Tips Membeli Hosting dan Domain


Tips Membeli Hosting dan DomainDomain dan hosting merupakan dua unsur pokok dalam membangun website atau blog. Domain dapat dianalogikan sebagai alamat rumah, dan hosting adalah rumahnya. Keduanya memiliki peran penting dalam proses pembuatan serta pengembangan website itu sendiri sehingga membeli hosting dan domain tidak boleh dilakukan secara asal-asalan atau dalam artian yang lain kita harus memilih hosting dan domain dari registrant terpercaya yang sudah memiliki reputasi.

Hosting tidak dibutuhkan bagi Anda yang memilih membuat blog menggunakan platform gratisan seperti blogger.com atau wordpress.com. Sementara itu, bagi Anda yang lebih memilih wordpress.org atau wordpress self hosting Anda harus menyiapkan nama domain sendiri beserta hostingnya yang dapat Anda beli dari hosting&domain provider. Dalam hal ini Anda dapat memilih provider lokal atau provider luar negeri bergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda.

Membeli hosting hendaknya dilakukan dengan menyesuaikan tingkat kegunaan Anda. Misalkan Anda ingin membangun website berita, maka sudah barang tentu Anda membutuhkan space yang besar untuk menampung konten website. Sementara untuk membuat micro-niche blog, Anda tidak perlu menyewa hosting dengan kapasitas terlalu besar karena tingkat kebutuhan Anda relatif kecil. Dan berikut ini tips membeli hosting dan domain secara tepat bagi Anda yang masih awam.

Tips Membeli Hosting

1. Kualitas

Jangan hanya menjadikan harga murah sebagai faktor pertimbangan. Pastikan web hosting yang akan Anda pilih merupakan hosting provider yang memiliki mutu sehingga tidak berpotensi merugikan Anda dikemudian hari.

2. Sesuaikan Dengan Tingkat Kebutuhan

Paket hosting tersedia dalam berbagai tipe. Seperti disebutkan diatas, pilihlah hosting sesuai dengan jenis website atau blog yang akan Anda buat. Misalkan Anda berencana untuk membuat micro-niche blog, maka Anda cukup memilih paket hosting standar.

3. Pilih Server Sesuai Target Pengunjung

Apa bahasa konten blog Anda? Untuk target pengunjung lokal, pilihlah server Indonesia. Kecepatan server cukup dipengaruhi oleh lokasi pengakses situs. Apabila pengunjung situs berasal dari Indonesia, sementara Anda menggunakan server luar negeri, maka hal tersebut akan memperlambat waktu muat situs.

4. Pilih Web Hosting Berfitur Lengkap

Pilihlah web hosting yang menyediakan fitur lengkap atau setidaknya sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum memilih web hosting tertentu, pastikan Anda melakukan pengecekan fitur-fitur hosting yang ditawarkan oleh provider bersangkutan.

5. Faktor Kapasitas Penyimpanan

Karena jenis website atau blog yang akan Anda buat ikut menjadi materi pertimbangan, maka Anda perlu mengestimasi kapasitas penyimpanan atau disk space yang dibutuhkan oleh website Anda? untuk micro-niche blog, Anda tidak perlu disk space terlalu besar. Disk space 500 MB saya rasa sudah cukup. Sementara itu, untuk blog yang berisikan banyak grafis, sebaiknya Anda memilih paket hosting unlimited.

6. Periksa Volume Bandwidth

Bandwidth merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu diperhatikan. Bandwidth limited akan menyebabkan website Anda tidak dapat diakses oleh pengunjung. Bagi website dengan jumlah kunjungan harian diangka puluhan ribu, saya menyarankan agar Anda memilih unlimited bandwidth. Siasati kebutuhan bandwidth website Anda dalam jangka panjang agar Anda tidak perlu bekerja dua kali.

7. Perhatikan Spek Hardware

Harga murah dengan space besar tidak jarang kita jumpai, namun sebaiknya kita tidak boleh asal tergoda dengan harga murah atau besaran kapasitas yang ditawarkan oleh web hosting tertentu. Kualitas server ditentukan oleh spek hardware web hosting bersangkutan, oleh karenanya kita perlu mencermati hardware yang digunakan sebelum menentukan pilihan.

8. Layanan Dukungan Pelanggan

Pilihlah web hosting yang menyediakan layanan client 24 jam/7 hari untuk memudahkan Anda dalam mengatasi setiap permasalahan hosting Anda. Selain untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah teknis, layanan pelanggan 24 jam/7 hari juga mencirikan profesionalitas serta kualitas web hosting bersangkutan.

9. Faktor Keamanan

Pastikan Anda memilih provider dengan sistem keamanan yang baik. Sistem keamanan merupakan salah satu aspek penting yang patut untuk Anda pertimbangkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Memilih Domain (Nama Domain Baru)

1. Pilihlah nama domain yang mudah di eja

Memilih nama domain yang mudah di eja akan memudahkan pengunjung blog Anda untuk mengingatnya. Hal ini sangat penting untuk memancing pengunjung kembali mendatangi blog Anda di lain waktu.

2. Hindari menggunakan nama domain terlalu panjang

Sah-sah saja Anda memilih nama domain yang berisikan banyak karakter, namun nama domain yang terlalu panjang mungkin terkesan kurang profesional dan juga menyulitkan pengunjung untuk mengingatnya. Pilihlah nama domain maksimal sebanyak 20 karakter.

3. Sisipkan keyword pada domain

Jika memungkinkan, untuk menambah muatan SEO blog, tempatkan keyword pada nama domain. Menyisipkan keyword pada nama domain bersifat opsional, namun jika memang memungkinkan tidak ada salahnya untuk Anda terapkan.

4. Pilihlah ekstensi nama domain yang paling banyak digunakan (.com, .net, .org, .me, dll).

Terdapat beberapa ekstensi nama domain yang banyak digunakan oleh spammer, secara tidak langsung hal tersebut cukup mungkin akan berdampak pada blog Anda, maka pilihlah ekstensi nama domain yang paling banyak digunakan seperti .com, .net, .org, .co, atau .me.

5. Tidak menggunakan simbol

Agar nama domain Anda terkesan rapi dan mudah dalam pengetikannya, sebaiknya pilihlah nama domain tanpa penggunaan simbol atau angka.

6. Hindari memilih nama domain yang sudah menjadi trade mark (merek dagang)

Pastinya Anda ingin terlihat profesional, bukan? Maka sebaiknya hindari memilih nama domain yang sudah menjadi trade mark. Guna memastikan nama domain yang akan Anda pilih belum menjadi trade mark, silakan ketikkan nama domain tersebut pada kotak pencarian search engine Google lalu lihat hasilnya.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. kurangcermat Reply

    kalau menurut saya mungkin bisa dijadikan rekomendasi, bisa memakai hosting dari hawkhost dan domain dari namecheap, kedua situs ini menurut saya sudah sesuai dengan tips-tips diatas untuk blog kelas personal,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!