Tips Memilih Hosting Sesuai Kebutuhan Anda


tips memilih jenis paket hostingFaktor hosting merupakan salah satu aspek terpenting dalam membuat blog menggunakan hosting sendiri (self hosting). Bagi seorang pemula, mungkin banyak diantara mereka yang merasa kebingungan untuk menentukan jenis paket hosting apa yang mestinya digunakan.

Setiap paket hosting memang memiliki fitur dan space yang berbeda-beda antara satu sama lain. Oleh karenanya, amat penting untuk memilih hosting sesuai dengan tingkat kebutuhan kita. Misalkan Anda berencana membuat blog pribadi, maka sudah barang tentu space yang Anda butuhkan berbeda dengan space untuk membuat portal berita.

Bagaimana cara menentukan pilihan yang tepat? Saya menggunakan lima parameter untuk menentukan jenis paket hosting apa yang patut untuk Anda pilih. Berikut lima parameter dalam memilih hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Tentukan Ukuran Kebutuhan Hosting Anda

Seperti dijelaskan diatas, jenis website atau blog yang akan Anda buat dalam hal ini menentukan seberapa besar space hosting yang Anda butuhkan. Jika Anda berencana membuat micro-niche blog, maka Anda cukup mengambil hosting berkapasitas 250-500 MB.

2. Tentukan Server Yang Ingin Anda Pakai

Faktor pertimbangan penting yang kedua adalah lokasi server. Hal ini berkaitan dengan target traffic blog Anda. Untuk blog yang menargetkan pengunjung dari luar negeri, misalkan dari USA, UK, Canada, maka server yang ideal untuk Anda pilih adalah server USA.

Lokasi server cukup mempengaruhi kecepatan akses blog, oleh karenanya Anda harus memilih server luar negeri jika target pengunjung blog Anda bukan pengunjung lokal.

3. Tentukan Kebutuhan Bandwidth

Selain space, Anda juga perlu menentukan besaran bandwidth yang dibutuhkan weblog Anda. Ini sangat penting guna menjaga stabilitas blog Anda saat diakses oleh para pengunjung. Sebut saja Anda manargetkan 20.000 pengunjung per bulan dengan kapasitas rata-rata 30 KB data per halaman, maka carilah hosting dengan bandwidth sebesar 1,5 GB.

4. Sesuaikan Dengan Budget Yang Anda Miliki

Berpertimbangan pada tingkat kesanggupan finansial Anda pastinya tidak kalah pentingnya guna memastikan Anda sanggup untuk membayar biaya sewa hosting setiap tahunnya. Jika budget Anda cukup terbatas, Anda cukup memilih web hosting lokal guna menekan biaya sewa.

5. Pilih Web Hosting Berkualitas 

Faktor pertimbangan harga memang cukup penting terlebih lagi jika budget kita relatif minim, namun kita tetap harus menentukan pilihan pada web hosting yang sudah memiliki reputasi sehingga kualitasnya dapat diandalkan. Cukup banyak web hosting dengan harga sangat murah yang menawarkan berbagai kelebihan, namun Anda tetap harus waspada karena pada prakteknya tidak ada web hosting murah (dibawah harga normal) yang berperforma baik.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. AmbilDiskon.com Reply

    Memulai membangun website untuk bisnis perlu hosting. Untuk memiliki pengalaman yang bagus harus bekerja dengan web hosting yang yang handal.

    Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!