Cara Setting Email Dengan Domain Sendiri

Jika Anda memiliki website atau blog WordPress self hosting, Anda dapat memanfaatkan nama domain dan hosting Anda untuk membuat akun email tanpa perlu lagi bergantung pada layanan email gratis seperti GMail atau YMail. Memiliki alamat email dengan domain sendiri juga akan memberi kesan lebih profesional sehingga dapat menunjang aktivitas bisnis online Anda, seperti untuk melakukan penawaran, kerjasama periklanan dengan pihak tertentu, maupun untuk kepentingan-kepentingan terkait lainnya.

Cara setting akun email dengan hosting sendiri juga tidaklah rumit. Anda dapat melakukannya hanya dalam hitungan waktu beberapa menit saja. Anda tidak akan menemui kesulitan apapaun karena langkah-langkahnya sangat mudah. Dan bagi Anda yang masih mengalami kesulitan, artikel ini akan memberi panduan kepada Anda bagaimana cara setting email dengan nama doman dan hosting Anda sendiri, baik pada perangkat berbasis Android maupun pada perangkat non-Android seperti Windows phone. Silakan simak langkah-langkah cara pengaturan email menggunakan domain sendiri seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Setting Email Menggunakan Domain Sendiri

Note:
Bergantung pada penyedia layanan domain/web hosting yang Anda gunakan, setting email mungkin sedikit berbeda atara satu provider dengan provider lainnya. Panduan dibawah ini merupakan panduan cara setting email di Niagahoster.

Cara Setting Email di Android Bagi Pengguna Niagahoster

Sebagai informasi, Niagahoster merupakan penyedia layanan web hosting terbaik lokal yang menawarkan paket web hosting termurah dengan kualitas layanan yang dapat diandalkan.

Buka menu Email di akun Android Anda, kemudian masukkan detail email dan password Anda. Lihat screenshot dibawah untuk lebih jelasnya.

Cara Setting Email Dengan Domain SendiriSelanjutnya, pilih menu IMAP atau POP3 (pada contoh ini, yang digunakan adalah IMAP)

2

Masukkan URL lengkap alamat email Anda dan masukkan detail berikut:

  • Nama pengguna atau user: alamat email lengkap Anda, Cth: email@bloggerlamongan.com
  • Server imap: nama domain Anda, Cth: bloggerlamongan.com
  • Port: 993
  • Jenis keamanan: SSL atau TLS (terima semua sertifikat)

Lebih jelasnya, silakan perhatikan screenshot berikut ini.

3

3 4

Klik tombol Berikutnya dan Anda akan dibawa pada konfigurasi SMTP. Isikan detail berikut:

  • Server: nama domain Anda, ex: domain.com
  • Port: 587

Jenis keamanan: SSL atau TLS (terima semua sertifikat)

Pastikan Anda mencentang menu “Harus masuk” dan masukkan detail login email Anda. Silakan perhatikan screenshot dibawah untuk lebih jelasnya.

5

Klik tombol Berikutnya untuk menyelesaikan prosesnya

6

Berikut hasil tes setelah selesai dikonfigurasikan:

7

Demikian, semoga bermanfaat. Dan bagi Anda yang membutuhkan layanan web hosting bermutu, ada baiknya Anda baca artikel Hosting Terbaik Indonesia.

*image credit: Niagahoster

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!