Tips Membangun Backlink Mudah dan Cepat Untuk Blog Baru

cara mendapatkan backlinkLink building merupakan salah satu bagian dari tahapan terpenting dalam proses pengoptimasian website maupun blog. Sebagaimana yang saya singgung dalam artikel cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas, bahwasannya setiap blog membutuhkan backlink untuk bisa bersaing dengan blog-blog lain.

Dalam membangun backlink, tentunya ada beberapa perlakuan berbeda antara membangun backlink untuk blog yang relatif sudah berusia dengan blog yang masih baru. Blog berusia dini sangat membutuhkan backlink, dan backlink-backlink tersebut lazimnya diarahkan ke halaman home/beranda untuk memperkuat eksistensi blog bersangkutan.

Link building sendiri merupakan salah satu rutinitas atau pekerjaan blogger yang cukup menyita waktu. Selain membuat artikel, menanam backlink adalah porsi pekerjaan blogger yang harus dilakukan penjadwalan agar program penanaman backlink dapat berjalan secara efektif dan tidak berjalan lamban.

Nah, dibawah ini merupakan konsep link building secara mudah, cepat, aman serta berkualitas untuk blog baru yang dapat Anda terapkan dalam upaya untuk mempresentasikan blog Anda pada search engine.

Membangun backlink dari forum online

Ada banyak sekali situs forum online untuk menanam backlink. Lakukan link building melalui forum online minimal untuk 10 situs. Beberapa situs forum online lokal yang dapat Anda manfaatkan, diantaranya:

  1. kaskus.co.id
  2. forum.viva.co.id
  3. forum.tribunnews.com/forum.php
  4. forum.detik.com
  5. forum.antaranews.com
  6. forum.inilah.com/forum.php
  7. warungkopi.okezone.com/home
  8. forum.kompas.com
  9. forum.republika.co.id/forum.php
  10. forum.inilah.com/forum.php

Menanam backlink dari situs .EDU

Domain berekstensi .EDU dapat mendongkrak posisi blog Anda di SERP. Carilah domain berekstensi .EDU kemudian tanamkan link blog Anda disana. Carilah artikel pada domain .edu yang membahas suatu topik yang dalam hal ini memiliki keterkaitan tema dengan blog Anda, kemudian tinggalkan komentar yang relevan.

*) Untuk menghemat waktu Anda, cukup lakukan blog commenting pada blog berekstensi .EDU sebanyak 10 situs/blog.

Menanam backlink dari blog beratribut DOFOLLOW

Dalam melakukan link building, sebaiknya–backlink-backlink tersebut bervariasi, yaitu backlink yang menggunakan atribut nofollow, dan backlink yang menggunakan atribut dofollow. Hal ini penting guna meminimalisir blog Anda disinyalir sebagai blog spam.

Info daftar blog dofollow dapat Anda cari melalui Google Search.

Menanam backlink dari situs social bookmark

Membangun backlink dari situs social bookmark adalah salah satu cara mendapatkan backlink yang sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu men-submit artikel Anda ke situ social bookmark, dan selain mendapatkan backlink blog Anda juga akan mendapatkan visitor dari situs social bookmark tersebut.

Baca artikel: Cara agar blog banyak pengunjung

Backlink dari situs social bookmark tergolong sebagai tipe backlink berkualitas, karena sifatnya yang satu arah (bukan reciprocal link).

Mendapatkan backlink dari situs social network

Seperti yang saya singgung pada artikel tips SEO dasar dan strategi SEO blog, backlink dari situs social network bereputasi tinggi, seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus amat bernilai. Google menggunakan sekian banyak indikator untuk memberikan level/peringkat suatu halaman blog di SERP, dan salah satunya adalah indikator tingkat kepopuleran blog bersangkutan di situs jejaring sosial.

Carilah teman sebanyak mungkin di situs jejaring sosial, baik itu di Twitter, Facebook ataupun di Google+, kemudian perkenalkan blog Anda ke teman-teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat halaman fans page kemudian men-submit artikel blog Anda dihalaman fans page tersebut.

Membangun backlink dari situs article directory

Cara lain untuk membangun backlin bagi blog baru adalah dengan memanfaatkan keberadaan situs article directory. Seiring dengan banyaknya konten di internet, dewasa ini ada sekian banyak website article directory yang dapat Anda jadikan sebagai media untuk membangun backlink.

