Tips Memilih Hosting

cara memilih hosting yang tepatHosting merupakan salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai langkah membuat website atau blog self hosted. Kualitas web hosting yang Anda pilih akan ikut memberi andil maksimal-tidaknya performa weblog Anda.

Kualitas server buruk akan mengakibatkan blog Anda sulit diakses oleh visitor, dan hal ini merupakan kerugian besar yang harus dihindari. Selain itu, Anda juga tetap harus waspada dengan hosting provider yang menawarkan harga terlalu murah namun menawarkan fasilitas yang sangat lengkap.

Baca juga:

Untuk membangun website besar atau blog yang terorientasi untuk membangun bisnis online, Anda membutuhkan web hosting berkualitas. Dan berikut ini kiat dalam memilih hosting yang tepat sesuai dengan pedoman pemilihan hosting provider secara umum serta menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan client.

Pilih Web Hosting Bermutu

Jangan menjadikan harga (harga murah) sebagai faktor tunggal yang mendasari pilihan Anda. Pastikan web hosting yang akan Anda pilih merupakan hosting provider yang punya mutu sehingga tidak berpotensi merugikan Anda dikemudian hari.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Paket hosting tersedia dalam berbagai tipe. Pilihlah hosting sesuai dengan jenis website atau blog yang akan Anda bangun. Jika Anda berencana untuk membangun micro-niche blog, maka cukup memilih paket hosting standar.

Pilih Server Sesuai Target Audience

Jika target pengunjung blog Anda dari Indonesia, maka pilihlah server Indonesia. Kecepatan server cukup dipengaruhi oleh lokasi pengakses situs. Apabila pengunjung situs berasal dari Indonesia, sementara Anda menggunakan server luar negeri, maka hal tersebut dapat memperlambat waktu muat situs.

Pilih Web Hosting Kaya Fitur

Fitur hosting yang disediakan oleh masing-masing web hosting tidak selalu sama, pilihlah web hosting dengan fitur lengkap atau setidaknya sesuai dengan kebutuhan Anda. sebelum memilih web hosting tertentu, pastikan Anda melakukan pengecekan fitur-fitur hosting yang ditawarkan oleh provider bersangkutan.

Besaran Kapasitas Penyimpanan

Berapa estimasi kapasitas penyimpanan atau disk space yang dibutuhkan oleh website Anda? untuk micro-niche blog, Anda tidak perlu disk space terlalu besar. Disk space 500 MB saya rasa sudah cukup. Dan untuk blog yang berisikan banyak grafis, pilihlah paket hosting yang berkapasitas unlimited.

Periksa Volume Bandwidth

Pastinya Anda tidak menginginkan website Anda tidak bisa diakses lantaran melebihi bandwidth. Untuk website dengan jumlah kunjungan harian diangka puluhan ribu, saya menyarankan agar Anda memilih Unlimited Bandwidth. Siasati kebutuhan bandwidth website Anda dalam jangka panjang agar hal tersebut tidak mengganggu kinerja website Anda.

Perhatikan Spek Hardware

Jangan asal tergoda dengan harga murah atau besaran kapasitas yang ditawarkan oleh web hosting tertentu. Kualitas server ditentukan oleh spek hardware web hosting bersangkutan, oleh karenanya Anda perlu mencermati hardware yang digunakan sebelum menentukan pilihan.

Layanan Dukungan Pelanggan

Pilihlah web hosting yang menyediakan layanan client 24 jam/7 hari untuk memudahkan Anda mengatasi setiap permasalahan hosting Anda. Selain untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah teknis, layanan pelanggan 24 jam/7 hari juga mencirikan profesionalisme serta kualitas web hosting bersangkutan.

Update: Web hosting unlimited harga murah mutu terjamin

Demikian tips cara memilih hosting, semoga uraian singkat diatas bermanfaat bagi sahabat pembaca, khususnya buat sahabat setia BloggerLamongan.com.

Hosting Terbaik Indonesia

5 comments

  1. M. Opik Reply

    Dari pengalaman sy si harga biasanya berbanding lurus sama kualitas 🙂 dan yang lebih penting buat sy pilih hosting yg ga ribet, setelah bayar langsung bisa pake ga perlu kirim bukti ini itu atau verifikasi ID segala

  2. boim Reply

    artikel yang menarik sekali, bermanfaat sebagai referensi saya gan. memilih web hosting harus benar-benar jeli sesuai dengan kebutuhan

  3. Bimo Hutomo Reply

    Artikel yang sangat membantu teman-teman yang akan membeli hosting, saya sangat setuju dalam mempertimbangkan apa saja sebelum membeli hosting. Namun harga murah juga bisa jadi pertimbangan kok, sekarang ada provider hosting Indonesia yang memberikan harga murah tapi kualitas tidak murahan kok. Yang jelas kelihatan bedanya antara provider berkelas sama yang enggak.

  4. Qwords Reply

    Di Qwords kami memenuhi kriteria tersebut.
    Support Kami Online selama 24 Jam siap membantu memenuhi kebutuhan hosting anda 🙂

  5. Reza Abdillah Reply

    Kalau untuk masalah Bandwith dan sebagainya itu tidak masalah, karena disesuaikan dengan pilihan dan budget kita.

    Yang paling penting adalah pelayanan yang baik dan server yang bagus agar tidak mudah down

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!