Darimana Sumber Penghasilan Blogger? Ini Jawabannya

sumber-penghasilan-bloggerBlogging atau ngeblog merupakan salah satu cara cerdas untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Kenapa saya katakan demikian? Karena ngeblog membuat kita bisa merasakan banyak hal sekaligus mendapat profit darinya. Kita bisa berbagi, mensolusikan kesulitan seseorang, “berkompetisi” dan mengikuti tantangan, serta dapat menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan uang. Dengan ngeblog, kita bisa mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan dari berbagai macam sumber.

Namun demikian, sepertinya masih ada diantara Anda yang masih tertanya-tanya darimana sesungguhnya sumber penghasilan blogger. Postingan ini akan menjawab pertanyaan Anda terkait lingkup sumber penghasilan blogger dengan keberagamannya. Bergantung pada kemampuan blogger itu sendiri, sumber penghasilan blogger sejatinya cukup luas dan tidak terbatas pada jaringan periklanan saja. Beberapa sumber penghasilan blogger diantaranya sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Sumber Penghasilan Blogger

Darimana sajakah sumber penghasilan blogger? Berikut beberapa cara blogger memperoleh passive income melalui blog yang mereka kelola:

1. Menjadi Penerbit Iklan Pihak Ketiga

Dengan menjadi publisher iklan pihak ketiga penghasilan yang diperoleh seorang blogger bisa menjadi tak terbatas bergantung pada kualitas blog yang bersangkutan. Internet merupakan media yang sangat mendukung kampanye iklan, dan blogger bisa memanfaatkan keberadaan jaringan-jaringan periklanan online dengan menjadi publisher iklan mereka yang kemudian mendapatkan penghasilan darinya dengan mekanisme yang sudah ditetapkan dan disetujui keduabelah pihak.

2. Menerbitkan Iklan Mandiri

Sumber penghasilan blogger berikutnya adalah dengan memasang Iklan secara mandiri di blog mereka. Untuk dapat memasang iklan mandiri proses dan tantangannya memang tidak semudah menerbitkan iklan pihak ketiga karena mereka harus bisa menemukan pengiklan sendiri tanpa melalui perantara pihak ketiga. Namun, memasang iklan mandiri memberikan sisi keuntungan tersendiri bagi blogger. Mereka bisa menentukan harga sendiri, menentukan durasi kontrak iklan, tidak ada revenue share, dll.

3. Menjual Produk Digital

Penjualan produk-produk digital seperti e-Book dapat memberikan penghasilan yang cukup menggiurkan bagi blogger. Sejak internet menjelma sebagai media yang tidak lagi bisa diabaikan oleh manusia, banyak potensi bisnis yang bisa digali dari internet, salah satunya adalah dengan menjual produk digital. Anda punya keahlian desain grafis? Anda bisa membuat sebuah tutorial dalam bentuk e-Book yang kemudian dapat Anda jual melalui blog Anda.

4. Menjual Jasa Profesional

Menjual keahlian melalui media blog memungkinkan blogger untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang besar. Sebut saja blogger bersangkutan memiliki kemampuan lebih dibidang desain web, pembuatan aplikasi web, atau optimasi situs web, keahlian yang dimiliki blogger tersebut dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan. Dengan berbekal blog yang dimilikinya, blogger tersebut bisa mensosialisasikan jasanya.Jika blog yang dikelolanya mencerminkan keahliannya, maka sudah barang tentu jasa yang ia tawarkan akan mendapat respon positif dari banyak orang.

5. Paid Posting

Paid posting adalah sebuah kesepakatan kerjasama antara blogger dengan pengiklan dimana dalam hal ini blogger diminta untuk mempublikasikan sebuah artikel komersil di blog yang dikelolanya. Tergantung kesepakatan diawal, ada kalanya artikel tersebut sudah disediakan oleh pihak pengiklan, dan ada kalanya juga blogger diminta untuk menulisnya sendiri. Blog yang mendapat tawaran paid post pada umumnya adalah blog yang memiliki kualitas sehingga tidak semua blog berpeluang mendapat tawaran paid posting.

6. Jual-Beli Blog

Saat ini di Indonesia memang belum ada marketplace atau website untuk jual-beli blog, namun blogger lokal bisa memanfaatkan website marketplace luar negeri untuk menjual blog mereka. Salah satu website jual-beli blog yang cukup populer adalah Flippa. Situs jual-beli blog yang satu ini menjadi rujukan banyak pengembang website dan blog untuk menjual weblog mereka. Dengan menggunakan Flippa, penjual akan dipertemukan dengan banyak calon pembeli potensial yang berujung pada transaksi yang dipastikan keamanannya.

7. Mengikuti Program Afiliasi

Join program afiliasi merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang hasilnya cukup menjanjikan. Selain dengan menjadi penerbit iklan, mengikuti program afiliasi memungkinkan blogger mendapatkan penghasilan melebihi penghasilan dari jaringan periklanan. Bergantung pada tema blog, program afiliasi yang dapat diikuti pilihannya cukup beragam, salah satunya adalah afiliasi produk digital.

7 cara mendapatkan uang dari blog sebagaimana diulas diatas hanya beberapa diantaranya. Selain ketujuh sumber diatas, sumber penghasilan blogger masih cukup luas, bergantung pada kejelihan blogger itu sendiri dalam membaca peluang.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. rush Reply

    saya tertarik belajar cara menghasilkan uang dengan menggunakan sistem affiliasi.. beberapa tahun belakangan, menghasilkan uang dengan adsense sudah semakin sulit..

    • Din Tok Post authorReply

      Iya benar, jika menginginkan income online dalam jumlah yang besar, maka afiliasi jawabannya.

  2. Yos ardie Reply

    Sangat bermanffat tipsnya.
    Moga blogger indonesia bisa sukses memanfaatkan blognya untuk dapat menghasilkan uang seperti tips diatas.

  3. Retno Dj Reply

    penghasilan dari blogger sebenarnya sangat membutuhkan banyak waktu. namun jika kita melakoni semua itu dengan telaten tentu saja akan baik dan lebih ada hasilnya dari semua itu. cara blogger seperti halnya berinvestasi. jangan terlalu mengharapka penghasilan dahulu, dengan begitu pasti akan dihadapkan dengan keputus asaaan. jadi mnuurt saya cara blogger sangat gurih untuk dilakoni sepeertihalnya berkebun.. untuk menghasilkan dari cocok tanam dikebun kita tentu membutuhkan banyak waktu bahkan terkadang kegagalan, samahalnya ngeblog. tak sedikit dari para blogger sekarang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan lebih. semangat ngeblog dan Salam blogger \\^_^//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!