Silakan submit artikel Anda ke ezinearticles.com, dan sejumlah situs article directory pagerank tinggi lainnya.

Membangun backlink dari reputable sites

Seperti yang saya jelaskan diatas, baik backlink dengan atribut nofollow maupun dofollow keduanya tetap memberikan nilai tambah jika backlink tersebut datang dari situs-situs yang memiliki reputasi tinggi. Lakukan link building dari website yang bereputasi tinggi, seperti YouTube, Yahoo, dll.

Untuk mendapatkan backlink dari YouTube, Anda cukup meng-upload sebuah video, lalu sertakan link blog Anda pada kolom Deskripsi Video.

Membangun backlink dari RSS directory

Mendapatkan backlink dari RSS directory termasuk salah satu metode link building yang cukup mudah, namun sebagian besar situs RSS directory mewajibkan membernya untuk memasang reciprocal link. Carilah daftar situs RSS directory yang tidak mengharuskan membernya untuk memasang reciprocal link agar backlink yang didapat bersifat satu arah (backlink berkualitas).

Membangun backlink melalui anchor text dalam satu blog

Link building juga dapat dilakukan dalam satu blog. Semakin banyak artikel di blog Anda, dengan sendirinya backlink blog akan bertambah apabila Anda menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya (anchor text).

Demikian teknik membangun backlink untuk blog baru secara mudah, dan cepat, semoga bermanfaat. Sebagai tambahan, link bulding yang baik adalah link building yang dilakukan secara natural serta berkelanjutan.

Hosting Terbaik Indonesia

181 comments

  1. Peri Apontus Berutu Reply

    Gan, saya baru mendaftarkan blog baru tadi pagi. Lalu, berapa backlink yang ditanam yang cocok untuk blog baru per harinya?

    • Din Tok Post authorReply

      Untuk blog yang baru berusia beberapa hari sebaiknya fokus ke pembuatan artikel dulu.

  2. Farid Reply

    makasih gan infonya,..
    dapet ilmu baru buat blogwalking kmna-kmanya..

  3. ipankint Reply

    Emm, mau tanya sedikit nih.. Hehee
    Sekarang udah banyak yang nyaranin buat enggak submit ke site direktori.
    Di posting ini juga tidak dicantumkan, berarti memang sudah tidak disarankan.
    Memang seburuk apa efeknya kalo tetap aja submit ke website direktori?
    Terima kasih sebelumnya.. πŸ˜€

  4. M. Rudianto Reply

    untuk backlink dari sosial media seperti facebook dan twitter, saya rasa tidak terlalu penting, karena google saat ini tidak mengakui keduanya. Google saat ini lebih menyukai backlink dari google+….

  5. amiend Reply

    makasih mas ini sangat bermanfaat bagi saya yang belum mengerti tentang ini.

    • Din Tok Post authorReply

      Kalau mau jujur, sebenarnya tidak ada hosting murah tapi berkualitas. Sebagai referensi, berikut ini beberapa provider hosting Indonesia terpopuler yang bisa Anda petimbangkan:

      rumahweb.com
      indowebsite.net (hosting bloggerlamongan.com)
      masterweb.net
      qwords.com

  6. HARYONO Reply

    sebenarnya saya itu masih awam dalam pembuatan website, akan tetapi ingin sekali membuat web wordpress. saya sudah mempunyai web tapi masih menggunakan yang gratisan (wordpress.com) seandainya saya nanti menyewa hosting indowebsite.net apakah pihak hosting nantinya mau menuntun saya dalam pembuatan web sampai selesai?

    • Din Tok Post authorReply

      Mohon maaf, saya tidak punya rekan penyedia jasa backlink yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda. Membangun backlink harus terlihat natural, dan dalam kebanyakan kasus memilih jasa backlink murah cukup riskan. Sebaiknya Anda membangun backlink secara manual seperti yang dijelaskan pada artikel diatas.

  7. basri Reply

    jadi tahu nih step-step membangun link untuk blog baru πŸ™‚

  8. Paling Ngetop Reply

    Saya sendiri biasanya pakai metode berkomentar di blog orang lain, tanpa melihat apakah dofollow atau nofollow. Selain itu, Saya juga pakai media sosial dan membuat artikel berkualitas dengan menggunakan blog pendukung di berbagai platform. Sebagian yang lain menyebutnya blog dummy, tapi Saya ogah mengatakan blog bodoh, karena Saya nulisnya sambil mikir dan tidak asal-asalan. He..

