AdSense Income Report di Bulan Oktober 2015, $822.24


Google AdSense (GA) merupakan opsi monetisasi primer yang saya terapkan pada sebagian besar blog yang saya kelola. Pada bulan Oktober 2015, statistik impresi iklan sejatinya memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan seiring dengan peningkatan trafik sebagian besar blog yang saya monetisasi menggunakan program Pay Per Click (PPC) milik Google ini.

Meskipun impresi iklan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun penghasilan saya tidak lantas ikut meningkat drastis, bahkan masih belum mencapai target. Hal ini dikarenakan faktor smartpricing dan Click Through Rate (CTR) rendah masih menjadi problem yang belum terselesaikan. Jika normalnya CTR berada pada nilai 1-2 persen, untuk bisa tembus 1 persen saja sejauh ini masih cukup sulit.

Secara teori, penghasilan GA saya mestinya berada pada level 1.5k-2k USD per bulan. Estimasi ini berdasarkan total impresi iklan, CTR, dan level Cost Per Click (CPC) dalam kondisi normal alias tidak sedang dalam masalah smartpricing. Terlepas dari masalah smartpricing yang belum usai hingga artikel ini saya tulis, penghasilan saya dari AdSense untuk bulan Oktober 2015 adalah sebesar $785.18 atau sebesar Rp 10.599.930 jika dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 USD = IDR 13.500

PENGHASILAN DARI ADSENSE
Estimated earnings
my adsense income
Final earnings

Dari screenshot diatas, Anda dapat melihat ada perbedaan yang cukup besar antara estimated earnings dengan payable earnings, tepatnya terpaut $37.06. Sebagai catatan, margin penghasilan tertaksir dengan penghasilan akhir sebesar $37.06 merupakan pengalaman baru semenjak saya menjadi publisher GA selama beberapa tahun. Selama ini margin yang biasa saya dapat hanya berkisar antara $2-$10.

Bagaimana dengan Anda? Berapa income GA Anda di bulan Oktober? Jangan lupa untuk di share dengan saya dan sahabat bloggerlamongan.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!