3 Hal Penyebab Blog Berbasis WordPress Sulit Berkembang

blog-wordpressSemangat blogging biasanya akan semakin berkobar-kobar manakala blog yang kita kelola punya progres yang bagus. Begitupun sebaliknya, ketika Anda mendapati blog yang Anda urus tak kunjung berkembang, maka hal tersebut dapat ‘membunuh’ semangat ngeblog Anda sehingga tidak jarang diantara kita, khususnya blogger pemula yang memilih stop.

Menyinggung tentang blogging, WordPress (self-hosting) merupakan platform blog dengan jumlah pengguna terbanyak. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, platform bersimbol huruf W ini lebih banyak diminati katimbang platform lain. Selain user friendly, WordPress juga menawarkan fitur-fitur menarik serta berbagai macam plugin yang dapat dimanfaatkan penggunanya, bahkan tanpa biaya.

Baca artikel: Cara membuat blog WordPress self-hosting

“3 Hal Penyebab Blog WordPress Sulit Berkembang”, Anda mungkin akan bertanya “apakah cara optimasi blog dibedakan sesuai dengan platform blog tersebut?” Pada dasarnya proses pengoptimasian blog sama saja, namun ada juga sisi perbedaannya. Misalkan Anda membandingkan blog berbasis Blogger/Blogspot dengan blog WordPress self-hosting, tentu saja keduanya memiliki sisi perbedaan.

Di Blogspot, Anda tidak membutuhkan layanan web hosting karena sudah disediakan oleh Google dengan segala resikonya. Sementara untuk blog WordPress self-hosting Anda membutuhkan sebuah layanan web hosting. Kualitas layanan web hosting sendiri berbeda satu sama lain bergantung pada dukungan perangkat yang dimiliki penyedia layanan web hosting tersebut.

Ketika blog Anda di host pada layanan web hosting yang tidak bermutu, maka dapat dipastikan performa blog Anda tidak akan optimal, seperti waktu muat lambat, sulit diakses ketika server banyak menerima request, hingga server down.

Nah, bagi Anda pengguna platform WordPress yang mendapati situs blog Anda sulit atau bahkan tidak bisa berkembang sebagaimana mestinya, simak 3 faktor penyebab blog WP sulit berkembang sebagai berikut:

1. Artikel Tidak Bermutu

Artikel adalah the main key. Optimasi atau implementasi SEO dengan keberagaman tekniknya sebenarnya hanya sebuah upaya untuk mendongkrak. Pada prinsipnya, artikel bermutu adalah kunci dari teknik optimasi atau SEO itu sendiri. Seiring dengan terus bertambahnya konten dengan topik yang sama, akan sangat sulit untuk bisa membangun traffic tanpa berbekal artikel berkualitas.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas? Postingan dibawah ini mungkin berguna bagi Anda:

2. Mengusung Niche High Competition Yang Tidak Berimbang Dengan Kualitas Kompetitor

Blog-blog baru akan terus bermunculan, dan tingkat persaingan setiap niche akan terus mengalami peningkatan. Jika waktu ngeblog Anda sudah relatif lama, pastinya Anda bisa merasakannya.

Untuk tetap dapat bersaing ditengah gempuran blog-blog baru yang terus bermunculan, Anda harus menawarkan kualitas yang setidaknya sebanding dengan blog-blog baru tersebut sebagai kompetitor blog Anda sehingga keberadaan blog Anda tidak akan tergeser oleh blog-blog kompetitor lantaran kalah kualitas.

Jika Anda memilih niche dengan tingkat persaingan tinggi sementara disisi lain kualitas konten blog Anda terbilang rendah, maka Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk dapat bersaing dengan blog-blog kompetitor.

Baca artikel: Panduan membuat blog yang bisa menghasilkan uang

3. Salah Memilih Layanan Hosting

Untuk poin yang satu ini sebagaimana sudah saya ulas diatas dimana performa blog self-hosting amat bergantung pada kualitas layanan hosting yang digunakan blog tersebut. Hosting tidak sebatas sebagai media storage. Hosting akan menentukan kinerja sebuah situs blog yang akan berdampak pada peerkembangan situs blog itu sendiri.

Anda ngeblog menggunakan WordPress? Pastikan Anda tidak salah memilih web hosting. Jika Anda melakukan kesalahan disini, maka sesungguhnya Anda telah mengalami kerugian yang cukup besar. Pilih perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik, seperti Niagahoster.co.id, Ardetamedia.com, atau Jogjahost.co.id. Ketiganya merupakan provider web hosting terbaik di Indonesia saat ini.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Soni Reply

    Salah memilih layanan hosting akibatnya memang bisa fatal untuk blog mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!