  9. Tili Reply

    Thanks atas sharing info nya gan, ane mau ke situs-situs itu untuk nancepin back link supaya web ane bisa mejeng di pejwan πŸ™‚

  10. yandi Reply

    wow keren banget nih tipsnya lengkap sekali, terima kasih sudah berbagi

  11. StefZero Reply

    Ane masih newbie gan di blog. Infony penting bgt bwt ane, thx bgt gan

  12. ZEIN blog Reply

    Makasi gan pencerahanya..ane blogger baru gan. Jadi backlink perlu bnget..

  13. hafiz Reply

    kalau dengan berkomentar itu apakah selalu mendapat backlink ngga ya gan?

  14. HARYONO Reply

    mendapat backlink dari berkomentar itu porsinya besar ga ya gan, dimata google?

    • Din Tok Post authorReply

      Bergantung pada sejumlah faktor, mulai tingkat relevansi, kualitas blog bersangkutan, pagerank laman tempat Anda meninggalkan backlink, dll.

  15. Adhepedia Reply

    Ini yang kadang membuat ane males, karena memang butuh waktu dan keuletan…

  16. Frenky Reply

    Sudah 2 tahun nge-blog, page rank blog ane susah nambah (x_x), harus lebih rajin2 taruh backlink nih, nice tips masbro b(^_^)d

    • Din Tok Post authorReply

      Backlink itu hanya sebagai penunjang, tentu saja artikel adalah yang terpenting.

  17. Ari Reply

    wah dapet pelajaran baru nih , saya masih pemula nih , sangan membantu , thanks gan

  18. Tan Pah Kaa Reply

    Salam…
    Mantab, Mas untuk panduan yang dishare pada artikel ini. Mudah-2 bisa istiqomah untuk hunting backlink!

    Terimaksih

  19. Rental Elf Reply

    masih agak bingung,, dlm hal backlink,, kadang baru2 ini saya lihat,, blog baru tanpa backlink bisa nembus lapisan blog yg sudah lama ,, pusing

  20. endang syach Reply

    Ilmunya sangat bermanfaat bnget buat saya yang baru belajar blog…thanks ilmunya gan

  21. Vongola-F Reply

    dengan cara mengomentari postingan ini pula dapat menambah backlink bukan?

  22. zamzam Reply

    susah banget gan nyari situs edu :/ apa ada sedikit bocoran gan link2 situs edu ??

  23. diki Reply

    sekarang blog susah untuk komen… apLagi yg diforum2x

  24. desy Reply

    Terima kasih tipsnya untuk mebangun backlink. Ini sangat membantu mendapatkan backlink dengan mudah dan cepat terutama untuk blog baru. Sangat bermanfaat πŸ™‚

  25. Sinta Yani Reply

    Setelah membangun backlink di berbagai situs di atas, apakah kita harus langsung ping gan? Kata temenku, hal itu berdampak pada indexnya. Aku masih bingung soal ini. Mohon penjelasannya.

  26. Iswandi Reply

    kalau untuk backlink komentar sehari nanamnya berapa ? toko onlineku kok sudah 2 bulan lebih DA PA nya gak naik2 padahal sudah diberi backlink terus tiap hari

  27. mutho Reply

    Ma’af mau tanya, apa fanpage facebook juga bisa dioptimasi dg cara diberi backlink dari blogcomment?

  28. elbrandika.asia Reply

    nice artikelcocok buat saya kaka yang sedang membangun blog dalam kategori pemula, sangat bermanfaat menambah wawasan saya. trims kaka

  29. SHAFY Reply

    Terima kasih infonya gan, lagi banyak belajar tentang back link nih. dan pinginnya yang natural

  30. Mas Bro Reply

    Keren2, banyak juga tips backlinknya, baru tau nih ilmu ginian, trims, salam kenal…

  31. Pujo Reply

    Mas admin, tanya penting bgt, gimana cara buat link ancor text di forum detik dan forum.kompas.com…? Please

  32. Mukhofas Al Fikri Reply

    kalo kita mengadakan kontes/giveaway yang mana peserta harus memberikan link sumber giveawaynya?

    apakah ini salah satu mendapatkan backlink berkualitas bagus? bagaimana dengan pendapat Anda?

