Menghitung Kebutuhan Hosting Suatu Blog


menghitung kebutuhan hosting blogSebelum Anda memutuskan untuk memilih paket hosting tertentu, pertimbangan terpenting sebelum mengambil keputusan adalah menganalisa kebutuhan hosting blog Anda. Ini sangat penting untuk menentukan jenis atau paket hosting yang tepat untuk blog Anda sehingga Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya secara sia-sia.

Memilih hosting sendiri merupakan salah satu fase terpenting dalam membuat blog menggunakan self hosting atau hosting sendiri. Sejumlah aspek terpenting harus Anda pertimbangkan sebelum Anda menentukan pilihan. Pilihlah provider layanan web hosting yang sudah memiliki reputasi sehingga masa depan blog Anda benar-benar terjamin, baik dari sisi keamanan, performa, dll.

Lebih lanjut terkait dengan memilih web hosting, silakan baca artikel tips memilih hosting. web hosting terbaik Indonesia.

Harga sewa hosting tidaklah murah, oleh yang demikian amat perlu bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan hosting blog Anda, dengan demikian Anda akan membelanjakan uang secara bijak dan disisi lain kebutuhan hosting blog Anda benar-benar sudah terpenuhi. Berkaitan dengan ukuran hosting yang dibutuhkan suatu blog, saya menggunakan tiga parameter untuk menentukannya. Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

1. Ukuran Blog atau Website

Poin pertama yang perlu diperjelas adalah ukuran weblog Anda. Dengan mengetahui ukuran weblog Anda, maka Anda akan memiliki gambaran tipe atau paket hosting yang semestinya Anda beli. Ukuran suatu blog sangat bergantung pada jenis file yang dimuat pada blog tersebut. Sebut saja blog Anda dipenuhi file flash atau gambar berukuran besar dalam jumlah yang banyak, maka sudah pasti blog Anda berukuran besar.

Jika dimungkinkan, usahakan untuk meminimalisir penggunaan file animasi/gambar atau file berjenis flash, karena hal ini dapat menyebabkan performa blog Anda tidak maksimal. Selain itu, hal tersebut demi menjaga ukuran blog Anda dimana rata-rata ukuran suatu laman blog tidak boleh lebih dari 30 KB.

2. Kuota Disk Space

Jika Anda sudah bisa membaca ukuran blog Anda, maka saatnya untuk menganalisa kuota ruang penyimpanan yang akan dibutuhkan blog Anda. Pilihlah jumlah kapasitas sesuai kapasitas yang Anda butuhkan di komputer untuk meng-host blog Anda. Usahakan untuk mengontrol batas penyimpanan hingga 30 MB. Sebuah survei menunjukkan bahwa batas tersebut cukup untuk memuat file yang besar di blog. Sementara itu, Anda dimungkinkan untuk mempertimbangkan mengubah batassan tersebut apabila blog Anda dilengkapi forum yang cukup ramai.

3. Trafik Kunjungan

Memperkirakan jumlah pengunjung merupakan sisi pertimbangan yang sangat penting guna mengukur kebutuhan bandwidth blog Anda. Jika Anda memilih jenis layanan hosting dengan bandwidth rendah sementara blog Anda memiliki trafik kunjungan yang tinggi, maka hal ini akan menyebabkan blog Anda tidak dapat diakses atau performanya menjadi sangat lambat.

Misalkan Anda sudah menentukan target untuk mendatangkan 20.000 pengunjung per bulan dengan kapasitas rata-rata 30 KB data per halaman, maka pilihlah paket hosting dengan bandwidth sebesar 1,5 GB. Ukuran harga hosting yang menyediakan bandwidth 1.5 GB/bulan memang masih terbilang cukup mahal, namun bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Anda dapat memilih Niagahoster dimana web hosting yang satu ini menawarkan harga hosting serba unlimited termurah dengan mutu yang tetap terjamin. Lebih lanjut tentang web hosting Niagahoster sudah saya bahas dalam artikel 5 alasan memilih Niagahoster adalah pilihan yang tepat.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!