Tips Membangun Blog Bahasa Inggris Bagi Pemula


Tips Membangun Blog Bahasa InggrisMembuat blog bahasa Inggris secara teknis memberikan lebih banyak peluang bagi Anda untuk memonetisasinya secara maksimal. Ya, dalam blogging bahasa memang menentukan volume penghasilan. Jika dinilai dari sisi komersil, blog bahasa Inggris lebih menghasilkan katimbang blog bahasa Indonesia maupun bahasa non-Inggris lainnya.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan banyak orang diberbagai belahan bumi. Dengan memiliki blog berbahasa Inggris, maka potensi untuk mendapatkan penghasilan online dalam jumlah yang maksimal kian terbuka mengingat target pengunjung blog merupakan pengunjung dari luar negeri, seperti USA, England, Canada, Australia, dsb.

Terlepas dari sisi positif yang ada, membuat blog bahasa Inggris juga menyisakan sisi-sisi minus yang harus Anda pahami. Sebut saja untuk proses optimasi dimana blog yang menggunakan bahasa Inggris secara teknis membutuhkan waktu lebih lama dalam proses optimasinya berbanding blog yang menggunakan bahasa lokal. Mengapa demikian? Karena volume persaingan blog berbahasa Inggris jauh lebih tinggi daripada blog berbahasa lokal.

Sebelum melangkah lebih jauh tanpa pemahaman yang cukup, tips membangun blog bahasa Inggris untuk pemula berikut ini mungkin berguna bagi Anda.

1. Pastikan Anda Mengerti Bahasa Inggris
Artikel memang bisa dibeli, namun Anda tetap harus mengerti bahasa Inggris. Sebut saja Anda membeli artikel dari sebuah jasa artikel, pertanyaannya “apakah Anda paham artikel tersebut berkualitas atau tidak jika Anda tidak paham bahasa Inggris?”. Setidaknya Anda harus mengerti basic bahasa Inggris.

2. Pilihlah Niche Rendah Persaingan
Tingkat persaingan blog bahasa Inggris jauh lebih tinggi dibandingkan blog bahasa lokal. Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa bersaing dengan blog-blog lain yang jumlahnya sangat banyak. Jika Anda seorang pemula, pilihan terbaik bagi Anda adalah niche low competition atau tema dengan tingkat persaingan rendah.

Baca artikel: Cara reset keyword

3. Pilihlah Niche Sesuai Keahlian Anda
Jangan hanya terobsesi untuk mendapatkan banyak uang, tapi pikirkan apa yang akan Anda kerjakan dalam waktu-waktu kedepan. Agar Anda tidak dipersulit oleh apa yang sudah Anda ciptakan, pilihlah niche yang merupakan bidang keahlian Anda sehingga Anda bisa mengerjakannya dengan lebih mudah dan bisa lebih produktif.

4. Gunakan Hosting Server USA
Jika Anda memilih menggunakan platform blog WordPres self hosting, pilihlah server USA untuk memaksimalkan speed blog Anda. Kecepatan akses blog sangat dipengaruhi oleh lokasi server, dan blog yang berisikan konten bahasa Inggris idealnya menggunakan server USA, bukan server lokal.

Baca juga: Tips memilih hosting

5. Hindari Menulis Artikel <500 Kata
Artikel SEO friendly memang tidak hanya diukur dari tingkat kepadatan kata. Search engines seperti Google menggunakan ratusan indikator untuk menentukan kualitas sebuah konten, namun faktanya tingkat kepadatan kata sangat penting dalam praktik SEO. Artikel dengan tingkat kepadatan kata tinggi lebih berpeluang untuk masuk dalam daftar hasil penelusuran teratas search engine katimbang artikel dengan tingkat kepadatan kata rendah.

Hosting Terbaik Indonesia

39 comments

  1. hery Reply

    wah tipsnya mantab sekali mas… cuma memang keendalanya untuk blog inggris kemmpuan kita dalam berbahasa inggris. boleh minta saran mas,,, niche blog bule yang pesaingnya sedikit,,,dan mudah dibuat ?

  2. pelajar Reply

    kalau saya tengok.. menemukan blog berbahasa inggris dengan domain blogspot.com di mesin pencari agak susah yah. Apakah memang domain gratisan untuk bahasa inggris kurang akrab untuk SEO.. ? Sehingga jika ingin menulis konten bahasa inggris, harus menggunakan TLD dan hosting.

    Ataukah sayanya yang kurang lihai menggunakan mesin pencari. Hehe

  3. shinatria Reply

    thanks tipsnya gan,
    emang ada rencana sih bikin blog en untuk afiliasi amazon

  4. Fery Reply

    Pengen buat blog bahasa inggris, tapi masih takut klo dapat komen ga enak karena bahasnya amburadul

  5. Wan Reply

    sedikit curhat: dari dulu bikin blog bahasa inggris selalu saja gagal. padahal artikel original dan udah dioptimasi. mungkin persaingannya terlalu ketat.

  6. Nabila Reply

    Sebenarnya ada apa enggak sih tool yang bisa di pakai untuk translate dengan hasil gramar yang nyaris sempurna. Selama ini slalu gagal bikin blog bule karena slalu belepotan.

    • Din Tok Post authorReply

      Sejauh ini belum ada satupun tool translate dengan hasil nyaris sempurna. Jika kamu ingin hasil translate dengan grammer yang lebih baik, silakan translate per beberapa baris kalimat yang singkat. Sayangnya, kalimatnya pun harus menggunakan susunan bahasa yang sederhana.

