Tips Hasilkan Ribuan Dollar Dari Blog Secara Nyata

Tips Hasilkan Ribuan Dollar Dari Blog Secara NyataINTRODUKSI

Blogging merupakan cara pintar untuk mendapatkan penghasilan secara online tanpa modal finansial berarti. Hanya berbekal komputer dan koneksi internet, Anda dimungkinkan untuk mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan dalam jumlah yang besar. Manfaatkan waktu penuh atau luang Anda untuk mendapatkan rizki dari internet secara nyata. Anda dapat memulainya sekarang!

Mendapatkan penghasilan dari rutinitas ngeblog sejatinya sangat realistis meskipun faktanya memang cukup banyak yang menuai kegagalan. Taukah Anda apa yang menyebabkan kegagalan mereka? Mereka menginginkan sesuatu yang besar terlalu cepat, sementara mereka tidak cukup mungkin untuk mengerjakan banyak hal secara cepat. Alhasil, mereka gagal mewujudkan espektasi.

Blogging tidak ubahnya Anda membangun bisnis secara offline. Anda butuh waktu dan proses untuk bisa menghasilkan keuntungan. Blogging adalah sebuah aktivitas berjangka panjang dimana yang perlu dilakukan adalah menginvestasikan waktu, tenaga, dan membuat konten bermanfaat yang Anda kemas dalam bentuk tulisan. Ini harus berjalan secara natural, dan konsistensi Anda akan menjadi ukuran hasil akhir yang nantinya akan Anda peroleh.

Diawal memulai blogging, banyak yang tidak saya ketahui. Rasa pesimisme juga tidak jarang bermain dipikiran, terlebih lagi ketika melihat seorang expert yang ternyata belum juga mampu menghasilkan uang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu yang dibarengi proses membangun kepekaan, akhirnya semua terkuak dengan jelas. Mengapa mereka yang sudah lama ngeblog masih belum bisa mendapatkan profit, mengapa ada salah satu blog dengan trafik yang sangat ramai dari blog-blog pada umumnya, dan sejumlah pertanyaan terkait lainnya akhirnya terjawab.

Apapun yang saat ini tidak Anda ketahui, dan apapun yang saat ini masih menjadi pertanyaan besar Anda, bebaskan diri Anda darinya. Yang benar-benar perlu jadi catatan adalah sejauh mana Anda mencintai blogging karena ini akan menjadi barometer kesuksesan Anda dalam ngeblog dimasa mendatang. Apakah Anda suka bekerja keras, apakah Anda suka menulis, apakah Anda bisa menjaga konsistensi? Inilah poin-poin penting yang perlu Anda pertanyakan kepada diri Anda.

PERJALANAN NGEBLOG SAYA

Saya mulai mengawali ngeblog pada pertengahan 2011. Saya tidak memiliki pondasi ngeblog sama sekali. Pun tidak ada teman untuk saya bertanya-jawab secara langsung terkait lingkup blogging. Yang saya punya pada saat itu hanya satu, yaitu ketertarikan. Ketertarikan ini muncul dari keseharian saya yang banyak berhadapan dengan komputer yang kala itu saya bahkan belum memiliki koneksi internet.

Berbekal modem Smartfren dengan kecepatan akses 64 kbps akhirnya saya bisa terhubung ke jaringan internet, dan dari sinilah saya mulai sering berselancar di internet. Menyadari sering menggunakan internet namun tidak ada satu hal berarti yang saya lakukan saat online kecuali membaca berita, maka saya mulai berpikir “apa yang bisa saya dapatkan dengan adanya fasilitas internet ini?”. Akhirnya, saya menemukan sebuah jawaban. Blogging, ya.. dengan blogging saya bisa mendapat profit.

Setelah pikiran saya tertuju pada blogging, selanjutnya saya banyak membaca tentang hirup-tikup blog dan ngeblog. Tidak lama kemudian, saya membuat blog pertama saya menggunakan platform blog gratisan Blogger.com atau yang juga cukup familiar dengan nama Blogspot. Blogspot pertama saya akhirnya mengorbit.

Apa yang saya lakukan setelah membuat blog?

Seperti yang dilakukan orang (blogger) pada umumnya, saya mulai memposting artikel, sambil terus belajar lebih lanjut tentang blog. Waktu demi waktu saya luangkan untuk mempelajari ilmu ngeblog sambil terus memposting artikel. Seiring bertambahnya pengetahuan dan usia ngeblog yang sudah berbulan-bulan, akhirnya saya memahami apa yang salah dengan apa yang saya kerjakan selama kurun waktu sekitar tiga bulan tesebut, sebagai berikut:

1. Menulis artikel hanya untuk tujuan posting; ini adalah sebuah kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh blogger pemula, dan saya salah satunya. Dalam blogging, kita tidak boleh hanya terfokus untuk memposting artikel, tetapi artikel tersebut juga harus memberikan nilai manfaat kepada orang lain (yang membacanya).

