Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Bisa Mendapatkan Uang Dari Blog? Simak Jawabannya


waktu yang diperlukan untuk mendapatkan uang dari blog“Kapan sebuah blog bisa menghasilkan uang?”, pertanyaan ini sempat bermain dipikiran saya diawal saya mulai menekuni blogging. Bagi Anda yang ingin make money blogging, kemungkinan pertanyaan tersebut saat ini juga hinggap dipikiran Anda. Nah, melalui artikel ini saya akan share beberapa hal yang harus dipahami dalam blogging yang terorientasi untuk mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan dari blog beserta ukuran waktu yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan uang.

Apa itu Blog?

Jika Anda berpikir untuk mendapatkan uang dari blog, maka sebelum bicara lebih jauh pertama-tama yang harus Anda pahami adalah hakikat dari blog itu sendiri.

Definisi blog dalam pengertian yang mudah dipahami bagi orang awam, adalah sebuah media online yang berisikan informasi dalam bentuk artikel, gambar, atau sejumlah file sejenis. Karena sifatnya sebagai media online, maka blog dapat diakses dari perangkat yang dibekali koneksi internet seperti ponsel dan komputer. Sebuah blog kemudian bisa menjadi populer karena blog tersebut memuat informasi (artikel) yang dibutuhkan oleh banyak orang yang dalam hal ini biasanya melalui perantara mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo, dll.

Bagaimana Sebuah Blog Bisa Menghasilkan uang?

Setiap media online yang memiliki banyak pengunjung tentunya bisa dikomersilkan melalui berbagai macam cara. Cara mengkomersilkan atau menguangkan blog yang paling banyak digunakan para pengelola blog (blogger) adalah melalui iklan. Blogger dimungkinkan untuk menggait pengiklan secara mandiri atau bergabung dengan jaringan periklanan online tertentu dan kemudian mendapatkan penghasilan darinya. Contoh, saya memasang iklan Google AdSense di blog ini, maka saya mendapatkan penghasilan dari Google AdSense sesuai dengan sistem atau mekanisme yang sudah ditentukan pihak Google.

Kapan Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa blog yang bisa dikomersilkan adalah blog yang sudah memiliki pengunjung. Secara teori, blog yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang adalah blog yang sudah berpengunjung atau dalam artian lainnya blog yang tidak memiliki pengunjung tidak bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Jadi, jika Anda punya pertanyaan “Kapan Blog Saya Bisa Menghasilkan Uang?”, maka jawabannya berbeda antara satu sama lain, bergantung pada trafik (pengunjung) blog tersebut.

Namun demikian, terdapat barometer kapan sebuah blog akan mulai menampakkan pertumbuhan (memiliki pengunjung) sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Blog Yang Benar?

Poin ini sangat penting, dan sebenarnya harus menjadi perhatian setiap calon blogger sebelum yang bersangkutan berpikir lebih jauh tentang target atau mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Secara sederhananya, cara membuat blog yang benar dimulai dari:

  • Belajar dasar-dasar ngeblog
  • Menentukan platform blog yang ingin Anda gunakan
  • Menentukan tema blog Anda
  • Menguasai tema blog yang Anda pilih
  • Mengevaluasi pekerjaan Anda sambil terus belajar tentang apa yang belum Anda pahami

Baca: Panduan membuat blog di WordPress hosting sendiri

Jika sejumlah poin yang saya sebutkan diatas sudah ada dikepala Anda, maka artinya cara Anda membuat blog mestinya sudah ditempuh dengan langkah-langkah yang benar. Hal tersebut sangat penting karena akan menjadi ukuran perkembangan serta masa depan blog Anda.

Setelah Anda memahami bagaimana cara membangun blog secara benar, pekerjaan Anda selanjutnya adalah membangun trafik sehingga nantinya blog terseut bisa dikomersilkan.

Bagaimana cara membangun trafik blog yang tepat? Dibawah ini merupakan rangkuman langkah-langkah untuk membangun trafik blog yang perlu Anda perhatikan.

Ringkasan Cara Membangun Trafik Blog:

  • Gunakan template yang ringan (SEO friendly)
  • Daftarkan blog Anda ke mesin pencari, khususnya Google.
  • Posting artikel berkualitas
  • Posting artikel sesuai tema blog Anda
  • Kerjakan tugas Anda secara konsisten

Bergantung pada tingkat persaingan tema artikel yang Anda terbitkan, jika tingkat persaingannya rendah maka artikel Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari hanya dalam kurun waktu yang singkat. Sementara itu, jika tema artikel yang Anda terbitkan memiliki tingkat persaingan sedang atau bahkan tinggi, maka butuh waktu lebih lama untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Untuk membantu artikel di blog Anda tetap berpeluang masuk halaman 1 mesin pencari apapun tingkat persaingannya, pastikan Anda tetap konsisten memposting artikel berkualitas yang memiliki keterkaitan antara satu sama lain. Misalkan Anda memilih tema blog Panduan Komputer, maka usahakan artikel yang Anda publikasikan memiliki keterkaitan dengan Komputer.

Baca: Tips menulis artikel berkualitas sesuai standar SEO

Kapan Sebuah Blog Bisa Berpengunjung?

