PopCash Vs Adnety, mana yang lebih baik?


Memasang iklan berbasis CPM (Cost Per Mile) merupakan salah satu metode monetisasi blog yang cukup populer. Selain iklan PPC (Pay Per Click), iklan CPM banyak dipilih oleh publisher yang memiliki blog bertrafik tinggi. Terlebih sejak menurunnya performa PPC Google AdSense, cukup banyak blogger di Tanah Air yang beralih ke CPM, atau menjadikannya sebagai target monetisasi sekunder setelah AdSense.

Baca juga: Cara mengatasi penghasilan AdSense turun drastis

Seperti saya singgung melalui sejumlah artikel terkait ad networks alternatif AdSense, belakangan ini saya banyak melakukan pengujian terhadap beberapa jaringan periklanan berbasis CPM. Dari beberapa program periklanan CPM yang sudah saya coba, saya menemukan beberapa jaringan iklan CPM yang cukup masuk akal untuk saya pertahankan guna memastikan penghasilan ngeblog saya tetap stabil.

Simak juga: Pembayaran pertama saya dari PropellerAds

Saat ini saya sedang fokus mencermati kinerja 3 jaringan periklanan CPM, yakni PropellerAds, PopCash, dan Adnety. Dari puluhan ad networks yang saya coba terapkan di beberapa blog aktif saya selama sekitar 2-3 bulan, ketiga jaringan iklan CPM tersebut menjadi pilihan terakahir saya lantaran income yang saya dapat relatif besar jika dibandingkan ad networks lainnya. PropellerAds merupakan yang terbaik, sementara PopCash dan Adnety merupakan alternatif.

Belum punya akun AdSense atau penghasilan Anda menurun drastis, baca artikel berikut: Cara mendapatkan penghasilan dari blog selain dengan Google AdSense

Pada artikel ini saya akan share tingkat perbedaan earnings antara Adnety dengan PopCash. Keduanya merupakan jaringan periklanan berbasis CPM. Yang membedakan adalah popularitas keduanya.

PopCash merupakan salah satu ad network terpopuler. Meski PopAds sudah hadir lebih dulu, namun perkembangan PopCash cukup signifikan, dan saat ini keberadaannya sudah sejajar dengan PopAds. Sementara itu, Adnety merupakan jaringan periklanan yang masih relatif baru. Saat ini belum banyak kalangan pebisnis online atau blogger yang mengenal Adnety, mungkin termasuk Anda. Namun demikian, Adnety menawarkan hasil terbaik bagi para pengelola blog.

Studi Kasus: PopCash Vs Adnety

Baik PopCash maupun Adnety, keduanya sudah saya coba selama sekitar dua bulan. Saya juga sudah pernah payout dari kedua jaringan periklanan ini.

pembayaran adnety
Screenshot pembayaran dari Adnety via PayPal
pembayaran popcash
Screenshot pembayaran dari PopCash via PayPal

Dengan menggunakan blog yang sama, income yang saya dapat dari Adnety melebihi income dari PopCash. Disini saya menggunakan performa 10 hari terakhir sebagai bahan perbandingan. Silakan simak income reports dibawah ini.

popcash income reports
PopCash income reports
adnety income reports
Adnety income reports

Dari statistik screenshot diatas, penghasilan dari Adnety jauh melebihi PopCash, karena total tayang (impresi) iklan Adnety mengungguli iklan PopCash.

Pilih PopCash atau Adnety?

Merujuk pada statistik penghasilan 10 hari terakhir sebagaimana ditampilkan diatas, maka Adnety merupakan pilihan terbaik, karena yang dibutuhkan adalah hasil akhir, dan bukan semata-mata rate CPM tinggi. Meskipun rate CPM tinggi, namun jumlah impresi sangat rendah maka income yang Anda dapat tidak akan maksimal.

Namun demikian, pengalaman saya mungkin berbeda dengan Anda. Seperti diketahui, besaran penghasilan dari program periklanan baik itu berbasis PPC maupun CPM, banyak faktor yang menjadi barometer hasil akhir, seperti topik, geografi pengunjung, dll. Guna memastikan mana yang terbaik untuk blog Anda, silakan coba terapkan keduanya selama beberapa pekan. Lihat kinerjanya, dan pilihlah yang terbaik.

Demikian, semoga bermanfaat. Bagi sahabat pembaca yang belum memiliki akun publisher PopCash atau Adnety, silakan mendaftar:

Update: Sejak Februari 2017 adnety sudah beralih ke jaringan periklanan konten dewasa. Anda dapat memilih CPM network lainnya.

Hosting Terbaik Indonesia

6 comments

  1. DN Han Reply

    yakin gan adnety membayar publihernya, saya baca di adswiki katanya “big scam”

    • Din Tok Post authorReply

      adnety membayar saya ontime selama berulang kali. Saat ini saya juga masih aktif menggunakan adnety. Jika ada review negatif, tentunya hal tersebut harus dikonfirmasi terlebih dulu, apakah review tersebut dibuat berdasarkan bukti atau karena muatan sentimen dan semacamnya. Dan sebagai catatan, semua ad network yang saya rekemondasikan atau saya ulas di blog ini sudah melalui tahap pengujian saya terlebih dulu sehingga saya bisa pastikan bahwa ad network tersebut bukan scam.

      • DN Han Reply

        terima kasih, saya baru pasang 7 hari dan hasilnya luar biasa untuk trafik 80k

  2. Mangamoe Reply

    Tambahan min: Penyebab hasil adnety lebih tinggi diantaranya adblock pass, meskipun visitor memasang adblock, iklan akan tetep jalan seperti halnya juga poptm, sedangkan popcash tidak, selain itu ratenya popcash cenderung labil, manual req. payout gak kayak popads yang bisa otomatis, juga ada potongan biaya pas Payout.

  3. Andira Putra Reply

    Gan pasang anti adblock gak gan ? soalnya visitor blog ane banyak sampe tapi impression di Popcash dikit amat

  4. Irwan Reply

    Sejauh ini Popcash yang sudah terbukti bayar Gan, walaupun impresinya dikit banget tapi lumayan lah terbukti bisa menghasilkan duit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!