Penghasilan Saya di Bulan Maret $ 635.91

Penghasilan saya di bulan Maret 2015 minus $ 364.09 dari targat $ 1k. Target mendapatkan $ 1k di bulan Maret gagal terealisasi karena CPC dan CTR yang masih belum normal lantaran akun Google AdSense (GA) saya terkena smartpricing.

penghasilan ngeblog maret 2015
Income report di bulan Maret 2015
penghasilan saya bulan maret 2015
Payment di bulan Maret 2015

 

Berbagai upaya sebenarnya sudah saya lakukan untuk menormalkan kembali akun GA saya. Hasilnya, untuk CTR sudah mulai membaik, namun untuk CPC nya masih belum berada pada titik normal. Akibat CTR dan CPC yang masih belum normal membuat penghasilan saya mengalami penyusutan yang sangat signifikan.

Dari impresi iklan, terhitung mulai awal 2015 sebenarnya ada peningkatan impresi iklan yang cukup tinggi dan mestinya penghasilan saya di bulan Maret bisa melebihi target, sayangnya smartpricing masih belum sepenuhnya tersolusikan.

Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk menormalkan kembali akun GA saya. Perlu dicatat, proses normalisasi akun GA dari smartpricing membutuhkan waktu. Jika Anda bertanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan, saya tidak bisa menjawabnya secara pasti, namun sepengamatan saya setidaknya membutuhkan waktu 2 minggu dan hal tersebut bergantung pada aktivitas perbaikan pada situs penayang.

1. Meng-update Artikel 

Artikel tidak berkualitas merupakan salah satu faktor penyebab sebuah akun GA terkena smartpricing. Terdapat beberapa artikel dengan tingkat kandungan kata yang sangat pendek dan hal tersebut mencerminkan rendahnya kualitas artikel sehingga perlu di update setidaknya tidak kurang dari 300 kata.

2. Mengganti Template Blog

Template cukup mempengaruhi penghasilan blog penayang. Untuk meningkatkan CTR yang mengalami penurunan sangat signifikan (>50%), saya memutuskan untuk mengganti template kemudian saya memilih template high CTR.

3. Menempatkan Iklan Pada Kolom Artikel

Letak iklan sangat mempengaruhi tinggi-rendahnya CTR. Setelah melakukan analisa dalam beberapa minggu, saya menyimpulkan bahwa letak iklan paling tepat untuk menghasikan high CTR yakni berada pada area artikel.

4. Memilih Ukuran Iklan Yang Direkomendasikan Google

Saya memutuskan untuk menggunakan ukuran unit iklan yang direkomendasikan Google, yaitu 336*280, 300*250. Dengan memilih iklan dalam bentuk text dan gambar, hasilnya kinerja iklan terlihat lebih maksimal.

5. Membuat Saluran Khusus

Salah satu kiat untuk meningkatkan nilai CPC iklan adalah dengan membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan.

Membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan memungkinkan advertiser untuk memilih situs atau bagian situs tertentu yang mereka anggap relevan sebagai target iklan.

Hosting Terbaik Indonesia

7 comments

  1. Tekno RC Blog Reply

    mantap gan, meski msh diblg turun. Sy msh brusaha bs dpt 100$ perbulan, maklum br blajar ngeblog

    • Din Tok Post authorReply

      Tetap semangat aja Mas!

  2. Gery Reply

    Mas Din Tok,

    Just FYI saya menemukan blog ini dari salah satu komentar di blogger luar negri. Yang tertaut dengan blognya mas Pat.

    Begini Mas, saya tertarik dengan artikel-artikel yang ada di blog ini. Terutama artikel ini, yang membuat saya jadi betah berlama-lama mondar-mandir di Lamongan ehh Blogger Lamongan maksudnya. hehe

    Dari ke-6 blog yang Mas Din gunakan untuk menjaring penghasilan, Apakah semuanya menarget pasar lokal? Ataukah pasar bule juga?

    Terimakasih atas artikel-artikelnya Mas, dengan ini saya jadi lebih termotivasi. Semoga saya bisa sukses dan berhasil seperti Mas Din Tok. Aamiin.

    Salam kenal dari pedalaman Jawa Tengah.

    Semoga penghasilannya semakin bertambah.

    Sukses dan Maju terus Mas.

  3. Din Tok Post authorReply

    Thanks atas komennya.

    Sebenarnya saya mengelola lebih dari 6 blog, sebagian menarget trafik lokal dan sebagian lagi menarget trafik luar negeri yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Keenam blog yang sebutkan pada posting https://bloggerlamongan.com/penghasilan-ngeblog-saya-5586-25/ kesemuanya merupakan blog bahasa Indonesia dengan mayoritas trafik lokal. Untuk blog bahasa Inggris saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan sebagian besar belum saya monetisasi karena masih dalam tahap peningkatan volume trafik.

  4. Suhandri Reply

    Wah, 8 jutaan ya mas?

    Mas blogger ini sudah hasilkan ribuan usd dari adsense, padahal saya menyentuh adsense belum pernah.. Haha

    mas, mau tanya nih, sebenarnya kriteria blog yang di approve di google adsense bagaimana sih mas?

    • Din Tok Post authorReply

      Kriterianya cukup luas, beberapa poin pentingnya adalah sbb:

      1. Bebas dari konten copas
      2. Artikel berkualitas
      3. Memuat topik yang berkaitan dengan produk pengiklan
      4. Blog pendaftar harus terbebas dari teknik optimasi spam dalam bentuk apapun.

  5. diva Reply

    wah sangat menginspirasi saya.. kayaknya harus kerja keras dulu ne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!