  33. membuat.net Reply

    Saya masih bingung dengan backlink ini mas, tapi sebisa mungkin saya akan coba mencari. Tapi saya lihat dari berbagai blog, backlink ini sudah tidak berpengaruh lagi? APakah benar mas?

    • Din Tok Post authorReply

      Google menggunakan >200 indikator dalam proses pemeringkatan, dan salah satunya adalah backlink. Kalau ada yang beranggapan backlink tidak lagi dibutuhkan, sepertinya opini tersebut salah karena dalam algoritma Google setiap website membutuhkan nilai “vote” yang tidak lain didapat dari backlink. Hanya saja banyak dari sahabat-sahabat blogger yang kurang memperhatikan perihal backlink berkualitas dan tidak berkualitas. Sebagian sahabat blogger justru lebih terfokus untuk link building dalam jumlah yang banyak tanpa memperdulikan kualitas, alhasil backlink-backlink tersebut tidak memberi dampak apapun, bahkan tidak sedikit yang terjerat penalty.

  34. Alif Hidayat Reply

    Saya pernah baca mengenai cara untuk menanam baclink secara cepat, jadi memakai semacam tool begitu… kalau yang seperti itu bagaimana? apa menyalahi aturan?

  35. Muslih Reply

    harus di coba dan dicoba nih gan terutama buat nubie seperti ane,,,,

  36. solih Reply

    tolong bantu gan,,
    kalau nanam backlink di blog dummy itu termasuk berkualitas atau tidak ?

  37. Mawar Reply

    cara mengetahui sebuah situs dofollow atau nofollow gimana ?

  38. asep Reply

    bermanfaat sekali mas buat saya yg baru beljar ngeblok….

  39. Syah Reply

    hadeuh,,, nyari yg dofollow susah sekali mas,,, yg nyari banyak,, ketersediaanya yg sulit hehehe giliran ada ,, ga nyediain kolom komentar

  40. ilham sblog Reply

    wah mantap ini mas bisa menambah refrensi saya dan mencari backlink karena web/blog saya masih belum memiliki backlink yang banyak

  41. bumusik.com Reply

    bagi pemula seperti saya sangatlah susah untuk mencari backlink, karena belum tau teknik mencari backlink itu bagaimana agar mendapat backlink yang berkualitas

  42. Denologi Reply

    Wah kebetulan saya sedang belajar cara menanam backlink dengan baik dan benar. setelah membaca artikel tips membangun backlink dengan mudah dan cepat untuk blog baru ini saya jadi semangat untuk menanam backlink buat blog baru saya.

    Sedikit pertanyaan bagaimana cara menanam backlink pada situs media sosial seperti facebook, twitter dll dengan benar agar backlink tersebut berkualitas? terimakasih πŸ™‚

  43. ahmad Reply

    Mudah”an setelah membaca artikel ini saya bisa menerapkannya diblog saya,terimakasih gan infonya.

  44. Bagas Reply

    Penjelasan yang sangat lengkap dan detail, semoga setelah mempraktekkan ini bisa jadi page one google #amiin πŸ˜€

  45. mona Reply

    sangat bermanfaat , mohon untuk infokan list webnya juga kan

  46. azka Reply

    thanks gan infonya, mau coba dulu yg forum. Btw apa gak dianggap spam ya gan

  47. Eko Reply

    Thanks gan…info yang sangat bermanfaat…mohon ijin untuk langsung saya coba

  48. ambar Reply

    Kalo mau nambah baclink gimana sih kak yang cepet, kata temen suruh baclinknya banyak biar webnya di posisi 1 google, susah yah belajar beginian, bisa bantu banyakain backlink kewebku gak kak

  49. liquitforz Reply

    terimakasih, maucabalah tpi itu dilakukan secara manual atau mungkin ada dengan cara lain? kalo make cara jasa backlink apa ada dampak negatif apa lebih menguntungkanya? mohon pencerahan teman2

  50. Meisa Reply

    cara nanam backlink di forum kompas gimana ya gan? saya sudah login, tapi tidak ada opsi buat menanam link nya.

    terima kasih

  51. muezaa Reply

    masih belajar banyak tentang backlink
    Sangat bermanfaat gan thanks

  52. cak odiq Reply

    makasih gan atas informasinya.. menambah penegtahuan dan inspirasi biar lebih maju lagi dalam urusan blog..ngeblog…hehehehe..

