Strategi Mendapatkan Ribuan Dollar Dari Blogspot


Beberapa alasan yang mendasari pilihan saya untuk menggeluti aktivitas blogging adalah untuk berbagi dan mendapatkan penghasilan online. Meski kala itu hanya berbekal niat dan obsesi yang kuat, saya tetap menetapkan target, karena saya tidak ingin rutinitas blogging yang saya jalani hanya membuang-buang waktu tanpa ada profit yang sebanding dengan waktu yang saya investasikan. Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya penghasilan ngeblog saya mencapai $ 1000 dalam sebulan.

Angka 1000 US Dollar memang bukan sebuah pencapain yang fantastis bagi expert bloggers, namun saya tetap mensyukurinya karena hal tersebut saya raih dengan kerja keras dan tanpa modal financial (kecuali modal biaya koneksi internet). Dengan berbekal beberapa blog menggunakan sub domain blogger.com (blogspot) yang saya kelola secara teratur blog-blog tersebut membuat saya payout sebesar $ 1000 dari program periklanan PPC Google.

Bagaimana cara saya mendapat penghasilan dari GA sebesar $ 1k dalam satu bulan, dan seperti apa kriteria blog-blog tersebut akan saya bahas pada artikel ini dengan harapan apa yang saya tuangkan disini dapat memberikan motivasi bagi sahabat BloggerLamongan yang mungkin penghasilan bulanan GA nya masih cukup rendah atau mungkin belum bisa payout setiap bulan.

GA merupakan jaringan periklanan online berbasis pay per click (PPC) yang dikelola Google memungkinkan para publisher (blogger/webmaster) mendapat penghasilan tanpa batas dari weblog yang mereka kelola. Namun, untuk bisa menuai kesuksesan dari GA dibutuhkan strageti, karena tidak semua blog berpengunjung banyak bisa menjamin penghasilan GA Anda berada pada nilai yang fantastis.

Berikut langkah demi langkah yang saya lakukan untuk mendapat penghasilan berjumlah $ 1000 dari Blogspot melalui program periklanan Google.

1. Membuat tiga buah blog dengan tema berbeda

Harga klik sebuah keyword memang dapat dianalisa, namun biaya per klik (BPK) suatu keyword tidak selalu sama dengan analisa yang kita lakukan. Cost Per Click (CPC) keyword ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah relevansi iklan, posisi iklan, mutu blog, visitor country, dsb. Untuk menyikapi CPC suatu keyword yang tidak dapat saya pastikan, maka saya memilih membuat tiga buah blog dengan topik yang berbeda.

Ketiga blog tersebut kesemuanya menggunakan bahasa Indonesia. Masing-masing blog berisikan 100 (seratus) artikel dengan kandungan kata rata-rata 500 kata per artikel. Adapun topik atau tema ketiga blog tersebut berupa “Tips Blog, “Gadget”, dan “Pendidikan”. Berdasarkan data penghasilan dalam kurun waktu beberapa bulan, tema Tips Blog dan Pendidikan mendapat CPC lebih tinggi berbanding tema Gadget.

2. Melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog

Untuk menghasilkan uang dari blog harus berbekal pengunjung, karena pengunjung itulah yang nantinya dapat dikonversi menjadi uang.

Dalam beberapa bulan awal pengunjung ketiga blog tersebut masih cukup minim. Saya terus melakukan tugas-tugas saya sebagai blogger, mulai terus memposting artikel secara terjadwal, menanam backlink secara natural, menganalisa kinerja blog melalui Google Webmaster Tools, dan tentu saja men-submit artikel ke situs social media.

Seiring dengan berjalannya waktu volume trafik blog akhirnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Masing-masing blog mendapat kunjungan rata-rata 4.000 per hari dengan jumlah page view rata-rata dua kali lipat dari total jumlah pengunjung. Meskipun trafik mengalami lonjakan yang sangat signifikan namun earning saya tidak lantas ikut meningkat drastis karena pada saat yang bersamaan click through rate (CTR) dan CPC tidak menjurus pada peningkatan earning.

Untuk mengatasi rendahnya CTR dan CPC saya melakukan beberapa upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Saya putuskan untuk melepas unit iklan, kemudian mengganti template blog dengan template yang secara teknis lebih berpotensi mendapatkan CTR tinggi. Selain faktor template, saya juga mereposisi iklan ke posisi yang lebih strategis (lokasi yang menjadi fokus pembaca). Selain itu, saya juga mengganti unit iklan yang sepengamatan saya kinerjanya kurang maksimal (impresi rendah/kilik rendah).

3. Tetap bertahan dengan tema awal blog

Kendati blogging memungkinkan kita untuk menulis artikel bertema apapun, namun untuk mengantisipasi hal-hal yang berpotensi merugikan program monetisasi saya tetap fokus pada tema awal ketiga blog tersebut. Merujuk pada pengalaman saya selama menjadi publisher iklan Google, adalah amat penting untuk menjaga konsistensi tema blog guna menghindari tidak stabilnya CPC.

Tinggi-rendahnya CPC amat menentukan penghasilan Anda dalam hitungan akumulatif. Oleh karenanya, saya berusaha untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu terjadinya penurunan CPC, seperti menerbitkan artikel diluar tema utama blog, sering mengganti template, sering mengganti posisi iklan, ataupun sering mengganti unit iklan.

CATATAN:
Merelokasi posisi iklan dan mengganti unit iklan sifatnya sangat perlu, namun hal tersebut hanya untuk tujuan eksperimen. Jika kinerja unit iklan dengan tata letaknya sudah dirasa pada performa maksimal, maka Anda tidak perlu merubahnya lagi.

penghasilan ngeblog saya
Screenshot laporan earnings per 2014

 

Demikian, semoga bermanfaat. Bagi expert blogger yang ingin memberi masukan tambahan, silahkan sampaikan via kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Bang One Reply

    keren mas earningnya, ini blog indo apa blog londo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!