Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis – Cara Mengatasinya

Penyebab Trafik Pengunjung/Visitor Blog Turun DrastisAda kalanya blog yang sudah bertrafik tinggi secara tiba-tiba mengalami penyusutan yang sangat signifikan. Hal tersebut dikarenakan sejumlah faktor, beberapa diantaranya dikarenakan volume persaingan yang meningkat, blog bersangkutan dinilai kurang berkualitas sehingga peringkatnya mengalami penurunan, masuk dalam daftar blog spam, dsb.

Trafik blog pada dasarnya akan mengalami peningkatan dan penurunan. Sepanjang presentasi kenaikan dan penurunanya masih tergolong wajar (tidak terlalu signifikan), maka kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dalam blogging. Lalu bagaimana jika Anda mendapati trafik blog Anda turun secara drastis, mari kita bahas penyebab dan cara mengatasinya.

Perlu diketahui, tipe pengunjung blog ada dua macam, yaitu pengunjung yang sifatnya musiman, dan pengunjung non-musiman. Pengunjung musiman adalah pengunjung blog yang mengusung tema trending (musiman), dan pengunjung non-musiman adalah pengunjung untuk tipe blog yang mengusung niche long term. Niche trending, diantaranya adalah berita, dan niche untuk jangka panjang diantaranya adalah tutorial atau tips.

Mengacu pada dua tipe pengunjung sebagaiman dijelaskan diatas, maka penurunan trafik blog Anda bisa disebabkan oleh dua hal tersebut. Niche apa yang mewakili blog Anda? Apakah niche trending? Jika blog Anda mengusung niche trending, maka penurunan trafik dalam jumlah yang signifikan adalah hal yang wajar. Disinilah tantangan bagi Anda untuk memposting lebih banyak artikel dalam rentang waktu yang singkat apabila Anda memilih niche trending.

Bagaimana jika niche blog Anda tidak mengusung niche trending tetapi mengalami penurunan trafik yang sangat signifikan? Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan penurunan pengunjung blog secara drastis beserta cara mengatasinya.

› Volume Persaingan Meningkat

Sebagaimana yang saya bahas pada posting rahasia SEO – mengukur trafik blog berdasarkan keyword, SEO dan apapun bentuk dari praktik optimasi blog merujuk pada tingkat persaingan dan kualitas. Meningkatnya persaingan berpotensi untuk menggeser posisi blog Anda di SERPs, dan secara teknis kondisi ini akan membuat blog Anda kehilangan trafik dalam jumlah yang signifikan.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Meningkatnya Persaingan

Posting lebih banyak artikel (artikel berkualitas) secara teratur, perbanyak backlink berkualitas, tingkatkan popularitas blog di social media.

› Artikel Tidak Berkualitas

Ukuran kualitas artikel senantiasa dianalisa oleh search engine dengan menjadikan banyak indikator sebagai materi penilaian. Adalah sangat penting untuk memposting artikel berkualitas guna menjaga peringkat artikel di index hasil pencarian mesin pencari. Hindari memposting artikel yang ditulis secara “asal-asalan” tidak mengalami penurunan peringkat secara drastis.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Artikel Tidak Berkualitas

Periksa semua posting di blog Anda. Update artikel yang tidak memenuhi kriteria artikel berkualitas. Artikel berkualitas tidak hanya diukur dari tingkat akurasi dan manfaatnya terhadap pengunjung, tetapi juga dicirikan dengan tingkat kepadatan kata. Postinglah artikel dengan kandungan kata setidaknya tidak kurang dari 300 kata.

› Terlalu Sering Mengganti Template

Penggantian template secara berulang-ulang dapat mempengaruhi peringkat suatu blog di SERPs. Template memberi banyak andil selama proses crawling yang dilakukan oleh spider bot search engines, dan penggantian template yang dilakukan secara berlebihan (terlalu sering) cukup memungkinkan terjadinya penurunan peringkat blog bersangkutan.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Sering Mengganti Template

Sediakan beberapa template yang masuk kriteria template SEO friendly. Lakukan preview terlebih dahulu sebelum Anda menagktifkan template tersebut. Jika salah satu dari template tersebut sudah Anda install, masuk ke Google Webmaster Tools, kemudian pilih menu Fetch As Google. Langkah ini bertujuan untuk memanggil spider bot Google agar merayapi blog Anda pada saat itu juga.

› Melakukan Optimasi Secara Berlebihan

Optimasi merupakan sebuah bentuk kegiatan untuk meningkatkan pengunjung blog, namun hal ini justru akan memberikan dampak buruk pada blog Anda apabila dilakukan secara berlebihan. Search Engines menganggap over optimasi sebagai bentuk kegiatan ilegal, dan apabila dilanggar, maka blog Anda akan mengalami penurunan peringkat atau bahkan dihilangkan dari index.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Over Optimasi

Lakukan optimasi sewajarnya. Bagaimana optimasi yang tergolong wajar itu? Sebut saja Anda dalam fase membangun backlink untuk blog yang baru dibuat, maka Anda tidak diperbolehkan menanam backlink hingga berjumlah ribuan. Optimasi blog harus dilakukan secara terukur agar blog Anda tidak dianggap sebagai blog spam.