  53. Nyari Tau Reply

    Thanks infonya gan, tapi ada beberapa article buat submition udah down server gan πŸ™

  54. Tekno Reply

    Alhamdulillah… belajar banyak dari blog ini. Terima kasih suhu

  55. Talita Reply

    Dpt info dari mastah2 berburu backling dari blog edu skrg mulai susah karena spam. Hrs disiasati brgkali biar gurih lagi kyk dulu. Kalo berkenan mohon admin bikin post ttg ini. Trims

  56. azis Reply

    terimakasih infonya min,, sangat membantu saya yang masih newby

  57. mutaz Reply

    thx info nya gan, semoga bermanfaat buat saya yang memiliki website masih baru…

  58. Laura Shytia Reply

    Min mau tanya, boleh kan, situs online itu backlink-nya dofollo apa nofollo, maklum baru belajar ngeblog. Makasih sebelumnya

  59. Citra Reply

    Terima kasih banyak gan…atas infonya sangat membantu sekali..

  60. munthul Reply

    Saya masih bingung dengan backlink ini mas, tapi sebisa mungkin saya akan coba mencari.

  61. Gio Reply

    Nice info gan sangat membantu untuk cari backlink kebetulan saya jga baru belajar dengan hal ini

  62. AnekaVaria Reply

    makasih infonya gan.. tips membangun backlink cukup memberikan pencerahan bagi saya yang blognya masih baru.. happy bloging.. salam sukses

  63. caradailku Reply

    Menanam backlink dari situs .EDU
    Maaf kami minta rekomendasi dari situs edu untuk backlink..
    Terimakasih banget rekomendasinya dari mas..

  64. Silla Reply

    Saya Masih Bingung Tentang Hal Ini ..
    Apakah google sekarang masih berpihak kepada backlink atau kualitas website ya min ..
    mohon info dan pencerahan nya min

  65. moel Reply

    Trimakasih atas info-nya, ini sangat bermanfaat bagi saya yg masih pemula.
    Salam sukses

  66. Atik Reply

    Oohhh, ternyata ngeblog itu rumit dan njlimet sekali.. harus gini, harus gitu, terlalu banyak jalan agar blognya jadi maju. Terima kasih mas atas artikelnya.

  67. Angga Reply

    Mau tanya . Kalo untuk pemula . Berapa sih minimal artikel yang harus di buat? Sampe bisa di promosikan ?

  68. Lini Fokus Reply

    Ijin belajar soal backlink.. ada tips untuk mnemukan alamat blog yang dofollow gak om?

  69. reza ananda Reply

    informasinya sangat lengkap gan menanam backlink tidak mudah ya gan kalau mendapatkan 3 sampai 4 itu bisa mendongkrak posisi SERP gan?

  70. ulakgutul Reply

    Saya masih bingung dengan backlink ini mas, tapi sebisa mungkin saya akan coba mencari.

  71. arah.com Reply

    Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapat backlink, tapi memang salahsatu yang termudah adalah Backlink Comment, karena kalo menurut pembaca komen tersebut bermanfaat pastinya akan penasaran dan akhirnya berkunjung ke web komentator.

    thanks artikelnya sangat bermanfaat, silahkan mampir dimari gan

  72. Sangpejuangblog Reply

    Hi admin,

    Ada beberapa pertanyaan dari saya:
    1. Membangun sebuah backlink untuk blog baru membutuhkan usia blog brp bulan?
    Apakah dengan usia 1 bulan sudah bisa dikatakan cukup untuk membangun sebuah backlink?

    2. Apakah ada pembatasan jumlah artikel, untuk mulai membangun backlink? (Baru 9-10 pos)

    3. Jika sudah menanam link di beberapa forum online, biasanya membutuhkan berapa lama backlink akan bekerja (work)?

    Demikian,
    Atas waktu luang membaca dan membalas komentar saya ucapkan terima kasih.

