Penyebab Blog Sepi Pengunjung


 penyebab blog sepi pengunjungPenyebab blog sepi visitor pada umumnya menjadi pertanyaan sebagian besar blogger dimana mereka sudah aktif menulis selama beberapa bulan namun trafik tak kunjung memperlihatkan peningkatan. Apa penyebab blog sepi pengunjung dan bagaimana menyikapinya? Melalui artikel ini saya akan mengupas sejumlah poin mendasar yang menjadi penyebab suatu blog belum mendapatkan trafik dalam jumlah yang ideal.

Penyebab blog sepi pengunjung cukup beragam, dan sebelum ini saya sudah sempat memposting artikel terkait, yakni penyebab blog sepi pengunjung meski banyak artikel dimana pada artikel tersebut dijelaskan beberapa penyebab blog sepi pengunjung yang merujuk pada tipe artikel. Pada dasarnya ada tiga jenis artikel (artikel blog), yaitu artikel berita, artikel musiman, dan artikel long term atau artikel berjangka panjang. Artikel long term ini dibutuhkan orang dalam jangka waktu yang panjang, seperti artikel tutorial membuat blog.

Berbeda dengan postingan sebelumnya, kali ini saya akan memaparkan sejumlah hal yang menyebabkan blog sepi pengunjung dari sisi yang lebih luas. Disini saya akan coba memberi jawaban kepada sahabat blogger yang masih tertanya-tanya dalam benak mereka berkaitan dengan blog minim visitor. Anda tidak sabar ingin mengetahuinya? Silakan simak beberapa penyebab blog Anda minim visitor, sebagai berikut:

1. Belum Cukup Usia

Memperkenalkan blog ke search engine membutuhkan waktu. Setelah blog Anda dikenali oleh search engine, tahapan berikutnya adalah melewati proses pemeringkatan. Pada umunya, blog yang masih relatif baru akan sangat sulit untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mendatangkan pengunjung dari search engine. Untuk bisa mendapatkan peringkat yang baik di index hasil pencarian search engine, setidaknya Anda membutuhkan waktu >3 bulan.

2. Faktor Pemilihan Keyword

Selain usia blog, keyword juga menjadi faktor penentu cepat-lambatnya blog Anda masuk halaman pertama Google atau search engine lainnya. Jika Anda menginginkan waktu yang relatif singkat, maka Anda bisa memilih keyword dengan tingkat persaingan rendah atau keyword dengan tingkat persaingan sedang yang memiliki jumlah pencarian cukup tinggi. Untuk menyikapi perihal kompetisi kata kunci, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk keperluan reset keyword.

3. Artikel Tidak Berkualitas

Poin ini sepertinya masih banyak terabaikan, khususnya bagi blogger pemula. Mereka mengira, bahwa hanya dengan banyak memposting blog mereka lantas akan mendapatkan trafik. Harap dicatat, ini adalah salah satu kesalahan fatal dalam mengelola blog. Buatlah artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pembaca. Seperti apa artikel berkualitas itu? Silakan baca artikel: Tips menulis artikel berkualitas SEO friendly.

4. Tidak Memiliki Backlink

Backlink adalah vote. Setiap laman web membutuhkan vote untuk bisa bersaing di SERPs. Meskipun sebagian blogger atau praktisi SEO berpendapat bahwa pengaruh backlink tidak lagi sekuat dulu, namun backlink tetap saja dibutuhkan karena nilainya adalah sebagai vote. Google menggunakan >200 indikator dalam proses pemeringkatan laman web, dan salah satunya adalah backlink (vote). Lakukan link building secara natural guna dapat mendongkrak posisi blog Anda di SERPs. Baca artikel: Cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.

5. Frekuensi Update Tidak Teratur

Frekuensi update tidak teratur memang tidak memberikan efek yang signifikan bagi blog yang sudah cukup berusia, namun ceritanya menjadi berbeda untuk blog yang masih relatif baru. Menjaga frekuensi update merupakan sebuah keharusan bagi blog-blog baru guna memberikan sinyal kepada spider search engine. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, usahakan setidaknya Anda tetap memposting 1 artikel baru/pekan. Ketika blog baru Anda fakum dalam kurun waktu yang cukup lama, hal ini tidak baik bagi perkembangan blog Anda.

Demikian 5 penyebab blog sepi pengunjung, semoga bisa menjawab pertanyaan sahabat blogger. Kelima poin yang saya sebutkan diatas merupakan poin inti. Dengan sudah memahami penyebabnya, maka selanjutnya Anda tinggal menyikapinya.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. Kaji Reply

    Frekuensi Update Tidak Teratur memang menjadi kendala yang sulit ditangani. Apakah ada cara walau jarang update tapi tetap mendatangkan pengunjung ?

    • Din Tok Post authorReply

      Buat artikel long term dan tingkatkan domain authority.

  2. memang-okeh Reply

    min, blog ane bru 3 mingguan, artikel juga kisaran 30-an lbih. setiap update artikel lngsung ane index ke webmaster, trus stiap update juga sllu sya share di medsos, tpi ko msih sepi ya min???

    • Din Tok Reply

      Sabar, fokus aja posting artikel. Tidak perlu melakukan fetch as Googlebot. Butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan traffic dari search engine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!