Tips Agar Bisa Posting Artikel Secara Konsisten

tips menulis artikel secara konsistenSalah satu kendala yang dialami blogger pada umumnya adalah bagaimana bisa menulis dan memposting artikel secara konsisten. Ya, pekerjaan ini memang tidak mudah. Dibutuhkan perencanaan serta program menulis yang baik sehingga kita tetap bisa mengupdate blog sebagaimana mestinya.

Pada momen-momen tertentu biasanya kita akan sangat mudah dan memiliki motivasi yang cukup untuk dapat memposting artikel, namun pada momen-momen lainnya kita juga seolah merasa memiliki beban yang cukup berat untuk merawat serta mengembangkan apa yang sudah kita buat dengan segenap tenaga dan pikiran.

Seperti yang sering saya singgung melalui sejumlah artikel, ngeblog memang membutuhkan konsistensi dan minat yang tinggi, tanpanya kita tidak akan bisa bertahan. Setelah berhasil menulis artikel diangka ribuan, biasanya kita akan mengalami kejenuhan. Kemudian, kita akan mulai membiasakan diri absen menulis.

Baca juga: Tips menulis artikel sesuai standar SEO

Jika hal tersebut dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan kejenuhan tersebut akan berlanjut untuk jangka waktu yang panjang. Ini adalah sebuah kerugian, dimana apa yang sudah kita bangun berpotensi terhenti dijalan dan kita pun tidak akan bisa menikmati kerja keras kita selama ini.

Guna memastikan Anda tetap bisa menulis dan memposting artikel secara konsisten, tips dibawah ini mungkin berguna bagi sahabat pembaca.

1. Buat Jadwal Menulis

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat program penjadwalan. Misalkan dalam sepekan Anda menargetkan 4 artikel, maka usahakan Anda tetap menulis setiap hari. Kemudian, sempurnakan artikel yang sudah Anda tulis saat tiba jadwal publikasi artikel tersebut. Ini akan mempermudah Anda, karena Anda sudah mempersiapkannya dari awal

2. Persiapkan Ide Artikel Dari Awal

Salah satu penyebab blogger absen menulis tidak lain adalah dikarenakan belum memiliki ide artikel apa yang akan ditulisnya. Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya Anda mempersiapkan ide penulisan artikel sebelum memasuki jadwal posting. Adapun ide dapat dikembangkan dari artikel-artikel yang sudah terpublikasikan di blog Anda atau dengan cara mengembangkan topik pembahasan blog Anda.

Baca juga: Tips mencari ide posting artikel

3. Pertimbangkan Kesegaran Fisik Anda

Otak dapat bekerja secara maksimal manakala fisik dalam kondisi fresh atau setidaknya tidak sedang mengalami kepenatan. Jika Anda dalam kondisi kelelahan atau kurang fit, ada baiknya Anda istrirahat terlebih dulu baru kemudian menulis artikel, karena Anda tidak bisa memaksakan diri untuk tetap bekerja sementara kondisi fisik Anda kurang atau bahkan tidak mendukung.

4. Jangan Memaksakan Diri Untuk Menulis

Ketika mood Anda sedang kurang baik, sebaiknya Anda jangan memaksakan diri untuk menulis. Beri jeda, dan buatlah artikel diwaktu kemudian. Meski kita bisa menulis kapan saja, namun kita akan kesulitan menghasilkan artikel berkualitas manakala kita menulisnya disaat mood kita tidak mendukung. Tinggalkan sejenak aktivitas ngeblog, dan kerjakan kembali setelah Anda memiliki mood yang baik.

Baca juga: Panduan optimasi artikel agar SEO friendly

5. Jangan Menyimpang Jauh Dari Bidang Yang Anda Kuasai

Ketika kita memaksakan diri untuk menulis artikel yang notabene diluar keahlian kita, maka besar kemungkinan kita akan menemui hambatan. Oleh yang demikian, sebaiknya Anda cukup fokus memproduksi artikel yang memang menjadi keahlian Anda. Penguasaan topik merupakan salah satu kunci menulis artikel secara produktif, kembangkan pengetahuan lingkup topik blog Anda sehingga aktivitas penulisan serta publikasi artikel akan berjalan dengan lebih mudah.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!