Perbedaan Mendasar Hosting Gratisan dan Berbayar


perbedaan hosting gratis dan berbayar
img (c) ilovefreehosting.com

Hosting adalah salah satu komponen yang perlu dipersiapkan dalam membuat website atau blog self hosting seperti membuat blog WordPress self hosting. Hosting adalah almari online yang memiliki fungsi untuk menampung semua data-data website mencakup tulisan, gambar, file dalam bentuk audio, video, dll. Karena fungsinya yang cukup fundamental, maka kualitas sebuah hosting amat perlu diperhitungkan sebelum kita menentukan pilihan.

Ada dua jenis hosting, yaitu hosting gratisan dan yang kedua hosting berbayar. Layaknya barang free atau gratisan, maka kedua jenis hosting ini memiliki kualitas yang cukup jauh berbeda. Pada postingan ini saya akan menjelaskan secara ringkas perbedaan mendasar free hosting dan paid hosting sebagaimana fungsinya sebagai almari online yang akan memberi andil besar terhadap stabilitas performa suatu website atau blog.

Sebagai informasi, penyedia layanan hosting gratisan biasanya terorientasi untuk branding produk berbayar mereka. Dengan menawarkan space data online secara gratis, brand mereka akan menjadi lebih terkenal mengingat cukup banyak kalangan blogger pemula yang tertarik dengan layanan hosting gratisan. Berangkat dari menyediakan layanan hosting bebas biaya, kedepannya provider tersebut akan semakin populer dan secara teknis brand commercial mereka akan bisa terdongkrak.

Cukup banyak provider web hosting gratisan, baik provider lokal maupun luar negeri. Beberapa web hosting gratisan luar negeri diantaranya adalah 000webhost.com, biz.nf, freehostingeu.com, byethost.com, dan awardspace.com. Sementara itu, untuk provider lokal yang cukup populer adalah idhostinger. Selain idhostinger, provider hosting gratisan lokal lainnya adalah dobelhost.com yang menawarkan layanan hosting gratis tanpa iklan.

Pada prakteknya, harga berbanding lurus dengan kualitas, begitu juga dengan hosting. Dan berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara hosting gratisan dengan hosting beerbayar.

Hosting Gratisan:

1. Memuat iklan

Karena orientasinya adalah untuk branding, maka sebagian besar web hosting gratisan tidak akan lepas dari embel-embel iklan.

2. Minim fitur

Pada umumnya, setiap web hosting gratisan memiliki fitur yang cukup terbatas. Hal ini sangat wajar, karena tidak mungkin provider akan memberikan servis terbaik secara cuma-cuma.

3. Banyak pembatasan

Poin ini hampir sama dengan poin #3, provider tidak akan mampu memberikan layanan terbaik tanpa ada feedback dalam bentuk pembayaran.

4. Bandwidth sangat terbatas

Sebagian besar provider hosting gratisan membatasi penggunaan bandwidth demi memastikan tidak ada salah satu pengguna yang meminta alokasi bandwidth secara berlebihan.

5. Kapasitas penyimpanan data sangat terbatas

Kita bisa realistis, adalah sebuah kondisi yang sangat wajar jika mereka membatasi penggunaan data. Selain faktor alokasi dana, tentunya mereka juga ingin menjaring lebih banyak pengguna.

6. Stabilitas server tidak dapat diandalkan

Stabilitas server free web hosting jauh dari kata bagus. Sebuah kondisi yang tidak mengherankan jika Anda mendapati blog-blog yang di host menggunakan free hosting biasanya sering tidak bisa diakses.

7. Tidak ada jaminan data & blog Anda tetap aman

Inilah salah satu alasan mendasar mengapa menggunakan hosting gratisan tidak direkomendasikan. Bayangkan, ketika Anda sudah memposting sekian banyak artikel kemudian artikel-artikel tersebut hilang dengan begitu saja. Tentunya Anda akan sangat merugi, bukan?

8. Tidak mungkin Anda bisa menciptakan blog berkelas bermodalkan web hosting gratisan

Dari beberapa fakta diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak mungkin kita bisa membangun sebuah blog yang mampu menghasilkan profit manakala kita memilih hosting gratisan.

Hosting Berbayar:

1. Profesional

Terlepas dari desain serta konten blog Anda, dengan memilih hosting berbayar pada dasarnya hal tersebut sudah mencerminkan kesan profesionalitas Anda sebagai seorang blogger.

2. Kaya fitur

Paid hosting diberdayai berbagai macam fitur yang akan memudahkan Anda dalam membangun sebuah blog bermutu secara mudah dan lebih praktis.

3. Unlimited atau sesuai kebutuhan

Bergantung pada provider paid hosting yang Anda pilih, Anda dapat memilih unlimited hosting & unlimited bandwidth atau menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan hosting blog Anda.

Bagi client yang ingin membuat micro niche blog, untuk menghemat biaya mereka bisa memilih paket hosting limited data space sesuai tingkat kebutuhan micro niche blog mereka. Dan untuk situs besar seperti situs berbasis berita, mereka bisa menggunakan unlimited space & unlimited bandwidth.

4. Kualitas server lebih baik

Web hosting manapun yang Anda pilih, sepanjang pilihan Anda adalah paid hosting, maka kualitas servernya pasti lebih baik dari free hosting.

5. Stabilitas performa blog lebih terjamin

Jika Anda seorang pemula, dan masih dalam tahap belajar serta belum ada niatan untuk menguangkan blog Anda, maka untuk proses belajar Anda bisa saja memilih free hosting. Namun, bagi Anda yang sudah kepikiran untuk mendapatkan penghasilan dari blog, maka idealnya Anda harus menggunakan paid hosting karena performa blog Anda akan lebih terjamin.

6. Garansi uang dikembalikan

Ini adalah salah satu kemudahan yang bisa dinikmati jika kita menggunakan paid hosting. Sebagian besar penyedia layanan web hosting baik lokal maupun luar negeri memberikan garansi uang kembali hingga batas waktu tertentu jika client memutuskan untuk tidak menggunakan layanan hosting provider bersangkutan lantaran merasa kurang puas dengan servis yang diberikan atau atas alasan-alasan logis lainnya.

Demikian, semoga ulasan ringkas diatas bermanfaat bagi sahabat pembaca. Sebagai tambahan info untuk sahabat blogger di Tanah Air, jika Anda sedang mencari provider domain & web hosting berkualitas, niagahoster.co.id adalah jawabannya. Niagahoster adalah salah satu provider hosting terbaik Indonesia dengan harga yang cukup ekonomis, serba unlimited, kaya fitur, garansi uang kembali dan memiliki dukungan teknis terbaik.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!