  7. yavirefa Reply

    blog bule ya, tertarik sih tapi apa daya bahasa inggris ane masih blepotan, grammarnya yang sulit menurut ane, penyedia translate pun seperti bing dan google masih berantakan,

  8. vincent Reply

    terima kasih, sangat bermanfaat 🙂

  9. Amrin Madolan Reply

    Bagaimana jika blog bahasa indonesia hasil copas di translate ke bahsa inggris, apakah masih terdeteksi sebagai artikel copas? mohon pencerahannya gan…!!!

    • Din Tok Post authorReply

      Tidak, tapi hal tersebut tidak semestinya Anda lakukan.

  10. anwariz Reply

    Sangat membantu.. Posting diatas memberikan pencerahan kepada pemula dalam bermain blog berbahasa inggris untuk meningkatkan penghasilan Adsense. Terimakasih

  11. prambudi Reply

    trima kasih mas, pengen nyoba terjun ke blog bhs inggris. Walaupun gak lancar, setidaknya punya modal lah.. hehe

    tanya mas, biasanya yang disukai visitor luar itu segi apanya ya?

  12. Sanji Vinsmoke Reply

    pengen gitu bikin blog bule, cuma belom ada modal buat beli jasa artikel dan cara ngembanginya belom terlalu bisa. Apa ada tips seo off page nya gan ?

  13. ajundi14 Reply

    Kebetulan sekarang saya lagi berusaha untuk membuat blog bahasa inggris. Dari dulu memang susah untuk dipraktekan. Jadi kita memang harus fokus terus. Nice share mas post nya

  14. nafarin Reply

    ane pengen nyoba ah bikin blog bule…sekalian mau dalamin bahasa inggris yang udah lama ane tinggalin sewaktu sma. hehehe…. tapi kayanya tantangannya berat yah (baca dari komentar sebelumnya). tapi keberhasilan yang besar itu kan perlu tantangan yang besar juga? tul gak?

  15. Chris Waters Reply

    Ini tips dari saya. Bahasa Inggris saya dulu juga blepotan dan pas-pasan. Singkat cerita saya dapat ide untuk merantau di Bali, selain bisa mendapatkan pengalaman baru saya yakin kalau Bali adalah tempat yang cocok untuk belajar Bahasa Inggris. Secara banyak bule-bule di sini. Pokoknya cari saja pekerjaan yang berhubungan dengan pariwisata, maka mau tidak mau anda harus meningkatkan skill Bahasa Inggris Anda. Dan yang paling penting Anda bisa mempraktekan setiap hari. Alhamdulillah setelah setahun di sini sekarang Bahasa Inggris saya sudah lumayan lancar karena banyak sekali tempat untuk belajar Bahasa Inggris di sini. Dan saya sudah mulai membangun blog saya dengan konten 100% Bahasa Inggris. Semoga dapat membantu. Terimakasih.

  16. habaportal.com Reply

    mantap sekali masukannya, makasih. saya rencana mau membuat sebuah blog bulek, tapi belum bisa bahsa inggris

  17. Deni Purnama Reply

    Yang menjadi kendala buat saya ya bahasanya, tidak mengerti, walau keinginan kuat tapi apa daya, adakah solusi membeli artikel english tanpa harus bsa bahasanya

  18. umaii Reply

    Gan ane bikin artikel bule, n udah sempurnain grammar x juga… plus nyari topik yg bagus,, tp pas dilihat dr statistik blog kan ada peta wilayah x, kok kebanyakan pengunjungx msh orang indo, bukan bule .. pdhl blog x pke artikel b.ing. kira2 apa mslhx gan. Apa karna ane pke blogspot. Atau ada pengaturan lain yang harus ane terapin di blog. Mohon pencerahanx mastah.

    • Din Tok Reply

      Pertanyaanya, sumber traffic blog Anda darimana? Jika visitor datang dari search engine mestinya geolokasi visitor relevan dengan bahasa konten blog Anda.

  19. umaii Reply

    Agan, blog bule ane grammar nya udh woke, topik x udah di cari yg bagus..tp pas dilihat di peta statistik, kok kebanyakan pengunjungnya malah orang indo.. salahnya dimana ya gan, mohon pencerahannya. Thx

  20. Sheila Reply

    Kalau targetnya orang luar itu gmana ya supaya blog kita terkenal di luar? nyepam di forum atau gmana ya? coz saya mau buat blog bule masih bingung mas.

    • Din Tok Reply

      Kalau targetnya visitor dari luar negeri tentu saja bahasa yang digunakan adalah bahasa internasional alias bahasa Inggris. Untuk jadi populer bisa ditempuh dengan cara memberikan konten berkualitas dan bermanfaat. Dan yang terpenting, hindari spam.

  21. Sukardi Reply

    makasih gan infonya, tapi ane binggung nulis artikelnya kan gak mahir bahasa inggris.

  22. Duniasatu.com Reply

    Harus punya waktu yang ekstra untuk blog inggris, karena tidak mudah mengolah kata2 nya,,,

    Semangat belajar

  23. ridlo Reply

    blog indo aja mikir keras,apa lagi blog bule. mikir extra banget,,

  24. mishbah Reply

    Mungkin kendala bahasa itu harus dikalahkan demi mendapat earning yang berkali-kali lipat ya, mas. Awalnya mungkin males, berat, capek. Tapi berikut-berikutnya mungkin lebih asik membangun blog berbahasa inggris ya, mas..

  25. Iman Reply

    biar bukan blog bule (blog indo) bisa gak dapat cpc tinggi?

  26. Uhendrayana Reply

    Minat sih bikin blog bule, cuman gak ngerti bahasa bule. .hehhe
    Tips yang menarik gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!