› Frekuensi Posting Artikel 

Frekuensi posting artikel ikut mempengaruhi tinggi-rendahnya trafik blog. Meskipun jumlah penurunan trafik yang disebabkan oleh frekuensi posting artikel tidak menyebabkan penurunan trafik secara signifikan, namun menurunnya pengunjung dalam jumlah yang banyak tetap dimungkinkan apabila dalam waktu bersamaan banyak bermunculan blog-blog baru yang mengusung tema yang sama dengan blog Anda.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Frekuensi Posting Artikel

Jangan biarkan blog Anda fakum (tanpa artikel baru) dalam rentang waktu yang cukup lama. Memang, salah satu tantangan blogger adalah untuk memposting artikel secara terjadwal. Jadi, luangkan waktu untuk memposting artikel baru secara teratur.

CATATAN:
Dalam kebanyakan kasus, penurunan visitor blog secara drastis lebih banyak disebabkan oleh mutu blog bersangkutan. Blog yang dinilai tidak bermutu lebih mudah mengalami penurunan peringkat, dan resiko terburuknya yaitu masuk Sandbox atau terkena Penalty (bentuk hukuman yang diberikan Google terhadap weblog dengan kualitas buruk). Untuk itu, pastikan Anda selalu fokus memposting artikel berkualitas dan tidak semata-mata hanya memberi prioritas pada sisi kuantitas.

Hosting Terbaik Indonesia

21 comments

  1. putra adam Reply

    benar , semakin banyak saingan semakin sulit nongkrong di halaman pertama… tanks infonya

  2. pudin Reply

    Blog saya jg mengalami hal itu gan, bahkan semakin hari smakin menurun padahal akhir2 ni sering update, kira2 apa sebabnya ya gan

  3. Cewek Unyu Reply

    Gan bloh ane kok visitor turuh drastis bgt yah apa ada yg timpa artikel ane yah…

    mohon d jawab ya gan

  4. Sugiyanto mendung Reply

    Sering ksmi alami..tau2 naik sendiri tapi juga oernah drop sampe nol…yg jelas konsisten aja dgn artikel dan backlink..optimasi sebaiknya jangan banyak ruginya..

  5. adie suhzar Reply

    bingung ne bos boleh tanya?

    posting artikel setiap hari
    dishare ke media sosial juga
    membangun backlink sudah

    apa masalah persaingan? tapi kalau persaingan saya pernah membuat blog dengan persaingan sedikit

    tapi tetap aja minim visitornya

    mohon pencerahanya bos.. atau dikoreksi blog saya

  6. thohir Reply

    blog sya kadang banyak pengunjung ,kadang menurun apa ini normal ya?

  7. Yat95 Blog Reply

    terimakasih artikelnya mas… tapi saya masih bingung. visitor pengunjung blog saya menurun drastis tapi blog saya masih berada di SERP.

  8. hyden Reply

    Ternyata kalau sering mengganti template bisa berakibat fatal dengan penurunan pengunjung secara drastis. Satu minggu yg lalu saya mengganti template 3 kali, besoknya pengunjung langsung turun ke angka nol.
    Terima kasih Gan

  9. mas adi Reply

    sungguh sangat bermanfaat … pemula seperti saya sangat berterima kasih atas artikel di atas .. terima kasih terima kasih terima kasih

  10. Rey Blog Reply

    ada tambahan bro, sebagian pengguna internet juga itu rata-rata SMP Dan SMA, otomatis jika pas ada UN pasti trafik akan turun -_-, seperti blog ane, jadi nunggu hari normal lagi deh hihihihihi

  11. Mezan13 Reply

    blog sy lgi down apalagi klau gk update pos sehari aja, blog sy lngsng turun viewer nya

  12. Hari Reply

    saat liburan sekolah dari bulan desember, blog ane turunnya drastis.. Tapi anehnya pas masuk lagi sekolah, visitor tak kunjung naik. Heran banget

  13. MasekoJM Reply

    Trims Gan atas infonya, ternyata kalau template yang diubah2 bisa menurunkan pengunjung juga ya

  14. fahrudin Reply

    gan klow website ane,,,,, itu kadang,,,, naik darstis,, tapi kok perlahan lahan turun ya gan,, apanya yang kraung ya gan,,, trus cara agar ebsite kita punya pondasi kokoh di beri apa aja ya gan,,, tentunya dengan cara yang aman ya gan,, jangan blakc hat….

  15. Mas Adun Reply

    Kl punya saya akhir2 ini pengunjung turun setelah saya pasangin iklan. Apa pengunjung jadi males ya kalau lihat iklan

  16. parto Reply

    sudah menerapkan beberapa cara diatas…tpi pengunjung blog tetap turun.. apa mungkin terkena hukuman dari google..

  17. Vevenia Reply

    pengunjung saya turun banyak banget setelah ganti template.. padahal baru 2x saya ganti template dengan waktu yang berjauhan..

    untuk template yang baru padahal memiliki fitur lebih banyak dari template sebelumnya. atau memang sedang ada perubahan dari algoritma google.. agak sedih kalo turun terus gini.

  18. Parto Reply

    persaingan yg semakin ketat saat ini membuat blog-blog lama semakin tersingkirkan, google lebih mengunggulkan segi kualitas artikel..semakin bagus isi artikel ..semakin bagus peringkat blog yng diporoleh..

  19. Saputra Reply

    thanks mas, saya pernah juga ngalamin penurunan pengunjung karena sempat males ngeblog jadi gak rutin lagi posting artikel yang bisasanya setiap hari.. karena ngerasa udah punya pengunjung yg jumlahnya cukup banyak jadi ga semangan posting lagi deh. malah turun banget sekarang, boro boro mau perbanyak pengunjung, kembalikan ke posisi awal aja susah. jadi jangan cepat berpuas diri dan terus disiplin blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!