5 Hal yang Akan Membuat Blog Anda Tetap Memiliki Pengunjung (Stabil)

visitor blog

Untuk tetap termotivasi menggeluti blogging, kita membutuhkan pengunjung. Dan faktanya, banyak sekali blog-blog besar yang pada akhirnya “tereliminasi” dari daftar pencarian teratas Google sehingga traffic kunjungan blog tersebut menjadi sangat rendah.

Membangun traffic blog sendiri bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diwujudkan hanya dalam hitungan waktu 1-2 bulan. Ada beberapa tahapan dan hal tersebut cukup memakan waktu. Dan dengan kondisi yang demikian itu, tentunya Anda ingin agar traffic blog Anda tetap bisa berkembang atau setidaknya stabil.

Dalam perkembangannya, traffic blog tinggi bisa mengalami penuruan yang cukup signifikan dimana hal ini perlu untuk diantisipasi agar nantinya tidak meredupkan semangat Anda dalam menekuni rutinitas ngeblog.

5 Hal yang Akan Membuat Blog Anda Tetap Memiliki Pengunjung Waktu demi Waktu

Simak ulasan dibawah ini mengenai beberapa hal yang akan membuat blog Anda tetap memiliki pengunjung secara normal (stabil).

1. Posting / Update Artikel Secara Rutin

update-artikel

Sebagian blogger mungkin tidak menyadari bahwa blog itu perlu di update. Jika Anda tidak bisa memposting artikel baru karena keterbatasan waktu, maka setidaknya Anda perlu mengupdate artikel lama. Ini sangat penting karena faktanya blog yang “didiamkan” terlalu lama akan mengalami penurunan peringkat di hasil penelusuran Google.

2. Artikel Berkualitas yang Berguna untuk Pembaca

artikel-bermutu

Untuk blog baru, terkadang si pemilik hanya fokus untuk memproduksi konten dan tidak seberapa memperhatikan kualitasnya. Hal ini harus Anda hindari karena sekalipun artikel tersebut berhasil masuk halaman 1 Google pada akhirnya akan hilang dari daftar top 10, bahkan dalam hitungan waktu yang cukup singkat.

3. Tidak Dipenuhi Konten Musiman

trending topic

Untuk mendapatkan traffic tinggi secara cepat bisa dilakukan dengan memperbanyak konten yang sifatnya musiman (trending). Namun, jika sebagian besar konten blog Anda berupa artikel trending topic, maka dapat dipastikan seiring dengan memudarnya topik tersebut blog Anda akan mengalami penurunan traffic yang sangat signifikan.

4. Tidak Terdapat Banyak Link Error

broken-links

Link error atau broken link (error 404) dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat blog Anda teridentifikasi sebagai blog spam. Dan ketika blog Anda “terjebak” dalam situasi ini, maka bisa dipastikan pengunjung blog Anda akan mengalami penurunan.

Anda perlu memastikan semua link blog Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk melakukan pengecekan broken link, Anda bisa memanfaatkan Tools Google Console.

5. Load Time Blog Cepat

loads-blog

Seperti diketahui, Google sangat memprioritaskan pengalaman pengguna yang baik. Kecepatan waktu muat (loading) merupakan salah satu hal yang dapat memberikan kenyamanan dipihak pengguna ketika mengakses suatu situs web. Artinya, meningkatkan kecepatan loading website merupakan salah satu pekerjaan prioritas untuk memastikan pengunjung blog Anda tetap normal.

Penutup

Meningkatkan pengunjung blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain fokus untuk meningkatkan traffic, Anda juga perlu memastikan blog Anda tidak akan mengalami penurunan traffic secara drastis lantaran Anda mengabaikan sejumlah hal penting yang kurang Anda perhatikan.

Sekalipun sebagian besar artikel blog Anda sudah berhasil masuk halaman teratas Google, Anda tidak bisa mempertahankannya ketika Anda mengabaikan beberapa hal penting yang antara lain sebagaimana disebutkan diatas.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!