Mencoba Performa Cloud Hosting

perbedaan share hosting dan cloud hostingKondisi website atau blog menentukan pilihan mana yang paling tepat untuk diambil, apakah shared hosting, cloud hosting atau bahkan VPS? Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing diukur dari sisi biaya dan kualitas performanya.

Baca juga: Perbedaan hosting gratisan dan berbayar

Selama ini bloggerlamongan.com menggunakan layanan shared hosting, dan beberapa waktu lalu saya kepikiran untuk beralih ke layanan cloud hosting ketika pada saat yang bersamaan disk space shared hosting yang saya gunakan sudah overquota.

Baca juga: Tips memilih hosting sesuai kebutuhan

Saya pun memutuskan untuk mencoba layanan cloud hosting dengan kontrak pembelian singkat. Hal ini saya lakukan supaya saya tidak banyak merugi apabila nantinya saya memutuskan berpindah ke layanan lainnya jika merasa kurang puas dengan provider dan jenis layanan yang saya gunakan.

Perbedaan Shared dan Cloud Hosting

Shared hosting adalah sebuah layanan web hosting yang hanya terdiri dari server tunggal sementara yang di cover mencakup banyak website. Karena hanya bergantung pada server tunggal, maka shared hosting sering mengalami masalah atau yang lebih sering disebut down. Hal ini terjadi karena server tidak mampu mengcover sekian banyak website sementara terdapat beberapa website yang mencapai batasan kemampuan server. Kondisi tersebut akhirnya membuat server tumbang dan website tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Baca juga: Hosting berkualitas untuk WordPress

Cloud hosting secara teknis memiliki performa yang lebih stabil dibanding shared hosting karena cloud hosting memiliki cadangan server. Artinya, ketika satu server mengalami masalah, maka server lainnya akan melakukan backup sehingga performa website tetap stabil dan jarang mengalami down. Sementara itu, sisi kekurangan dari cloud hosting dibanding shared hosting terletak pada harga. Harga layanan cloud hosting relatif mahal jika dibandingkan shared hosting. Idealnya cloud hosting digunakan oleh website yang sudah menghasilkan uang karena biayanya yang tidak murah.

Perubahan apa yang terjadi pada bloggerlamongan.com dari shared ke cloud hosting?

Alasan utama berpindah ke cloud hosting adalah untuk meningkatkan speed blog karena poin ini sangat berpengaruh pada SEO dan juga kepuasan para pembaca. Namun demikian, terlepas dari perbedaan teknis shared dan cloud hosting, kecepatan akses blog pada dasarnya juga bergantung pada kualitas web hosting (provider) yang kita gunakan dan tidak semata-mata merujuk pada jenis layanan. Saya akan mengamati waktu muat blog ini dalam beberapa pekan kedepan, dan jika hasilnya tidak sesuai espektasi, tidak menutup kemungkinan saya akan beralih ke layanan atau provider lain.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!