4 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Blog Yang Harus Dihindari

kesalahan dalam ngeblogMembuat blog memang hanya membutuhkan waktu beberapa menit, namun untuk membangun blog akan membutuhkan lebih banyak waktu. Selama proses pengembangan, biasanya seorang pemula akan melakukan berbagai kesalahan yang tidak mereka sadari, dan hal tersebut akan menyulitkan mereka dikemudian hari.

Mengawali blogging dengan modal wawasan yang masih relatif minim membuka peluang bagi siapa saja untuk melakukan sederet kesalahan. Blog adalah sebuah media yang dibuat dan dikembangkan untuk jangka waktu panjang, sehingga kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dihari-hari kemarin akan berdampak pada masa depan blog tersebut dimasa mendatang.

Bentuk kesalahan yang terlanjur kita lakukan dimasa lampau dapat menjadi batu sandungan bagi kita untuk memonetisasi blog tersebut secara maksimal. Sebagaimana yang saya singgung pada posting cara mendapatkan uang dari blog, tidak semua blog bisa menghasilkan uang, meskipun memiliki lalu lintas yang tergolong tinggi.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam mengelola blog yang sebisa mungin harus Anda hindari jika ingin membangun bisnis online melalui media blog.

1. Copy-pate Artikel Dari Blog Lain

Sangat banyak blogger, khususnya blogger pemula yang tidak menyadari betapa bahayanya aktivitas ilegal yang satu ini. Copy-paste artikel dari blog lain bukan hanya akan mempersulit Anda untuk memonetisasi blog yang Anda kelola, tetapi hal tersebut juga berpotensi menurunkan peringkat blog Anda di SERPs sehingga tidak akan ada penghasilan sekecil apapun yang dapat Anda raih.

2. Menggunakan Gambar Berhak Cipta

Sepintas, mungkin kelihatan sepeleh. Menggunakan gambar atau materi yang memiliki hak cipta akan sangat merugikan Anda. Karena merasa tidak akan dihadapkan dengan masalah, sebagian blogger dengan seenaknya saja menggunakan gambar berhak cipta, padahal penggunaan gambar berhak cipta tanpa izin akan menjadi permasalahan besar bagi blogger bersangkutan. Sebut saja, Anda ingin mendafta menjadi publisher iklan Google, hanya dengan menggunakan 1 gambar berhak cipta asaja, aplikasi Anda berpeluang untuk ditolak.

3. Link Building Dengan Cara Yang Salah

Link building bertujuan untuk meningkatkan peringkat blog di index hasil pencarian search engines, namun link building tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Link building yang baik adalah link building yang dilakukan sesuai etika optimasi website (natural). Tidak semua teknik link building dapat digunakan, misalkan teknik link building spamming yang hanya akan menurunkan peringkat blog Anda di SERPs.

4. Memposting Artikel Asal Tulis

Membuat artikel memang mudah, akan tetapi untuk menulis artikel berkualitas itu membutuhkan waktu sehingga kita dituntut untuk bisa fokus dan memahami apa sejatinya yang sedang kita tulis. Bounce Rate mengindikasikan kualitas artikel yang kita tulis, dan Bounce Rate merupakan salah satu indikator yang digunakan Google untuk menentukan peringkat sebuah halaman web.

CATATAN:

Jadilah blogger yang mau bekerja keras, dan tidak mengambil karya atau hak orang lain, karena hanya dengan kerja keras dan kualitaslah Anda bisa menjadi blogger sukses.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!