Hosting Terbaik Indonesia

Hosting adalah bagian dari berbagai elemen terpenting dalam membangun website atau blog self hosting. Hosting merupakan lemari online untuk menyimpan semua data weblog mencakup file, gambar, aplikasi, dll. Dengan fungsi utama sebagai media penyimpanan, maka kualitas web hosting amat menentukan sukses-tidaknya Anda dalam menciptakan sebuah website.

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut sebagai server dan dapat diakses melalui jaringan internet.

Jenis-jenis Hosting

Terdapat berbagai macam jenis web hosting, dintaranya:

  1. Free Hosting; layanan hosting gratis yang disediakan oleh perusahaan tertentu yang biasanya bertujuan untuk mendongkrak brand perusahaan bersangkutan. Hosting gratis memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan hosting berbayar, mulai faktor stabilitas, kecepatan, kapasitas, dan banyak pembatasan terhadap para penggunanya.
  2. Shared Hosting; satu server hosting digunakan secara bersama sama oleh banyak pengguna. Dalam satu server tersebut terdapat account untuk masing-masing pengguna yang dibedakan dengan username dan password.
  3. Virtual Private Server (VPS); satu server hosting digunakan secara bersama-sama oleh lebih dari satu pengguna, namun setiap pengguna memiliki lingkungan sistem operasi virtual tersendiri. Jumlah pengguna dalam VPS biasanya lebih dibatasi, karena alokasi sumber daya Server seperti CPU dan RAM sudah dialokasikan per pengguna. Sisi kelebihan VPS dibandingkan Shared Hosting terletak pada sisi stabilitas, yaitu tertutupnya kemungkinan untuk penggunaan sumber daya berlebih oleh satu pengguna yang dapat mengganggu pengguna lainnya. Sementara sisi kekurangannya adalah di sisi performa, dimana seorang pengguna hanya dapat menggunakan sumber daya server sesuai yang telah teralokasi, meskipun sumber daya tersebut tidak sedang digunakan oleh pengguna yang lain.
  4. Dedicated Server; satu server hosting hanya digunakan oleh satu pengguna, yang biasanya dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar atau website yang membutuhkan sumber daya yang besar. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan web hosting.
  5. Colocation Server; server yang digunakan disediakan sendiri oleh pengguna/konsumen. Artinya, perusahaan web hosting hanya memberikan layanan berupa penyewaan koneksi internet dan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting.

Perbedaan Server Web Hosting

Ada beberapa jenis server web hosting, yaitu server Indonesia (IIX), server Singapore, dan server USA.

Server Hosting Indonesia; komputer web server yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di Indonesia.

Kelebihan server Indonesia:

  • Sangat cepat jika website diakses dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya pendek
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan
  • Cocok untuk target pengunjung lokal.

Kekurangan server Indonesia:

  • Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil yang menyebabkan pengiriman e-mail dengan attachmen besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain-lain sering tertunda.
  • Relatif lambat jika diakses dari luar negeri

Server Hosting Singapore: komputer web server yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di Singapore.

Kelebihan server Singapore: 

  • Cepat jika diakses oleh pengguna internet di Indonesia dan Asia Pasifik karena routing/jarak nya pendek.
  • Cocok untuk target pengunjung berasal dari indonesia dan Asia Pasifik.
  • Kecepatan akses di Indonesia dan Asia Pasifik relatif cepat serta normal saat diakses dari negera-negara non-Asia.

Kekurangan server Singapore:

  • Harga sewa relatif mahal.

Server Hosting USA;  komputer web server yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di Amerika.

Kelebihan server USA:

  • Cepat diakses dari mana saja
  • Pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server – mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain-lain cukup pendek
  • Mudah diakses oleh search engine crawler, seperti Google, Bing, DuckDuckGo, dll.

Kekurangan Server USA:

  • Harga sewa mahal.
  • Lambat apabila diakses dari Indonesia.

Hosting Untuk Blog 

Ada berbagai tipe blog di internet, blog pribadi, blog yang dikelola oleh lebih dari satu orang, blog berbasis berita, dll. Setiap jenis blog membedakan kebutuhan hostingnya. Misalkan Anda ingin membuat beberapa micro-niche blog atau blog berskala kecil yang hanya berisikan beberapa puluh artikel, maka Anda dapat memilih shared hosting atau virtual private server (VPS).

Bergantung pada target pengunjung blog Anda, jika Anda menargetkan pengunjung luar negeri dengan bahasa konten menggunakan bahasa Inggris, maka pilihlah server USA atau Singapore. Dan jika target pengunjung blog Anda berasal dari Indonesia, maka pilihlah server Indonesia (IIX).

Selain faktor pertimbangan pada sisi server, memilih hosting untuk blog juga tidak lepas dari faktor kapasitas dan bandwidth. Pilihlah paket hosting dengan kapasitas sesuai kebutuhan Anda. Misalkan Anda berencana membuat micro-niche blog yang hanya berisikan beberapa puluh artikel, maka Anda cukup memilih paket hosting dengan kapasitas 250-500 MB. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir biaya sewa. Kemudian untuk keperluan bandwidth, sebut saja Anda menargetkan 25000 pengunjung setiap bulannya, maka ketersediaan bandwidth tidak boleh kurang dari 2GB.