2. Tidak memperhatikan pentingnya menghargai hak cipta; sebagian besar beragam jenis file di internet memiliki hak cipta, seperti halnya gambar. Menggunakan gambar bermaterikan hak cipta dengan mekanisme pengambilan yang salah adalah sebuah pelanggaran, dan ini dapat merusak masa depan blog.

3. Memaksakan untuk sesegera mungkin mendapatkan kunjungan; beragam metode saya terapkan guna mendapatkan trafik secara cepat, mulai link building secara berlebihan, keyword stuffing (memasukkan kata kunci secara berlebihan), hingga bot traffic (trafik buatan).

Proses Pembenahan

Setelah memahami apa yang harus dilakukan dan yang harus ditiadakan, kemudian saya mulai melakukan proses perbaikan pada blog saya. Ini terus saya lakukan hingga akhirnya blog tersebut berhasil mendatangkan pengunjung unik dari mesin pencari. Ini adalah sebuah momentum untuk saya mewujudkan mimpi menghasilkan uang dari blog.

Merasa belum puas dengan pencapaian yang saya raih, baik dari sisi volume trafik maupun teknik optimasi, saya pun terus belajar dan mulai mencoba menganalisa sendiri apa sesungguhnya yang harus dimiliki sebuah blog hingga blog tersebut bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang cukup banyak. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata banyak pelajaran baru yang saya dapat hingga akhirnya saya benar-benar siap untuk memonetisasi blog saya.

CARA MENGHASILKAN RIBUAN DOLLAR DARI BLOG

Bagian ini yang paling Anda tunggu, bukan? Belajar dari pengalaman dan lika-liku perjalanan ngeblog saya, akhirnya saya bisa memberikan sebuah gambaran nyata apa yang harus Anda lakukan untuk bisa menghasilkan ribuan dollar dari blog, bahkan dengan menggunakan blog gratisan sekalipun. Berikut saya rangkum secara ringkas yang InsyaAllah padat persiapan dan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan untuk bisa menghasilkan ribuan dollar per bulan dari blog Anda:

1. Tentukan platform blog Anda
Ada beberapa platform blog gratisan yang bisa Anda pilih selain dengan memilih membuat blog self hosting yang tentunya mengharuskan Anda untuk menyewa hosting dan membeli nama domain. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan platform blog gratisan, pilihlah Blogger.com karena platform ini memberikan Anda hak akses penuh untuk mengelolahnya, termasuk untuk memonetisasinya.

2. Buatlah tiga blog sesuai bidang keahilan atau obsesi Anda
Membuat lebih dari satu blog bertujuan untuk mendapatkan pelajaran berharga dari studi kasus yang Anda jumpai dari masing-masing blog. Selain itu, hal tersebut juga bertujuan untuk memaksimalkan volume trafik.

Hindari membuat blog dengan tema diluar bidang yang Anda kuasai. Ini akan menyulitkan Anda dimasa-masa mendatang dimana produktivitas Anda akan bermasalah. Setidaknya, tema blog Anda harus berdasarkan obsesi Anda.

3. Daftarkan Blog Anda Ke Mesin Pencari
Perkenalkan blog Anda kepada mesin pencari sehingga blog baru Anda akan segera di index oleh mesin pencari bersangkutan. Ada banyak sekali mesin pencari di internet, namun fokus Anda cukup tertuju pada Google dan Bing karena kedua mesin pencari inilah yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dimanapun.

Daftarkan ketiga blog Anda ke Google dan Bing. Kemudian, submit peta situs blog Anda ke kedua mesin pencari tersebut untuk memudahkan keduanya merayapi seluruh konten yang ada di blog Anda. Dengan demikian, artikel yang Anda terbitkan akan lebih mudah di index.

4. Produksi artikel berkualitas
Ini merupakan salah satu poin terpenting yang harus Anda lakukan secara berkelanjutan. Adalah sebuah kesalahan ketika Anda menghasilkan artikel-artikel berkualitas hanya diawal-awal saja. Postinglah artikel berkualitas secara berkelanjutan guna bisa menghasilkan uang dari blog Anda.

Seperti apakah artikel berkualitas itu?

Artikel berkualitas di blog dicirikan oleh sejumlah hal sebagai berikut:

  • Padat
  • Bermanfaat bagi pembaca
  • Memiliki judul yang deskriptif (SEO friendly)
  • Tidak mengulang-ulang kata kunci secara berlebihan
  • Unik (bukan hasil copy-paste)

5. Menjaga frekuensi posting artikel
Untuk blog baru, menjaga frekuensi posting artikel sangat penting. Selain bertujuan untuk memadati blog dengan konten-konten berkualitas, menjaga frekuensi posting artikel juga dimaksudkan untuk meningkatkan frekuensi crawl (perayapan) oleh spider bot mesin pencari pada blog Anda.

