Penghasilan AdSense Anda Turun Drastis? Saatnya Untuk Mengambil Langkah Yang Tepat

penghasilan adsense turunGoogle AdSense (GA) memungkinkan blogger untuk memonetisasi blog mereka secara maksimal, namun dalam beberapa bulan terakhir ini profit yang didapat publisher mengalami penurunan yang cukup drastis. Penurunan tersebut dirasakan oleh hampir semua publisher Indonesia. Faktor bahasa konten serta sejumlah aspek lainnya menjadi pemicu menurunnya penghasilan publisher Indonesia secara signifikan.

Tidak dipungkiri, selama ini GA banyak dijadikan sebagai sumber penghasilan primer bahkan sumber penghasilan tunggal oleh sebagian besar blogger di Tanah Air. Ketika GA memperlihatkan performa yang cukup buruk, maka mereka (publisher GA) mengalami penurunan penghasilan hingga lebih dari 50 persen. Ini adalah konsekuensi dari keputusan blogger bersangkutan dengan menjadikan GA sebagai sumber monetisasi tunggal.

Baca juga: Cara saya mendapatkan $1k dalam sebulan

Berbeda dengan beberapa tahun silam, khususnya sebelum menginjak akhir 2014, saat ini GA tidak lagi menjanjikan hasil yang istimewa untuk publisher Indonesia. Seperti halnya pengalaman saya pribadi, statistik trafik beberapa blog yang saya kelola mengalami peningkatan hingga 300 persen dan penghasilan saya justru mengalami penurunan hingga 60 persen. Apa yang menyebabkan penghasilan GA saya serta blogger lokal pada umumnya mengalami penurunan secara drastis? Berikut jawabannya:

1. Persaingan AdWords dan Facebook Ads

Keberadaan Facebook ads memberi dampak yang cukup signifikan terhadap pengiklan AdWords. Tidak sedikit para pengiklan AdWords yang beralih ke  Facebook ads sehingga jumlah pengiklan yang tergabung dalam jaringan AdWords mengalami penurunan. Alhasil, stok dan nilai jual iklan AdWord menjadi rendah.

2. Geografi Pengunjung

Sebagian besar blogger lokal mengelola blog berbahasa lokal, sehingga trafik blog didominasi oleh pengunjung dari dalam negeri. Selain bergantung pada keyword dan kualitas artikel, faktor geografi merupakan salah satu nilai ukur dalam menentukan besaran CPC (Cost Per Click). Suatu blog berpeluang mendapatkan CPC tinggi manakala trafik blog tersebut berasal dari U.S, Eropah, Australia, dan beberapa negara di Asia seperti Jepang dan Singapura.

3. Stabilitas Ekonomi 

Menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika menyebabkan budget pengiklan perusahaan-perusahaan lokal menjadi berkurang. Karena budget pengiklan lokal menjadi terbatas, maka mereka menurunkan biaya campaign iklan serta memberi batasan terhadap bidding iklan. Dampaknya sangat dirasakan oleh para publisher GA.

4. Kuota Publisher Lokal

GA merupakan program periklanan berbasis PPC (Pay Per Clcik) terpopuler, khususnya bagi pengembang website dan pengelola blog di Tanah Air. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah pemilik akun GA di Indonesia semakin meningkat dan hal ini menyebabkan nilai jual suatu blog atau website menjadi rendah.

5. Tema Blog

Seperti diketahui, GA merupakan program periklanan kontekstual dimana setiap keyword memiliki harga masing-masing. Faktor tema sangat mempengaruhi hasil akhir monetisasi suatu blog menggunakan GA. Sebut saja si A memiliki blog dengan jumlah pengunjung 10,000/hari dan mengusung tema seputar seni, sementara si B memiliki blog dengan trafik harian 4,000 dan mengusung tema seputar finansial, maka kemungkinan besar penghasilan si B justru melampaui penghasilan si A.

Dari wacana diatas, maka kita harus mengambil langkah yang tepat guna tetap bisa menghasilkan profit dari blog secara maksimal. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menyikapi penurunan penghasilan Anda dari program GA:

1. Jangan Bergantung Pada GA

Ada sekian banyak program periklanan online yang bisa Anda coba. Jika performa GA tidak sebanding dengan nilai jual blog Anda, kenapa harus bergantung pada GA?

Cobalah jaringan periklanan lainnya yang berpotensi memberikan penghasilan secara stabil. Beberapa jaringan periklanan online lainnya yang bisa Anda coba diantaranya, PropellerAds Media, Adversal, dan Adnety. Anda juga bisa menggabungkan GA dengan ad network lain.

