Catatan Dari Penghasilan Ngeblog Saya $ 5,586.25

penghasilan onlineBlogging, sebagaimana yang sering saya singgung dalam sejumlah postingan, merupakan cara favorit saya untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Dengan blogging, saya merasa lebih nayaman serta menikmati berbanding jenis bisnis online lain yang bisa saja saya jadikan sebagai pilihan.

Dengan blogging, saya bisa berharap untuk menghasilkan banyak uang tanpa harus dibebani modal finansial dalam jumlah yang besar. Memulai keywords research, membuat blog, posting artikel, melakukan optimasi, dan jika semuanya bisa berjalan sesuai perencanaan, maka penghasilan online hanya soal waktu.

Baca Juga: Cara Saya Mendapatkan $ 1k Dari Blog Dalam Sebulan

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi cerita serta pelajaran dari pendapatan saya berjumlah $ 5,586.25 atau kalau di konversi ke Rupiah dengan kurs 1 USD = 12.900 menjadi 72.062.625 Rupiah. Penghasilan tersebut untuk periode 2014. Kalau dirata-ratakan, penghasilan bulanan saya pada 2014 sebesar -/+ 6 juta-an.

Apa yang saya lakukan untuk menghasilkan IDR 72.062.625 dalam setahun? Apa saja pelajaran berharga darinya? Apakah penghasilan tersebut membuat saya puas atau masih jauh dari target? Apakah seharusnya saya bisa menghasilkan lebih banyak dari jumlah tersebut?

Berikut ini beberapa poin yang ingin saya share dengan sahabat BloggerLamongan.com dengan harapan apa yang saya paparkan dibawah ini bisa memberikan bahan pembelajaran berarti serta motivasi bagi sahabat BloggerLamongan.com.

Catatan:
Total penghasilan $ 5,586.25 saya dapat dari 1 jaringan periklanan (Google) dengan menggunakan 6 blog. Berikut screenshot laporan penghasilan (klik gambar untuk memperbesar).

penghasilan ngeblog saya

Target penghasilan saya per 2014 adalah sebesar $ 1.000/bulan. Target tersebut mestinya bisa terealisasi merujuk pada sejumlah hal, meliputi progres trafik, impresi iklan, dan click through rate (CTR) iklan. Meskipun dalam rentang waktu tertentu statistik trafik cukup bagus, namun berbagai fenomena terjadi di tahun 2014 yang akhirnya membuat penghasilan saya tidak konsisten, bahkan dalam hitungan waktu tertentu mengalami penyusutan yang sangat drastis.

Untuk bisa mendapatkan earnings secara maksimal, hal tersebut tidak bisa lepas dari beberapa aspek, yaitu CTR, CPC, dan konsistensi trafik. Pada kurun waktu tertentu, CTR iklan pada beberapa blog saya mengalami penurunan yang cukup signifikan, dan sudah barang tentu kondisi tersebut membuat earnings saya turun drastis. Tidak hanya dihadapkan dengan masalah penurunan CTR, pada saat yang bersamaan, CPC juga ikut menurun sehingga earnings terus mengalami penurunan.

Dari keenam blog yang saya monetisasi, beberapa diantaranya merupakan blog niche pendidikan dimana niche pendidikan mengalami pasang-surut trafik karena niche pendidikan (mengacu pada keywords tertentu) merupakan niche trending. Alhasil, dalam kurun waktu tertentu laporan earnings saya mengalami penurunan yang sangat besar.

PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI PENGALAMAN SAYA DALAM MENGHASILKAN $ 5,586.25 (MINUS $ 6413.75 DARI TARGET)

KURANG TEPAT DALAM MEMILIH NICHE
Niche menentukan besaran CPC suatu blog. Sebagaimana pengalaman saya seperti disebutkan diatas, faktor CPC rendah menyumbang porsi penurunan penghasilan dalam jumlah yang cukup besar.

Pelajaran dari pengalaman ini, dimasa-masa mendatang faktor niche akan menjadi pertimbangan saya sebelum memutuskan untuk membangun blog baru. Selain mengalami kerugian pada sisi CPC, niche juga ikut menentukan konsistensi trafik.

KUALITAS BLOG DIBAWAH STANDAR
Meskipun satistik trafik blog tergolong bagus, namun secara keseluruhan kualitas beberapa blog dari keenam blog yang saya monetisasi masih belum memenuhi kriteria blog berkualitas. Kualitas blog yang kurang baik juga ikut memberi andil atas penurunan CPC iklan. CPC iklan (iklan Google) biasanya akan terus mengalami penurunan sepanjang kita tidak melakukan perubahan berarti pada blog tersebut.

Kedepannya, saya akan lebih memperhatikan kualitas blog yang akan saya monetisasi agar penghasilan dari blog tersebut bisa mencapai volume maksimal. Kualitas blog mencakup desain template, mutu artikel, dan sejumlah aspek terkait lainnya.

PENEMPATAN IKLAN KURANG TEPAT
Sebagaimana yang saya bahas dalam artikel cara meningkatkan CTR iklan di blog, faktor penempatan sangat mempengaruhi CTR iklan. Penempatan iklan yang kurang atau tidak tepat akan menyebabkan iklan-iklan tersebut memiliki CTR rendah.

Setelah melakukan beberapa tahap percobaan dan analisa, letak iklan yang paling tepat adalah di ruang artikel. Artikel merupakan fokus utama pandangan para pengunjung blog karena yang mereka cari di blog kita tidak lain adalah artikel, maka CTR tinggi dapat diperoleh dengan cara menjadikan ruang artikel sebagai tempat penempatan iklan primer.

DESAIN DAN JENIS IKLAN
Desain iklan ikut menentukan besaran CTR. Semakin menarik iklan yang tampil, hal ini semakin memicu para pengunjung untuk menindaklanjuti iklan. Selain faktor desain, jenis iklan juga mempengaruhi CTR, dan opsi terbaik berdasarkan pengalaman saya yaitu menampilkan iklan dalam dua jenis, yakni iklan dalam bentuk teks dan iklan dalam bentuk gambar.

Agar desain dan jenis iklan tidak ikut menjadi penyebab menurunnya penghasilan, maka sangat perlu untuk memilih jenis dan desain iklan yang tepat sebelum memutuskan untuk memasang kode iklan di blog. Di Google Ads kita diperbolehkan untuk membuat iklan hingga 500 unit iklan, namun penggantian iklan secara berulang-ulang (tanpa maksud untuk melakukan pengujian kinerja iklan) akan menyebabkan CPC tidak konsisten.

Demikian, semoga catatan diatas bermanfaat bagi sahabat BloggerLamongan. Bagaimana dengan Anda? berapa penghasilan Anda di tahun 2014? Silakan share pengalaman Anda via kolom kementar.

Hosting Terbaik Indonesia

5 comments

  1. rio. Reply

    untuk pemula bagaimana caranya ya, mulai dari apa saja?. terimakasih sebelumnya

    • Din Tok Post authorReply

      Semuanya sudah dijelaskan di blog ini. Silakan dicari artikel apa yang agan butuhkan.

  2. BunnyHeker Reply

    gimana cara daftar google adsense soalnya saya gak punya atm / paypal ?
    please jawab

  3. Agus Riyanto Reply

    Keren jadi terinspirasi dengan membaca artikelnya,saya sendiri masih baru membuat blog.Kendalanya suka malas melihat traffik yang tak kunjung naik,serta ditolaknya adsense bertubi-tubi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!