6. Lakukan link building secara natural
Jika blog Anda sudah berisikan beberapa artikel, Anda dapat memulai link building untuk meningkatkan ranking blog Anda di hasil penelusuran mesin pencari. Lakukan link building secara natural dan tidak berlebihan karena hal ini sangat memungkinkan blog Anda akan terkena penalty (hukuman) dari mesin pencari berdasarkan analisis algoritma mesin pencari tersebut.

Ciri-ciri backlink berkualitas diantaranya adalah relevan, backlink didapat dari situs yang memiliki authority tinggi, dan bukan berupa backlink yang didapat dari situs yang memuat konten pornografi.

7. Jangan pikirkan trafik
Perlu jadi catatan, selama rentang waktu kurang dari tiga bulan, jangan berpikir soal trafik atau pengunjung. Fokuslah menulis artikel berkualitas, setelah beberapa bulan kemudian yang lazimnya artikel di blog Anda sudah relatif padat, dengan sendirinya blog Anda akan didatangi pengunjung dari mesin pencari.

8. Periksa kesehatan blog Anda
Gunakan Google Search Console atau yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools untuk mencari tahu celah pada blog Anda. Pastikan tidak ada broken link, duplicate title, atau bentuk-bentuk masalah lainnya. Google Search Console merupakan tool gratis yang sangat berguna untuk mengamati performa serta masalah pada blog Anda.

9. Mengkonversi trafik menjadi dollar
Setelah Anda melewati fase demi fase seperti sudah dijelaskan, maka saya yakin saat ini blog Anda sudah memiliki trafik yang cukup untuk mulai menghasilkan uang. Langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah memilih model monetisasi untuk blog Anda. Anda dapat memilih model menetisasi dengan menjadi publisher iklan berbasis Pay Per Click (PPC), Cost Per Mile (CPM) atau Cost Per Action (CPA).

Bergantung pada volume trafik dan sejumlah hal terkait lainnya, saya merekomendasikan Anda untuk menjadi publisher iklan berbasis PPC. Adapun iklan PPC yang saat ini menjadi rujukan banyak blogger adalah Google AdSense (GA).

Silakan daftarkan salah satu dari ketiga blog Anda ke GA. Pilihlah blog yang paling memenuhi kriteria GA untuk Anda daftarkan. Selanjutnya, Anda dapat memasang iklan GA disemua blog milik Anda tanpa harus mendaftarkan satu per satu ketiga blog Anda.

10. Memasang iklan di blog
Setelah aplikasi Anda di approve oleh Google untuk menjadi publisher GA, silakan pasang iklan GA di blog Anda dengan mengikuti TOS yang sudah ditentukan oleh pihak Google. Atas alasan apapun, jangan pernah melanggar TOS Google karena pada akhirnya hal ini akan merugikan Anda sendiri.

Tempatkan maksimal tiga unit iklan konten, dan maksimal tiga unit iklan link pada setiap laman blog. Jangan dibiarkan begitu saja, amati kinerja iklan GA di blog Anda. Lakukan perubahan seperlunya untuk memaksimalkan revenue meliputi tata letak, ukuran iklan, hingga layout blog Anda.

11. Tetap fokus menulis
Tingkatkan volume trafik blog dengan terus menulis. Seiring dengan terus bertambahnya konten, maka idealnya blog Anda akan semakin ramai pengunjung dimana volume trafik merupakan salah satu barometer pokok seberapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dari blog Anda.

Bisakah saya menghasilkan ribuan dollar per bulan?

Berikut estimasi yang saya sederhanakan untuk menjawab pertanyaan Anda:

Anda memiliki tiga buah blog, dan masing-masing blog memiliki trafik kunjungan 5.000/hari dengan total laman tampil (page view) untuk ketiga blog tersebut sebanyak 30.000 kali tampil, maka estimasi kalkulasinya adalah sebagai berikut:

Page view iklan/hari: 30.000
Rasio klik-tayang iklan/hari: 1.5%
Harga per klik iklan: $0.08

30.000 – 1.5% = 450 x 0.08 = $36 x 30 = $1,080

Catatan:
Iklan berbasis kontekstual seperti GA memiliki harga per klik yang berbeda-beda, namun demikian setidaknya ada tiga indikator untuk mengukur mahal-murahnya klik iklan kontekstual disebuah blog, yakni mutu artikel, kata kunci, dan geografis pengeklik iklan.

12. Adakah alternatif monetisasi selain GA?
Seperti dijelaskan diatas, GA hanya satu dari kesekian banyak bentuk monetisasi blog. Selain dengan menjadi publisher iklan PPC seperti GA, Anda juga bisa memilih opsi lainnya seperti memasang iklan mandiri, mengikuti program afiliasi (harus berkaitan dengan tema blog Anda), dan lain sebagainya.

Demikian, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan pertanyaan Anda. Happy Blogging 🙂

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Dee Reply

    Mas, untuk mendapatkan penghasilan diatas tersebut blognya sebaiknya berbahasa indonesia atau inggris?

    Terima kasih artikelnya bermanfaat sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!