Tips Memilih VPS Hosting Terbaik


vps terbaikSeiring dengan perkembangan website Anda, tidak menutup kemungkinan Anda perlu untuk beralih dari shared hosting ke VPS (Virtual Private Server). Seperti diketahui, VPS pada umumnya menawarkan performa yang lebih baik katimbang shared hosting, dan jenis hosting yang satu ini akan sangat sesuai untuk website yang memiliki traffic tinggi yang tentunya membutuhkan resource yang lebih besar.

VPS adalah sebuah server virtual yang memiliki resource dedicated. Layanan ini berbeda dengan shared hosting, dimana VPS memberikan resource secara khusus untuk klien. Klien dapat menginstal aplikasi dan menggunakan semua resource VPS tersebut tanpa harus berbagi dengan klien lain. Setiap virtual mesin melayani OS dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Selain digunakan oleh website berskala besar, biasanya VPS digunakan untuk cloud computing, menjalankan software forex trading, software bot, dan lain sebagainya.

Tips Memilih VPS Hosting

Saat ini sudah banyak perusahaan provider hosting dalam negeri yang menawarkan layanan VPS server sesuai dengan kebutuhan klien. Namun, pastikan Anda untuk memilih provider yang memiliki reputasi bagus dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih VPS hosting:

Traffic website

Pertimbangkan aspek internal dan eksternal. Misalkan website Anda memiliki traffic tinggi dengan mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia, maka dalam hal ini pilihan terbaik untuk website Anda adalah VPS IIX.

Sumberdaya dan Teknologi

Jika Anda berencana membeli layanan VPS, pastikan layanan VPS tersebut telah menggunakan teknologi terbaru. Teknologi baru akan memudahkan Anda dalam mengelola website Anda. Adapun salah satu teknologi yang harus ada antara lain adalah fitur untuk melakukan monitoring CPU, RAM, Inode, dan diskspace.

Sebagai informasi, inode adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang sebuah file pada akun hosting Anda. Jumlah inode mengindikasikan jumlah dari file dan folder yang Anda miliki. Ini termasuk semua didalam akun Anda, email, file, folder atau apapun yang Anda simpan di server.

Tentukan Besaran Traffic Data dan Kebutuhan Interkoneksi

Sebagai gambaran, misalnya Anda memiliki website dengan jumlah pengunjung 2500 setiap harinya, tentunya memori sebesar 300 MB tidaklah cukup. Rumus menghitung kebutuhan bandwidth website adalah sebagai berikut:

Visitor = 1000 / day = 30k / bulan. BW = 500 x 3 x 30,000 = 45,000,000 KB atau 45 GB per Bulan.

Dan jika Anda takut salah, Anda dapat berkonsultasi ke bagian customer service terlebih dulu sebelum memutuskan order layanan VPS.

Aspek Keamanan

Pilihlah provider yang menawarkan sistem keamanan bagus. Dalam memilih layanan hosting, aspek keamanan merupakan salah satu pertimbangan prioritas. Anda tentunya tidak ingin website yang Anda bangun dengan sedemikian gigih dan telah menghabiskan banyak waktu Anda nantinya dengan begitu mudah menjadi korban peretasan.

Dukungan Pelanggan

Sebagai pelanggan layanan VPS, Anda harus mendapatkan prioritas layanan kapanpun Anda membutuhkannya. Provider manapun yang akan Anda pilih, pastikan Anda akan terlayani dengan baik sehingga setiap permasalahan pengelolaan hosting yang Anda temui dapat terselesaikan dengan cepat.

Pertimbangan Harga

Jika ada yang murah, pastinya Anda tidak akan menginginkan yang lebih mahal. Namun demikian, jangan sampai Anda terjebak pada “harga murah”. Pilihlah provider yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Bagaimana untuk menguaknya? Ketahui reputasi provider tersebut, seberapa banyak jumlah kliennya, dan standar perangkat yang digunakan.

VPS Hosting Terbaik Indonesia

Ardetamedia adalah salah satu perusahaan web hosting terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan VPS hosting sesuai kebutuhan klien. Saya merekomendasikan Ardetamedia karena provider ini memenuhi kriteria yang diantaranya sebagaimana telah saya ulas diatas. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan VPS Ardetamedia, berikut ringkasan layanan VPS server yang ditawarkan Ardetamedia:

NetworK

1Gbps IIX Link
20Mbps International BW Share
1 usable IPv4 Termasuk
99.9% Network Uptimum SLA

Data Center

Cyber Building IIX Datacenter
Redundant UPS Battery Backup
Redundant Generator Power
24×7 Onsite Security

Hardware

Supermicro,HP,DELL Server Hardware
Intel Processors
RAID-10 / Raid-50 hardware
Enterprise-class Hardware

Control Panel

WHM/cPanel
Softaculous

Operating System

CloudLinux

Server Management

Full Server Management
Instalasi Server Management
Server Management Per Kasus

Untuk menjaga stabilitas server, Ardetamedia menggunakan server terbaru dengan processor Dual Intel Xeon dibekali RAM DDR3 minimal 32GB RAM serta konfigurasi hardisk Raid-50. Ardetamedia menggunakan teknologi VPS KVM. VPS ini memungkinkan Anda untuk dapat memaksimalkan performa VPS.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!