Tips Membangun Niche Blog

Tips Membangun Niche BlogAda beberapa jenis blog, tiga diantaranya adalah blog pribadi, blog otoritas, dan blog niche. Ketiga jenis blog tersebut sama-sama memiliki kesempatan untuk dimonetisasi sepanjang blog tersebut memiliki nilai.

Pengertian Niche Blog

Niche blog adalah sebuah blog yang membahas topik secara spesifik (topik tunggal). Contoh topik spesifik diantaranya adalah cara mendapatkan uang dari iklan Google, cara menjadi seorang affiliate sukses, cara memulai bisnis saham, dll.

Perbedaan Niche Blog Dengan Jenis-jenis Blog Lainnya

Karena hanya membahas topik tunggal yang cukup spesifik, maka niche blog biasanya hanya berisikan beberapa artikel. Selain dibedakan pada sisi kuantitas konten, niche blog juga berbeda dalam berbagai sisi yang lain, dua diantaranya adalah perbedaan pada sisi optimasi dan trafik.

Perbedaan Optimasi Niche Blog Dengan Blog Otoritas Atau Blog Pribadi

Sebuah blog otoritas biasanya membutuhkan ratusan-ribuan artikel untuk bisa mendapatkan banyak kunjungan dari search engine. Tanpa berbekal banyak konten, blog otoritas cukup sulit untuk dimonetisasi. Sementara itu, niche blog hanya membutuhkan beberapa artikel untuk bisa dimonetisasi. Hal tersebut karena cakupan bahasannya cukup spesifik.

Proses optimasi niche blog relatif cepat jika dibandingkan dengan blog otoritas. Namun, hal tersebut bergantung pada keyword yang Anda pilih. Selain itu, trafik niche blog dapat dipertahankan dalam kurun waktu yang lama, dan juga bisa sebaliknya. Misalkan Anda memilih keyword trending, maka sudah pasti trafik niche blog Anda hanya dapat bertahan dalam kurun waktu tertentu.

Cara Membangun Niche Blog

Modal pokok untuk membuat serta mengembangkan niche blog adalah keyword. Seperti dijelaskan diatas, niche blog adalah sebuah blog yang membahas topik secara spesifik. Artinya, Anda harus memilih keyword yang tepat.

Baca artikel: Cara reset keyword untuk membangun profitable blog.

Kriteria keyword yang dapat Anda pilih untuk membangun niche blog, diantaranya:

  1. Memiliki jumlah pencarian minimal 3000 per bulan.
  2. Memiliki tingkat persaingan rendah
  3. Memiliki Cost Per Click (CPC) minimal $ 1
  4. Keyword bersifat untuk jangka panjang.

Mengapa jumlah pencarian bulanan keyword minimal harus diangka 3000? Anda bisa saja memilih keyword dengan jumlah pencarian 2000/bulan, namun hal tersebut akan mempersulit niche blog Anda untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Ada tiga kriteria tingkat persaingan sebuah kata kunci, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Jika Anda memilih keyword dengan tingkat persaingan sedang, maka niche blog Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa masuk halaman 1 search engine.

Memilih keyword dengan CPC tidak kurang dari $1 bertujuan untuk realisasi target monetiasi. Pengunjung niche blog relatif terbatas, oleh karenanya pemilihan keyword tidak boleh memiliki CPC dibawah $ 1.

Poin keyword berjangka panjang sudah dijelaskan diatas, yakni agar trafik blog tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga kerja keras Anda untuk membangun niche blog tersebut tidak sebatas bisa Anda nikmati dalam hitungan waktu 1-2 bulan.

Tips Menemukan Keyword Ideal Untuk Niche Blog

Tahapan tersulit dalam membangun niche blog tidak lain adalah menemukan keyword yang tepat. Memilih keyword adalah langkah paling krusial dalam membangun niche blog. Lalu bagaimana agar kita bisa menemukan keyword yang memenuhi kriteria sebagaimana disebutkan diatas?

Pikirkan Apa Yang Anda Minati – Terkadang ide bernilai ribuan Dollar itu muncul dari diri Anda sendiri. Pikirkanlah tentang hal-hal yang Anda minati yang berpotensi untuk dijadikan sebagai keyword. Analisa ide tersebut dengan menggunakan alat reset keyword, seperti Google Keyword Planner.

Berkunjung ke situs e-commerce – Ada banyak situs seperti ini yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan reset keyword. Saya ambil contoh Amazon dimana Amazon adalah situs e-commerce terbesar yang menjual aneka ragam produk. Amati statistik penjualan produk di Amazon, dan analisa produk tersebut apakah memungkinkan untuk dijadikan keyword niche blog yang akan Anda bangun.

Amati trend pengguna internet – Jadikan search engine sebagai alat untuk menemukan keyword ideal dengan terus melakukan pengamatan terhadap trend pengguna internet. Untuk melakukan ini, masuklah ke laman Google Trends, dilaman tersebut Anda bisa melihat trending topic dari masa ke masa.

Memilih Platform Untuk Niche Blog Anda

Jika sudah menemukan keyword, tahapan selanjutnya adalah memilih platform blog untuk niche blog Anda. Anda dapat memilih platform blog gratisan, seperti Blogger. Namun, untuk membangun niche blog saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan platform WordPress self hosting. Pilihlah provider hosting berkualitas, dan tidak semata-mata karena harganya murah. Kualitas hosting merupakan salah satu aspek dibalik sukses-tidaknya Anda membangun niche blog.

Demikian, semoga bermanfaat. Untuk cara optimasi niche blog tahapan demi tahapan InsyaAllah akan saya publish pada posting berikutnya.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!