Sebulan Hasilkan $407.26 Dari AdSense Dengan Blog Bahasa Indonesia

Menjadi publisher Google AdSense (GA) merupakan salah satu cara praktis untuk mendapatkan penghasilan dari blog. GA adalah sebuah program periklanan berbasis Pay Per Click (PPC) yang dinaungi Google yang telah menjelma sebagai PPC primadona bagi kalangan blogger karena sejumlah kelebihan yang dimilikinya, mulai jadwal pembayaran yang selalu tepat waktu, iklan berkualitas, ketersediaan iklan, transparansi laporan, support mobile device, dll.

Pada postingan ini saya hanya ingin berbagi cerita dimana salah satu blog bahasa Indonesia yang saya kelola sempat menghasilkan $407.26 dari GA. Jika dikonversi ke Rupiah dengan kurs 1 USD = IDR 14000, maka hasilnya menjadi Rp 5.701.640. Besaran penghasilan tersebut diperoleh dalam kurun waktu satu bulan. $407.26 memang bukan jumlah yang fantastis, namun jika dilakukan pengukuran dari berbagai sisi pencapaian blog tersebut patut diapresiasi. Dengan bermodalkan 263 artikel, blog tersebut telah menghasilkan sesuatu yang besar.

penghasilan dari adsense

 

Dibuat pada pertengahan 2012 menggunakan sub domain blogspot, kemudian saya lakukan custom domain pada akhir 2013. Secara keseluruhan blog tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan kunjungan. Faktor niche sepertinya ikut mempengaruhi volume trafik. Hanya dalam hitungan waktu yang relatif singkat, sejumlah artikel berhasil menduduki page one Google dan statistik pengunjung pun kian memperlihatkan trend positif, bahkan sempat tembus 15000 uv/hari.

Pada awal 2015, trafik mulai mengendur. Pemicunya cukup beragam, mulai pengelolaan yang kurang maksimal karena keterbatasan waktu yang saya miliki, meningkatnya volume persaingan pada niche tersebut, dan sejumlah hal terkait lainnya. Hingga artikel ini saya tulis, trafik blog tersebut berkisar 4000-an/hari. Dengan adanya penurunan trafik yang cukup signifikan, maka secara teknis earnings dari GA pun ikut menyusut drastis. Dari yang semula sempat tembus $407.26 dalam sebulan, maka dalam beberapa bulan terakhir ini bahkan tidak mencapai batas minimum pembayaran GA, yaitu $100. Kendati demikian, untuk kedepannya blog ini sebenarnya masih sangat potensial sepanjang dikelola dengan baik. Sepertinya untuk mengembalikan blog ini ke tracknya yang dulu hanya masalah waktu.

Pelajaran Yang Dapat Diambil

1. Konten bahasa Indonesia juga mampu menghasilkan dollar dalam jumlah yang besar apabila sejumlah unsur pendukung lainnya ikut dipenuhi.

2. 263 artikel bukanlah jumlah yang terlalu banyak, dan faktanya hanya dengan 263 artikel saja trafik kunjungan bisa tembus 15000 uv/hari.

3. Jika Anda berniat membuat niche blog, memperhatikan pemilihan keyword yang tepat sangat penting, karena dari sini Anda bisa mengukur volume trafik blog Anda dimasa mendatang.

4. Artikel berkualitas sangat penting. Secara teknis, cukup sulit untuk bisa mendapatkan 15000 kunjungan per hari hanya dengan 263 postingan. Namun, dengan memilih niche yang tepat serta artikel yang bermutu, hal tersebut dapat direalisasikan.

5. CTR adalah salah satu barometer besaran penghasilan kita dari GA, dan CTR dipengaruhi banyak faktor, mulai ukuran iklan, tata letak iklan, hingga topik dari blog itu sendiri.

Hosting Terbaik Indonesia

11 comments

  1. fxmantap Reply

    wow fantastis sekali mas. semoga bisa menyusul saya mas!!! tut nya keren dan memberikan informasi yang lugas tegas dan bermanfaat.

  2. sugi Reply

    Klo pengalaman ane pribadi, lebih menguntungkan monitize blog dengan konten affiliasi, lebih cepat hasilnya.
    Cuba dibandingkan aj dulu perhari AQ hanya bisa kumpulin max 2$ Saja / bulan x 12 bulan = 24 $ saja/tahun. Tapi setelah aku ganti blogku dengan konten affiliasi ternyata dalam 1 bulan sudah bisa menghasilkan s.d 3 jutaan..

  3. Arip Reply

    mantap mas..aku mau dong seperti itu, bgaimana caranya mas? 😮

  4. Anonymouse Reply

    Mantap gan! Tolong dong kasih tips biar Google Adsense menerima blog atau website kita.

  5. Agus Supriyono Reply

    Kebanyakan saya baca sukses berpenghasilan besar dengan blog english ternyata ada juga yang berbahasa indonesia
    Jadi semangat, blog berbahasa indonesia juga bisa

  6. Muhammad Aldrin Reply

    Hebat mas, trafficnya tinggi banget, jadi baru main adsense 1 bulan terakhir. Jdi tambah semangat untuk serius di dunia blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!