maka dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengembangkannya. Sementara itu, jika Anda memilih membuat blog yang mengusung niche spesifik, maka pemilihan keyword bersifat sangat krusial.

Keyword Apa Yang Harus Kita Pilih?

Jawaban untuk pertanyaan ini merujuk pada sejumlah hal. Tanyakan pada diri Anda, apa bidang yang paling Anda sukai dan yang paling membuat Anda selalu terobsesi olehnya. Jika Anda notabene seorang blogger pemula, maka pilihan yang tepat untuk Anda adalah keyword yang berkaitan dengan hobi Anda. Mengapa demikian, karena memilih keyword berdasarkan hobi akan membantu Anda menjadi lebih produktif tanpa ada kendala berarti saat menulis artikel.

Bagaimana Cara Menemukan Keyword Untuk Blog Baru?

Salah satu pekerjaan yang paling menyita waktu bagi pengembang micro-niche blog adalah menemukan keyword. Menemukan kata kunci yang tepat untuk membangun micro-niche blog terkadang menjadi sangat sulit, dan ia memakan banyak waktu. Dibutuhkan reset secara teliti hingga akhirnya keyword tersebut berhasil kita temukan.

Tips menemukan profitable keyword untuk micro-niche blog

1. Pantau trending topic di internet

Untuk mengetahui trending topic di internet dari masa ke masa, Anda dapat memanfaatkan Google Trends. Google Trends memberikan data statistik kecenderungan pengguna internet dari waktu ke waktu. Data tersebut dapat Anda analisa untuk dijadikan keyword.

2. Aktif di berbagai media online

Jika Anda aktif diberbagai media online, baik itu di jejaring sosial, forum, atau situs tanya jawab, cukup dimungkinakn bagi Anda akan menemukan sebuah ide yang mana ide tersebut dapat Anda konversi menjadi keyword.

3. Berpikir tentang banyak hal

Pastinya banyak hal yang bermain dibenak manusia. Eksplorasi memori Anda, apakah ada diantaranya yang dapat Anda jadikan keyword blog. Beri penekanan pada bidang yang berkaitan dengan sesuatu yang paling dicari orang diinternet, kemudian analisa apa yang terekam di pikiran Anda menggunakan tool reset keyword, seperti Keyword Planner.

Demikian, semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi sahabat Blogger Lamongan. Ada pertanyaan? Silakan sampaikan di kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Arya Reply

    kalau 1 artikel blog dipasang 2-4 keyword boleh apa engga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!