Web Hosting Terbaik 

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi web, banyak bermunculan web hosting provider baru untuk meraih keuntungan dalam bisnis web hosting. Di Indonesia banyak bermunculan perusahaan layanan web hosting baru dengan berbagai strategi marketing yang mereka terapkan.

Terlepas dari berbagai benefit yang ditawarkan oleh masing-masing web hosting providers, kualitas adalah salah satu faktor terpenting dalam memilih perusahaan web hosting. Hosing adalah salah satu elemen pokok dalam membangun website dengan performa baik sehingga memilih web hosting harus dilakukan secara selektif guna menghindarkan Anda dari kerugian dikemudian hari.

Dari kesekian banyak web hosting Indonesia, Niagahoster.co.id adalah web hosting terbaik Indonesia yang saya rekomendasikan untuk Anda.

web hosting murah terbaik

Niagahoster adalah salah satu web hosting provider terkemuka dalam negeri. Niagahoster merupakan web hosting murah, cepat, bermutu dan telah dipercaya oleh sekian banyak pengelola website dan blog di Indonesia.

Niagahoster menyediakan berbagai fitur penting kepada konsumen yang siap membantu para konsumen untuk menciptakan sebuah website yang berperforma maksimal. Selain dilengkapi berbagai fitur unggulan, Niagahoster juga memiliki sistem keamanan yang sangat baik dan mampu menjamin stabilitas website Anda.

Spesifikasi Server Hosting Niagahoster

  • CPU 2 x Quad-Core Intel(R) Xeon(R) @ 2.40 GHz
  • RAM 32 GB, Network 1 Gbps, Disk Drive Setup RAID-10, OS CloudLinux 6.4
  • Green Data Center Tier-3 by Biznet Technovillage, Indonesia

Fitur Web Hosting Niagahoster

1-Cick Script; Tersedia script instalasi berbagai platform, mulai Wordpress, Joomla, Opencart, Prestashop, Moodle, Magento, dan lebih dari 280 script web lainnya.

cPanel Terlengkap; Dilengkapi berbagai fitur pendukung, seperti Softaculous, Site Builder, File Manager, Webmail, Auto Responders, Backup Wizard, SEO Tools, dll.

Garansi 30 Hari Uang Kembali; Jika Anda merasa tidak puas dengan layanan Niagahoster, uang Anda akan dikembalikan seluruhnya.

Keunggulan Niagahoster

Memiliki reputasi baik; Niagahoster adalah salah satu perusahaan layanan web hosting yang memiliki reputasi baik. Hal tersebut tercermin dengan terus bertambahnya jumlah pengguna secara signifikan dari waku ke waktu.

Harga murah; harga sewa hosting di Niagahoster relatif terjangkau sehingga Anda tidak perlu kuatir jika budget Anda terbatas.

Menawarkan banyak diskon; Niagahoster menawarkan lebih banyak diskon kepada para pelangganya jika dibandingkan web hosting lainnya. Anda dapat menikmati potongan harga untuk pembelian paket hosting tertentu dan juga potongan harga untuk pembelian nama domain baru yang tidak disertai paket hosting.

Dukungan teknis terbaik; tim dukungan teknis Niagahoster siap melayani masalah Anda 24/7 hari. Setiap masalah yang Anda sampaikan akan direspon secara cepat oleh bagian teknis.

Gratis domain selamanya; Anda akan mendapatkan nama domain gratis untuk selamanya dengan berlanggnanan jenis paket hosting tertentu.

Unlimited bandwidth; Anda tidak perlu menghitung kebutuhan bandwidth blog Anda. Di Niagahoster Anda dapat menikmati hosting unlimited bandwidth, apapun jenis paket hosting yang Anda pilih.

Ingin jadi blogger professional yang berpenghasilan rutin setiap bulannya? Niagahoster adalah pilihan web hosting yang tepat untuk weblog Anda.

Masuk ke laman Niagahoster untuk mempelajarinya.

Disclaimer: Artikel ini memuat link afiliasi. Terlepas dari unsur afiliasi, artikel ditulis secara objektif berdasarkan sudut pandang penulis.

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

  1. opik Reply

    Kalau masalah kecepatan akses untuk hosting lokal kayanya tergantung spek juga, soalnya saya juga sewa lokal buat blog pribadi temen tapi lebih lambat dibukanya dibanding blog saya yg hosting diluar, bahkan dari pertama blog wp nya dibuat alias masih kosong udah terasa berat padahal sewanya ga murah2 amat karena kalau ga salah sekitar 700ribuan setahun

  2. areca Reply

    to Opik: Benar tergantung spec dan mungkin yang anda maksudkan adalah Hosting bukan VPS. Tapi secara umum kecepatan akses situs dengan server di asia (cth Singapore) lebih cepat dibandingkan dengan yang di USA atau eropa. Anda bisa buktikan sendiri jika telah memiliki VPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!