4 Hal Penyebab Internet Lambat

penyebab internet lambatBagi seorang blogger, terlebih lagi full time blogger, memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil amat dibutuhkan guna menyelesaikan berbagai aktivitas ngeblog untuk mengejar target. Koneksi internet lambat dapat menghambat program kerja blogger dimana produktivitas merupakan salah satu kunci sukses dalam ngeblog.

Secara keseluruhan, koneksi internet di Indonesia memang masih sangat lambat jika dibandingkan dengan koneksi internet di negara-negara maju, seperti Jepang, China, Korea, dll. Lalu apa sajakah yang menjadi penyebab koneksi internet lambat? Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet Anda lambat.

1. Cover Jaringan
Faktor jenis jaringan yang didapat adalah pemicu utama dibalik cepat-lambatnya sebuah koneksi. Untuk dapat terhubung ke jaringan internet kita dapat menggunakan jaringan tipe GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, dan beberapa tipe diatasnya. Untuk menikmati kecepatan akses internet melalui perangkat komputer, maka setidaknya Anda harus mendapat jaringan 3G. Jaringan GPRS atau EDGE idealnya hanya untuk akses internet melalui perangkat ponsel non-smartphone.

2. Stabillitas Jaringan
Stabilitas jaringan juga amat menentukan cepat-lambatnya koneksi internet. Dalam kondisi tertentu, biasanya jaringan akan mengalami gangguan. Misalkan pada saat cuaca sedang kurang baik, maka stabilitas jaringan akan mengalami masalah atau tidak stabil dimana hal ini akan menyebabkan koneksi internet menjadi lambat atau bahkan sangat lambat dari kecepatan normalnya.

3. Jenis Koneksi Lemah
Kita dapat berlangganan paket internet dalam berbagai tipe dan setiap jenis paket biasanya memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan akses internet lebih maksimal manakala kita memilih berlangganan paket internet dalam bentuk kuota. Jenis paket internet unlimited biasanya memiliki kecepatan yang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis paket berkuota.

4. Kualitas Hardware
Dukungan hardware ikut mempengaruhi speed internet yang kita gunakan. Untuk dapat menikmati koneksi internet dengan kecepatan yang relatif bagus, maka kita membutuhkan komputer dengan spek hardware yang memadai. Kemudian, bagi Anda yang menggunakan tipe koneksi dial-up, faktor kualitas modem juga amat menentukan. Pilihlah modem yang bagus guna menghindarkan Anda dari koneksi internet lambat. Sebelum membeli modem, ada baiknya Anda mencari review modem tersebut terlebih dahulu untuk memastikan performa modem tersebut tidak akan membuat Anda menyesal usai membelinya.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!