  73. wulan Reply

    om,,mau tanya apakan cara ini masih berlaku di awal tahun 2017 ini,Efek dari backlink saat ini masih ampuhkah untuk mendongkrak blog utama kita selain dari artikel atau juga konten,mohon pencerahan nya om,terima kasih artikelnya sangat berguna sekali

    • Din Tok Reply

      Secara teori backlink tetap dibutuhkan, tapi yang perlu jadi catatan adalah kualitas/relevansi dari backlink itu sendiri karena tidak semua backlink itu baik untuk SEO. Kemudian, terkait dengan link building ini sepertinya tidak jarang diantara sahabat blogger yang kurang memperhatikan terhadap kualitas konten padahal konten adalah poin terpenting dari segala macam bentuk teknik optimasi. Backlink pada dasarnya hanya sebagai unsur penunjang.

  74. disitu Reply

    Terima kasih Admin untuk artikel yang bermanfaat. saya memang sedang belajar mengenai seo dan how to nya untuk pengembangan seo di website. apabila ada advice atau suggest boleh untuk diemail kesaya.

    Thx b4

  75. ridlo Reply

    mau tanya min, kalo membuat backlink yang baik apa harus setiap artikel punya backlink tersendiri atau cukup nama blog saja..?

  76. Tahirra Qariem Reply

    Buat admin bagaimanapun saya perlu mengucapkan banyak terimakasih atas kesdianya untuk membagikan ilmunya disini..Salam sukses Di tunggu kunjungan baliknya min !!!

  77. Febryan Ari Rusda Reply

    Mau tanya gan..jika sebuah blog / website yang kita tanami backlink itu ternyata kualitasnya kurang baik, apakah berpengaruh terhadap index maupun seo dari web kita?

    mohon pencerahannya mas…

  78. Adya Razan Reply

    Wah bermanfaat sekali gan artikelnya, menambah ilmu nih. Saya baru belajar links building

  79. ardy Reply

    Tidak seperti membuat artikelnya. Menanam backlink juga perlu kerja keras dan penuh sabar

  80. Ratna Silvi Reply

    Wah, sangat berguna artikelnya. Backlink juga nyawa dari suatu blog. Tanpa backlink, ya apa jadinya. Walaupun untuk membangun banklink, sama beratnya dengan membangun blok. Ya, satu-satu panduan adalah sabar dan sabar disertai ketekunan. Walaupun berat, ya harus dijalankan jika kita ingin sukses. Itu kira-kira simpulan saya. Terima kasih atas panduannya.

  81. budi satrio Reply

    Maaf mas saya mau bertanya.
    Bagaimana kita mengetahui apakah itu backlink dofollow atau backlink nofollow?
    trimakasih mas

  82. Rin Reply

    untuk point ‘Membangun backlink melalui anchor text dalam satu blog’ itu gimana ya gan?
    maaf newbie πŸ™‚

  83. Fadil Reply

    gan ane kok ngebacklink di facebook selalu kena banned ya?
    ada solusinya ga ya?

  84. Zafram Reply

    oh ya mas sayakan masih pemula blog saya masih memakai blogspot apakah tetap bisa backlink makasih mas atas infonya kalo sempat periksa blog ane yo mas udah bener apa belum hehehe

  85. Indowebtravel Reply

    Terkadang susahnya adalah konsistensi untuk membangun backlink. kadang banyak malasnya. kira2 gmana ya biar motivasinya ada terus.

  86. Benni Sobari Reply

    bagi pemula seperti saya sangatlah susah untuk mencari backlink, karena belum tau teknik mencari backlink itu bagaimana agar mendapat backlink yang berkualitas

  87. Benni Sobari Reply

    ingin tahu dong min cara membuat backling itu bagai mana,tolong minta penjelasannya dong?

  88. Farid Husni Reply

    Sangat bermanfaat sekali artikelnya gan, kebetulan lagi bikin website nih.
    Sukses selalu dan lancar rejeki karena mau berbagi ilmu

  89. Nordy Reply

    Lengkap banget nih gan penjelasannya, mudah dipelajari pemula seperti ane..
    Terima kasih sudah berbagi..

  90. fendra Reply

    jadi sedikit paham sama backlink karena artikel ini
    makasih kang ,maklum ane masih newbe

  91. Amir Syarifuddin Reply

    Sangat bermanfaat dalam membangun sebuah backlink yang berkualitas, mungkin bisa di kasih tambahan cara memperoleh backlink dari pihak .edu mas, soalnya kebanyakan domain seperti itu jarang memberikan fitur komentar. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!