Penghasilan Ngeblog Saya Mencapai Rp 109 Juta


Sebagai seorang full time blogger, sumber finansial saya bergantung pada blog-blog yang saya monetisasi. Blog-blog tersebut memberikan saya penghasilan setiap bulannya melalui berbagai macam bentuk program monetisasi. Google AdSense (GA) merupakan opsi monetisasi primer yang saya aplikasikan disetiap blog yang saya kelola.

Terhitung mulai 23 Oktober s/d 19 Mei 2015 penghasilan GA saya mencapai $8,399.22 atau Rp 109.189.860 kalau di rupiahkan dengan kurs 1 USD=13000 Rupiah. Selain menjadi publisher iklan GA sebenarnya saya juga turut mengaplikasikan opsi monetisasi lainnya, namun saya tidak perlu mengulasnya karena GA menyumbang sekitar 90% dari total penghasilan saya. Sejauh ini fokus saya memang masih pada GA sehingga tidak mengherankan jika porsi penghasilan saya didominasi oleh GA.

penghasilan ngeblog saya
Screenshot Laporan Penghasilan GA per 23 Okt 2013-19 Mei 2015

$8,399.22 selama sekitar 19 bulan memang bukan jumlah yang fantastis, namun penghasilan tersebut memberi banyak pelajaran serta inspirasi bagi saya untuk menyusun langkah-langkah kedepan berkaitan dengan make money blogging. Dengan berbekal pencapaian tersebut saya dapat mengevaluasi pekerjaan saya serta menelaah apa yang perlu saya lakukan kedepannya.

Terdapat sekian banyak cara yang bisa kita pilih untuk mendapatkan penghasilan secara online melalui blog, mulai dengan menjadi penerbit iklan berbasis Pay Per Click (PPC), menjadi affiliate, menemukan direct advertiser, dan lain sebagainya. Dan pada intinya, mendapatkan penghasilan dari blog secara maksimal dapat Anda realisasikan jika Anda memiliki blog yang memiliki mutu.

Berkaca pada penghasilan saya, saya ingin menyampaikan beberapa poin penting kepada sahabat BloggerLamongan, yaitu:

  1. Mendapatkan uang dari blog itu sangat realistis sepanjang Anda ngeblog secara terarah dan siap bekerja keras.
  2. Dibutuhkan banyak waktu untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog secara berkelanjutan (berjangka panjang) sehingga kita harus konsisten dengan apa yang kita kerjakan.
  3. Cintailah ngeblog jika Anda berharap bisa menjadi blogger sukses. Sukses-tidaknya Anda dalam ngeblog amat bergantung pada rasa suka Anda terhadap ngeblog itu sendiri. Jika Anda ngeblog semata-mata hanya karena ingin mendapatkan uang, maka kondisi ini dapat mempersulit Anda.
  4. Siapapun Anda, yakinlah dengan kemampuan Anda. Optimisme amat penting untuk meraih kesuksesan dari ngeblog. Jika Anda adalah seorang pemula, jangan jadikan pencapaian orang lain sebagai alasan untuk menghentikan misi Anda, tetapi jadikan ia sebagai bahan motivasi sehingga Anda bisa lebih terdorong untuk mewujudkan impian Anda.
  5. Inspiratif dan be original. Ini adalah salah satu poin terpenting untuk menjadi blogger sukses. Inspirasi dapat berbuah pada produktivitas, dan originalitas adalah harga mati untuk mendapatkan uang dari blog secara berkelanjutan.
Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Hadi Suwantoro Reply

    Waow penghasilan sebesar itu? “Sungguh luar biasa” Semoga makin besar penghasilannya. 5 tips nya juga oke tuh untuk ditiru.!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!