Tantangan Menghasilkan $ 3000/Bulan

Cara Menghasilkan $ 3000/BulanMenghasilkan 3000 US Dollar dalam sebulan tidaklah mudah, terlebih lagi penghasilan bulanan tertinggi saya baru mencapai $ 1000. Namun, secara teknis saya dapat merealisasikannya sepanjang saya mau bekerja keras serta konsisten.

Berapa penghasilan bulanan Anda saat ini? Silakan share dengan saya dan sahabatĀ BloggerLamongan.com via kolom komentar.

Faktor kerja keras serta konsisten memang menjadi problem bagi hampir setiap blogger, tidak terkecuali saya. Untuk mengejar terget dibutuhkan penjadwalan program kerja yang baik yang harus kita lakukan secara berkelanjutan. Tanpanya, setiap target hanya akan berujung pada kegagalan.

Ada tiga poin penting dalam monetisasi blog. Pertama, realisasi target (penghasilan dengan target berskala kecil). Kemudian, menjaga stabilitas penghasilan, dan yang ketiga yaitu meningkatkan penghasilan. Berkaitan dengan tiga poin tersebut, sejauh ini saya masih dipermasalahkan dengan poin yang kedua, yakni menjaga stabilitas penghasilan. Untuk menyikapi masalah stabilitas, berbagai upaya sudah saya lakukan dengan harapan kedepannya akan menjadi lebih baik.

Dengan asumsi faktor stabilitas sudah berhasil saya atasi, maka saatnya saya beralih untuk menentukan target baru. Apa yang akan saya lakukan guna bisa menghasilkan $ 3000/bulan atau kalau di Rupaihkan menjadi Rp 39.000.000 dengan kurs 1 USD = 13000? Berikut PR yang harus saya kerjakan.

Membuat 10 Blog Bermutu

Saya akan membuat 10 blog berbahasa Inggris menggunakan platform WordPress self hosting. Kemungkinan web hosting yang akan saya pilih adalah web hosting lokal namun menggunakan server US. Hal ini saya lakukan untuk meminimalisir biaya.

Program Posting Blog

Masing-masing blog akan saya isi 50 buah postingan dengan kandungan kata per artikel sebanyak 1000 kata. Sebelum memulai membuat blog-blog tersebut, terlebih dahulu saya akan melakukan keyword research dengan memilih tipe keyword berjangka panjang yang memiliki CPC >1 USD/klik.

Biaya Pembuatan Artikel

Artikel akan saya tulis sendiri guna meminimalisir biaya, namun jika saya merasa kualahan, maka saya akan menggunakan jasa penulisan artikel luar negeri, dalam hal ini kemungkinan saya akan memilih jasa artikel iWriter atau jasa artikel lainnya yang sudah memiliki reputasi baik.

Target Pengunjung

Berapa jumlah pengunjung yang dibutuhkan untuk menghasilkan $ 3000 dalam sebulan? Volume penghasilan blogging bergantung pada banyak hal. Sebut saja Anda memonetisasi blog Anda menggunakan iklan berbasis Pay Per Click (PPC), maka tinggi-rendahnya penghasilan akan bergantung pada Click Through Rate (CTR), visitor country, desain template, Cost Per Click (CPC), dll.

Masing-masing blog harus berhasil mendatangkan 1000 pengunjung dengan jumlah pageview >1500 per hari. Target 1000 pengunjung per hari untuk masing-masing blog harus dapat terealisasi setidaknya setelah 6 bulan kesepuluh blog tersebut sudah berisikan 50 buah postingan.

Cara Monetisasi Blog

Saya akan menggunakan PPC Google AdSense (GA) sebagai sumber penghasilan primer. Dari kesepuluh blog tersebut, masing-masing blog harus mampu menghasilkan $ 10 per hari sehingga jika diakumulasikan menjadi $ 100.

Dengan trafik harian berjumlah 1000 visitors dan pageview >1500, maka saya mengansumsikan mampu menghasilkan impresi iklan sebanyak 2000 impresi.

Dengan berbekal 2000 impresi iklan/hari untuk masing-masing blog dan besaran Click Through Rate (CTR) sebesar 1.5%, maka klik yang didapat untuk masing-masing blog adalah 30 klik. Jika klik iklan memiliki CPC $ 0.50, maka penghasilan dari kesepuluh blog dalam sehari adalah $ 150. Dan apabila klik iklan memiliki CPC $ 1, maka total penghasilan harian kesepuluh blog tersebut adalah $ 300.

Jika merujuk pada estimasi diatas, saya memang bisa menghasilkan lebih dari $ 3000/bulan, namun perhitungan diatas hanya bersifat estimasi dan besaran estimasi penghasilan harus berada diatas target guna mengantisipasi hal-hal yang cukup mungkin terjadi, misalkan CTR dan CPC rendah atau stabilitas trafik bermasalah.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. moo Reply

    Jadi baiknya kita buat 1 judul blog dengan banyak postingan atau banyak judul masing masing 1 posting..?
    Hehe…
    Msh saya jauh dari dolar..
    Tapi saya yakini saya capai $1000 pertama saya di tahun ini…

  2. Din Tok Post authorReply

    Judul tidak prioritas, yg penting blognya padat konten bermutu. Good Luck!!

  3. Adi Reply

    Cara agar konsisten memanage blog banyak sekaligus seperti itu bagaimana ya gan ?

  4. Aree Reply

    10 blog dengan berapa akun adsense gan? maklum newbie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!