Rekomendasi Hosting Bagus Untuk Website Pendidikan

hosting web sekolahSitus pendidikan sudah seyogyanya dikelola secara benar, dan untuk mengelola situs dengan benar tentunya masing-masing aspek harus diperhitungkan dengan sebaik-baiknya, termasuk web hosting dimana hosting merupakan salah satu elemen pokok sebuah situs web. Kualitas layanan web hosting akan menentukan sebarapa cepat suatu situs web ketika diakses khususnya pada saat terjadi lonjakan traffic, tidak terjadi down selama berulang-ulang, dan dapat berkembang dengan baik seiring dengan bertambahnya konten dan usia.

Tips Memilih Hosting Untuk Web Sekolah

Terlepas dari jenis situs web yang akan Anda buat, pada prinsipnya terdapat beberapa barometer dalam memilih layanan web hosting, diantaranya:

1. Reputasi Perusahaan
Dengan semakin banyak pilihan, maka Anda selaku pihak konsumen harus semakin jelih dalam menentukan pilihan. Meski banyak klaim menguntungkan, namun faktanya tidak semua provider dapat memberikan layanan hosting berkualitas sebagaimana yang mereka janjikan. Sebelum Anda memutuskan untuk order hosting di salah satu provider, pastikan Anda sudah mengetahui reputasi perusahaan provider tersebut. Pertimbangan pertama dalam memilih hosting adalah merujuk pada reputasi perusahaan, karena reputasi perusahaan sejatinya mencerminkan kualitas layanan web hosting mereka.

2. Kebutuhan Resource
Tentukan ukuran sumberdaya yang akan dibutuhkan situs web Anda. Bergantung pada jenis situs web yang ingin Anda buat, besaran resource tentunya berbeda satu sama lain. Sebut saja Anda ingin membuat blog pribadi dengan konten yang sebagian besar didominasi artikel (bukan gambar) dengan jumlah artikel <1000 artikel @500 kata/artikel dan menargetkan traffic harian antara 1000-2000 pengunjung, maka Anda cukup menggunakan hosting dengan resource standar. Ini akan menghemat biaya, dan relevan dengan kebutuhan resource situs web Anda.

Bagaimana dengan web pendidikan?

Seperti diketahui, pada umumnya website pendidikan akan menampung banyak konten, termasuk konten berjenis gambar. Web pendidikan membutuhkan resource yang relatif besar sesuai volume konten dan traffic-nya. Rekomendasi paket hosting terbaik untuk web pendidikan bisa Anda simak dibagian bawah artikel

3. Dukungan Pelanggan
Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan dukungan pelanggan terbaik. Harap dicatat, sebagian provider hosting lokal memiliki sumberdaya yang cukup terbatas. Dalam kampanye iklan mereka siap memberikan dukungan pelanggan secara responsif 24 jam non-stop, namun nyatanya CS mereka sangat sulit untuk dihubungi ketika konsumen sedang membutuhkan bantuan. Karena tidak semua problematika hosting itu bisa kita selesaikan sendiri (perlu melibatkan pihak provider), maka kita perlu memprioritaskan faktor kecekatan dukungan pelanggan.

4. Garansi
Garansi diperlukan untuk menghindarkan kita selaku pihak konsumen dari mengalami kerugian dikemudian hari jika kita memutuskan untuk mengakhiri penggunaan layanan hosting karena alasan-alasan tertentu. Umumnya perusahaan hosting siap memberikan garansi refund 30 hari. Selama kurun waktu 30 hari, Anda bisa meminta pengembalian uang jika merasa kurang puas dengan layanan mereka. Dan dalam hal ini jika Anda mendapati salah satu provider hosting yang tidak menawarkan garansi, maka sebaiknya jangan memilih provider tersebut. Penawaran layanan hosting tanpa menyertakan garansi mencerminkan kualitasnya; buruk.

5. Harga
Pertimbangan terakhir dalam memilih hosting adalah faktor harga. Meski harga sering berbanding lurus dengan kualitas, namun harga mahal tidak selalu menjamin kualitas. Seiring dengan menjamurnya perusahaan hosting dalam negeri, tidak sedikit diantara mereka yang menawarkan harga ekonomis dengan mutu layanan yang terbilang bagus. Ini mereka lakukan guna dapat menjaring banyak konsumen baru ditengah persaingan antar provider yang cukup ketat.

Review Hosting Bagus Untuk Web Pendidikan

Dari sekian banyak provider hosting lokal yang benar-benar memenuhi kriteria sebagaimana pemaparan diatas adalah Niagahoster.co.id. Tidak sebatas melakukan pengamatan, tapi saya sendiri merupakan pengguna Niagahoster sejak beberapa tahun lalu. Dan hingga artikel ini saya tulis saya belum pernah menjumpai masalah apapun. Dengan menggunakan server Niagahoster, blog ini senantiasa dapat diakses secara normal dengan tingkat kecepatan yang terbilang bagus.

Mengapa memilih Niagahoster?

Niagahoster menawarkan banyak keunggulan dibanding provider lokal lainnya. Beberapa benefits yang bisa Anda dapat diantaranya adalah:

1. Kinerja dan Kualitasnya Sudah Teruji
Kinerja Niagahoster sudah sangat teruji yang dicerminkan dengan semakin banyaknya konsumen mereka, mulai dari kalangan blogger, pengelola situs toko online, pengembang web forum, dsb. Dari sekian banyak perusahaan hosting di Indonesia, Niagahoster merupakan satu-satunya perusahaan hosting lokal yang berhasil memperlihatkan pertumbuhan secara impresif. Mutu layanan hosting mereka menjadi daya pikat utama para konsumen.

2. Unlimited Disk & Bandwidth
Untuk dapat mengembangkan situs web secara optimal kita tidak dapat bergantung pada layanan web hosting dengan serba keterbatasan. Di Niagahoster Anda akan mendapatkan disk space unlimited, bandwidth unlimited, databasefff unlimited, add-on unlimited, dan akun email unlimited. Pada poin ini Anda akan mendapati banyak perbedaan jika dibandingkan dengan layanan web hosting pada provider lain.

3. Banyak Fitur
Penting untuk mempertimbangkan tingkat kelengkapan fitur. Semakin banyak fitur, semakin banyak kemudahan yang bisa didapat dan pengelolaan website menjadi kian optimal. Fitur layanan hosting Niagahoster sangat lengkap sebagaimana yang diperlukan webmaster pada umumnya. Beberapa fitur unggulan yang dapat Anda nikmati diantaranya adalah Instant Backup, SpamAssasin Mail Protection, Attracta SEO tools, Smart Security Server – Bitninja, dll.

4. Gratis Domain Selamanya
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli nama domain. Dengan berlangganan paket hosting Niagahoster Anda akan diberikan domain TLD gratis yang berlaku untuk selamanya sepanjang Anda masih menggunakan layanan hosting mereka. Anda bebas memilih semua ekstensi domain TLD.

5. Gratis Private Name Server
Bagi pengguna paket Personal dan Bisnis, mereka akan mendapatkan private name server gratis. Anda dimungkinkan untuk membuat private name server sesuai keinginan dengan menggunakan nama domain Anda sendiri. Penggunaan private name server dapat memberikan kesan profesionalitas situs blog Anda.

*Untuk web pendidikan, pilihlah paket hosting Personal atau diatasnya.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!