Dengan mengacu pada sejumlah hal termasuk sebagaimana yang saya sebutkan diatas, pada umumnya sebuah blog baru akan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari beberapa bulan setelah blog tersebut rampung dibuat dan sudah berisikan artikel. Namun, cepat-lambatnya pertumbuhan trafik sebuah blog amat dipengaruhi oleh kualitas artikel yang dimuat di blog tersebut.

Baca: Cara mendatangkan pengunjung blog secara benar

Saatnya Blogger Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog

Seperti pemaparan diatas, ada beberapa tahapan sebelum akhirnya Anda bisa menguangkan blog Anda. Jika Anda melakukan segala sesuatunya dengan benar, maka tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk bisa memonetisasi blog Anda. Sementara itu, jika Anda banyak melakukan kesalahan sehingga menyebabkan pertumbuhan trafik blog Anda terhambat, maka Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa memonetisasi blog Anda.

Baca juga: Cara mendaptkan uang dari blog tanpa modal

Demikian, semoga artikel ini menjawab pertanyaan Anda, dan semakin memotivasi Anda untuk melakukan yang terbaik yang akan berujung pada profit sebagaimana yang Anda espektasikan.

Hosting Terbaik Indonesia

15 comments

  1. Herbas Reply

    Saya berjunjung ke blog ini karena dapat emaill. Mengapa cara ini tak dimasukkan sebagai salah satu cara mendatangkan pengunjung yg akhirnya menghasilkan.

  2. Fank Seng Reply

    Pencerahan lugas,inspiratif dan pastinya sangat mebantu banget bagi pemula seperti saya….Terima kasih….

  3. Mas Sun Reply

    Mantap gan infonya,, sekalian minta pencerahan.

    Nasib blog saya saat ini terpuruk, sudah satu tahun blog yang saya kelola memiliki pengunjung 1900 – 2000 / perhari, dan sekarang tinggal 100 / perhari.

    Update artikel sudah saya lakukan, tetapi belum ada tanda-tanda blog muncul di permukaan, dan anehnya lagi domain di ketik pada search engine tidak muncul.

    Sudah cek sana sini blog tidak ada masalah, karena memang blog yang saya kelola tidak mengandung unsur yang aneh-aneh.

    sudi kiranya memberikan nasehat bagi pemula seperti saya ini.

    Terima kasih

    • Din Tok Post authorReply

      Sebagai catatan, ada banyak faktor yang mempengaruhi stabilitas trafik blog mulai faktor persaingan, kualitas konten, frekuensi update, dll. Saya coba cek blog Anda dan blog Anda tidak terindex di Google. Coba buka setelan di Blogger.com, mungkin Anda secara tidak sengaja memilih pengaturan pencekalan terhadap blog Anda.

  4. rahman Reply

    bisa ditiru untuk pemasaran blog melalui e mail gaya bloggerlamongan.com,
    ini jg salah satu cara mendatangkan pengunjung yang pada akhirnya dapat di konversi ke penghasilan menjadi blogger.

    Salam

  5. Adnalda Reply

    Kalau menurut saya (setelah membaca artikel dari para master blog), waktu untuk mendapatkan uang dari blog adalah satu tahun sejak blog berdiri, karena traffiknya sudah mulai banyak dan stabil (dapat uangnya). Tapi satu tahun itu memang harus kita bangun blog yang benar-benar berkualitas, agar tidak kecewa nantinya

  6. anto Reply

    Susah gan daftar google adsense, dah lama ngeblog jadi malse ngeblog klo kaya gini

  7. Kiki Reply

    Hemm ini yang sangat membuat penasaran aku.. sebenarnya berapa besar penghasilan yang dapat kita peroleh dari ngeblog..

    Thanx,..

  8. Mukhofas Al-Fikri Reply

    Hello Din Tok

    sepakat dengan postingnya..

    bahwa blog yang menghasilkan adalah blog yang udah ada artikel yng bermanfaat dan pembaca merasa terbantu dengn artikel yg kita tulis.

    urutan sebuah blog bisa menghasilkan :
    1. membuat blog
    2. mengisi konten yang berkualitas
    3. mencari pembaca yang suka dengan tulisan kita
    4. menguangkan blog dengan model model sperti google ads, iklan sponsorship dsb

    nah itu bila ingin sukses menghasilkan uang dalam blog kita.

    sekian sharingnya ya..

    Terima Kasih

  9. Mas Sun Reply

    nyimak aja,

    Membuat artikel berkualitas memang sulit, karena istilah Berkualitas adalah relatif.

    Dan kalau ngeblog tujuannya hanya untuk mencari uang, menurut saya pribadi,

    ” Blog tidak harus berisi artikel yang berkualitas, tetapi lebih mengedepankan artikel yang kita berikan dapat membantu orang lain, dan kita harus siap memberikan jawaban saat ada pertanyaan ”

    Dan masalah traffic yang selanjutnya menentukan besar-kecilnya penghasilan yang kita dapatkan, akan mengikuti sesuai apa yang bisa kita berikan kepada pembaca.

  10. pram Reply

    masih bersabar utk mengumpulkan pengunjung dulu, blm bisa mikirin muluk-muluk buat panen hasilnya.. hehe
    kalau saya sendiri yang tersulit adalah mempromosikan blog untuk dapat pembaca yang loyal..
    banyak blog lain yang mungkin lebih baik sehingga kita perlu mencari diferensiasi..
    jika pembaca sudah loyal, maka kita tidak akan bingung lagi utk me-monetize blog..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!