Trend Afiliasi Sebagai Metode Mendapatkan Penghasilan Online Paling Menjanjikan

Bagi sebagian blogger, program afiliasi mungkin baru dianggap sebagai salah satu metode untuk menghasilkan uang dari internet. Mereka belum menelaah lebih jauh atau secara aktif menekuni program penghasil uang yang satu ini. Sebagian blogger, khususnya blogger di tanah air lebih memfokuskan diri menjadi publisher iklan berbasis PPC seperti Google AdSense, atau CPM seperti PropellerAds. Mereka belum benar-benar memanfaatkan keberadaan program afiliasi sebagai salah satu cara untuk mendapatkan online income dalam jumlah yang besar.

Mengamati perjalanan para blogger terkemuka serta menjadikan studi kasus saya pribadi sebagai ukuran, muncul sebuah pelajaran penting terkait mendapatkan penghasilan dari blog atau dari internet pada umumnya. Dari kesekian banyak blogger tersohor ternyata porsi penghasilan terbesar mereka datang dari program afiliasi, mulai afiliasi web hosting, afiliasi professional service, afiliasi produk SEO, dan lain sebagainya. Ternyata, peluang untuk memaksimalkan passive income dari program afiliasi jauh lebih besar daripada hanya terfokus pada program periklanan seperti PPC atau CPM.

Merasa tertarik untuk menjajal afiliasi, terhitung sejak beberapa bulan lalu saya mencoba program aflliasi web hosting. Media yang saya gunakan untuk bersosiallisasi hanya mengandalkan blog ini. Meski saya memiliki beberapa blog, namun saya tidak melibatkan blog-blog tersebut mengingat program afiliasi yang saya pilih adalah produk web hosting sehingga akan lebih tepat sasaran jika saya menggunakan BloggerLamongan.com. Hasilnya, ternyata cukup menjanjikan, bahkan diluar dugaan.

Pada awal 2016 hingga artikel ini saya tulis, BloggerLamongan.com mengalami penyurutan trafik hingga 40 persen. Sementara itu, total trafik harian blog ini juga tidaklah besar. Rata-rata pengunjung harian BloggerLamongan.com masih dibawah 1k. Namun, total pageview hariannya hingga 6 kali lipat dari jumlah total visitor. Diluar perkiraan, ternyata BloggerLamongan.com memberikan profit yang cukup besar (jika dikomparasi dengan statistik trafik) dari program afiliasi web hosting. Hanya dengan bekal trafik yang relatif minim, blog ini bisa menghasilkan beberapa juta dari afiliasi web hosting. Berbeda jauh jika saya bandingkan dengan penghasilan dari Google AdSense dimana penghasilan setiap bulannya hanya berkisar antara $10-25.

cara mendapatkan uang dari afiliasi
Statistik afiliasi web hosting yang saya ikuti (Untuk alasan privasi, web address saya sensor)

 

cara mendapatkan uang dari afiliasi
Laporan transfer pembayaran dari program afiliasi web hosting yang saya ikuti

Berkaca pada pengalaman saya diatas, dapat diambil kesimpulan serta pelajaran berharga, sebagai berikut:

  • Bergantung pada jenis media (blog) yang Anda kelola, terlalu fokus terhadap periklanan seperti PPC atau CPM merupakan sebuah kerugian. Jika konten media Anda relevan dengan produk afiliasi tertentu, maka Anda bisa memaksimalkan penghasilan dari blog Anda dengan mengikuti program afiliasi.
  • Pada umumnya, presentase penghasilan dari program afiliasi jauh lebih besar, melebihi penghasilan dari program periklanan berbasis PPC dan CPM. Namun, terntu saja hal ini bergantung pada kemampuan Anda dalam meyakinkan orang yang akan Anda referensikan.
  • Afiliasi tidak terpengaruh oleh add-on pemblokir iklan. Berbeda dengan Google AdSense atau jaringan periklanan PPC online lainnya, keberadaan AdBlock dan add-on sejenis dapat menurunkan penghasilan Anda dalam jumlah yang besar.
  • Afiliasi merupakan salah satu bentuk mendapatkan penghasilan dari internet untuk jangka panjang. Sepanjang Anda bisa mereferensikan orang, Anda tetap akan menikmati hasil kerja keras Anda tanpa terpengaruh hal-hal apapun sebagaimana Anda menjadi publisher iklan pihak ketiga.
  • Afiliasi adalah salah satu cara terbaik dan yang paling menguntungkan. Afiliasi merupakan cara mendapatkan penghasilan online untuk masa sekarang dan dimasa-masa yang akan datang.

Punya media yang tepat untuk mengikuti program afiliasi? Jangan tunda, lakukan mulai sekarang!

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Zein Reply

    maksud program / produk afiliasi itu gimana mas? mohon penjelasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!