Baca juga: Daftar iklan PPC, CPM untuk blog bahasa Indonesia

2. Fokus Terhadap Tema Khusus

Mengelola niche blog atau micro niche blog berpotensi memberikan penghasilan secara maksimal katimbang mengelola blog dengan trafik tinggi namun tidak memiliki tema khusus. Pilihlah tema yang memiliki nilai jual tinggi terhadap advertiser, seperti finansial, bisnis online, kesehatan, dll. Terlepas dari prioritas fokus terhadap suatu topik, pastikan Anda menguasai topik tersebut. Jangan memaksakan diri untuk menyampaikan sesuatu yang tidak atau kurang Anda pahami.

3. Buat Blog Bahasa Inggris

Jika Anda menargetkan pengunjung luar negeri seperti U.S, UK, Australia atau trafik internasional pada umumnya, maka sudah barang tentu Anda harus membuat blog menggunakan bahasa konten Inggris. Seperti yang saya sebutkan diatas, nilai klik iklan yang berasal dari Amerika, Eropah, Australia dan sejumlah negara terkait lainnya memiliki nilai CPC yang cukup tinggi jika dibandingkan klik dari pengunjung lokal dan beberapa negara di Asia seperti India dan kebanyakan negara di Asean.

4. Buat Blog Berkualitas

Terlepas dari pengaruh bahasa konten, geografis pengunjung, ataupun tema, faktor penilai lainnya adalah kualitas blog. Terlalu fokus terhadap peningkatan trafik blog terkadang membuat kita menyepelehkan kualitas blog secara keseluruhan. Ini adalah sebuah kesalahan fatal dan akan berimbas pada hasil akhir penghasilan ngeblog Anda. Google dapat menguak kualitas suatu blog dengan menggunakan banyak indikakator, mulai tingkat kepadatan kata, bounce rate, prilaku pengunjung, dll.

Pelajari: Cara membuat blog WordPress self hosting

5. Desain Layout Terbaik

Template ikut memberi andil besar dibalik tinggi-rendahnya penghasilan Anda jika menggunakan ad network berbasis PPC. Jangan semata-mata memprioritaskan tampilan, pilihlah template yang memiliki layout cukup baik sehingga CTR (Click Through Rate) di blog Anda cenderung mengalami peningkatan. Tempatkan iklan pada bagian yang strategis, seperti di bagian header, dibawah judul artikel, ditengah postingan, dibagian bawah artikel atau Anda dapat menganalisa kecenderungan pengunjung blog Anda.

Jangan lewatkan: Cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal

Demikian, semoga bermanfaat. Dan sebagai catatan, monetisasi blog membutuhkan kesabaran dan konsistensi tinggi. Tanpanya, Anda tidak akan mendapatkan apapun kecuali putus asa dan memilih berhenti ditengah jalan.

Happy Blogging!

Hosting Terbaik Indonesia

5 comments

  1. iman Reply

    Ini dia yg sy cari, terimksh atas infonya … bermanfaat sekali

  2. Rush Reply

    sepertinya saya harus ambil ancang-ancang untuk mencoba alternatif lain nih..

  3. Parto suwandi Reply

    Blog dengan konten Indonesia sangat kecil nilai cliknya…pengunjung dengan 10K hanya bisa dapat $3..kadang hal ini membuat kita menjadi malas untuk ngeblog…tp kita berfikir secara rasional aj..kita ngeblog bukan hanya mengejar money tapi juga ilmu..trima kasih gan telah berbagi ..

  4. vina Reply

    Mau tanya Mas Untuk Facebook Ads Misalkan Kita Beriklan di Facebook Untuk beriklan blog kita apakah bisa meningkatkan penghasilan adsense kita..atau rawan banned traffic dari facebook ads??terima kasih

    • Din Tok Reply

      Hal tersebut dimungkinkan, tapi sangat sulit. AdSense adalah jaringan periklanan berbasis PPC, jadi prilaku pengunjung selama berada di blog Anda amat menentukan seberapa besar penghasilan Anda dari AdSense. Sebut saja Anda berhasil meningkatkan trafik dengan beriklan di Facebook, namun para pengunjung tersebut tidak mengklik iklan AdSense di blog Anda, pastinya earnings Anda tidak akan banyak mengalami perbedaan.

      Untuk kemungkinan di ban, saya rasa tidak akan terjadi sepanjang Anda tidak melakukan tindak pelanggaran lain. Saya perhatikan ada banyak website atau blog yang juga membangun trafik dari Facebook Ads dan disaat yang bersamaan mereka juga memasang iklan AdSense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!