Kesalahan Dalam Memilih Web Hosting Yang Harus Dihindari

kesalahan memilih hostingHosting akan menjadi salah satu faktor penentu performa blog Anda dimasa mendatang, artinya memilih web hosting tidak seharusnya dilakukan secara asal-asalan. Banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum menentukan pilihan, seperti reputasi web hosting yang akan Anda pilih, space yang Anda butuhkan, dll. Lebih lengkapnya dapat Anda baca pada artikel tips memilih web hosting dan domain.

Secara teknis, hosting tidak sebatas menjadi media storage. Hosting juga menentukan stabilitas kinerja blog. Meskipun kita bisa berpindah web hosting sewaktu-waktu, namun ada baiknya sebelum membuat pilihan Anda mempertimbangkannya secara matang terlebih dahulu supaya Anda tidak perlu bekerja dua kali.

Berikut ini 7 kesalahan dalam memilih web hosting yang perlu Anda ketahui guna menghindarkan Anda dari kerugian dimasa mendatang.

1. Memilih Web Hosting Gratisan

Memang tidak ada salahnya kita memilih web hosting gratisan, tapi yang perlu jadi catatan adalah web hosting gratisan sarat dengan keterbatasan. Selain itu, performanya juga cenderung tidak stabil. Jika Anda ingin menjadi blogger profesional, maka tidak ada satupun diantara mereka yang menggunakan layanan hosting gratisan.

2. Tergiur Dengan Harga Murah

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah. Harga sejalan dengan mutu atau kualitasnya. Jika Anda mendapati ada salah satu web hosting yang menawarkan harga diluar batas kewajaran, maka Anda patut untuk mewaspadainya.

3. Tidak Memperhatikan Spek Hardware

Kualitas server ditentukan oleh spek hardware web hosting bersangkutan, oleh karenanya Anda perlu mencermati hardware yang digunakan web hosting tersebut sebelum menentukan pilihan.

4. Salah Memilih Provider

Terdapat sekian banyak perusahaan penyedia layanan web hosting. Anda harus memilih web hosting yang sudah terpercaya. Pilihlah web hosting dengan client terbanyak, karena hal tersebut mencerminkan reputasi baik perusahaan bersangkutan.

5. Salah Menentukan Kebutuhan Hosting

Poin ini sebenarnya sudah saya kupas dalam artikel tips memilih hosting sesuai kebutuhan. Sebelum mengambil paket hosting tertentu, lakukan pengukuran berapa space serta bandwidth yang Anda butuhkan sehingga Anda tidak perlu melakukan upgrade ke jenis paket hosting lainnya.

6. Tidak Memperhatikan Layanan Dukungan Pelanggan

Anda membutuhkan dukungan layanan pelanggan yang baik guna mengatasi masalah Anda secara cepat apabila sewaktu-waktu terdapat masalah dengan hosting Anda. Setiap perusahaan web hosting kenamaan menyediakan layanan dukungan pelanggan 24/7.

7. Server Berbeda Dengan Target Audience

Pilihlah server sesuai dengan target pengunjung blog Anda. Misalkan Anda memiliki blog bahasa Indonesia dimana target pengunjungnya berasal dari Indonesia, maka pilihlah server Indonesia. Jika target pengunjung dari luar negeri, maka pilihlah server USA.

Anda butuh hosting? Pelajari:

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!