Cara Riset Keyword Untuk Membangun Profitable Blog


Riset kata kunci atau keyword merupakan salah satu tahapan terpenting dalam membangun blog. Riset keyword diperlukan untuk menguak sejumlah hal pokok, seperti mencari tahu tingkat popularitas keyword, mengukur tingkat persaingan, estimasi nilai pay per click (PPC), dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang sering saya singgung lewat sejumlah postingan, membangun blog dengan tujuan untuk dimonetisasi harus memiliki konsep. Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar sebuah nama domain terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan segalanya dari awal, salah satunya adalah pemilihan tema dimana tema dapat kita tentukan dengan cara melakukan riset keywords terlebih dulu.

Di internet kita akan bersaing dengan jutaan hingga miliaran konten setopik. Topik apapun yang akan Anda pilih hal tersebut harus didasari dengan perumusan. Salah dalam memilih tema akan mengarahkan Anda pada tingkat kesulitan yang tidak mudah untuk dipecahkan, dan disinilah riset keyword akan memberi gambaran dari sejumlah poin penting yang perlu Anda ketahui.

Riset keyword akan memberikan sebuah gambaran bagaimana Anda memulai, mengoptimasi, dan bersaing. Micro blog lazimnya hanya berisikan beberapa artikel, dan realitas persaingan di SERP harus disikapi secara logis. Artinya, dalam kondisi tertentu micro blog tidak dapat disejajarkan dengan portal besar karena marjin konten yang sangat jauh.

Riset keyword adalah bagian dari tahapan implementasi SEO (search engine optimization). SEO sendiri merupakan serangkaian langkah teoritis untuk mengoptimasi situs web atau blog agar dapat memenangkan persaingan di halaman hasil penelusuran mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll). Ketika suatu blog dapat teroptimasi dengan baik, maka blog tersebut dapat menduduki peringkat pertama hasil pencarian mesin pencari.

SEO bertujuan untuk mengangkat pagerank suatu blog sehingga trafik dari search engine dapat diperoleh dalam jumlah yang maksimal. Semakin SEO friendly suatu blog, semakin potensial pula untuk dikunjungi banyak orang melalui mesin pencari. Dan semakin banyak pengunjung, maka semakin besar pula potensi untuk memontisasi blog tersebut.

Yang perlu jadi catatan, sebagian besar persentase trafik micro blog berasal dari search engine, dan kondisi ini tentunya mengharuskan Anda untuk memenangkan persaingan di SERP. Faktor rivalitas di halaman index mesin pencari yang cukup tinggi secara logis dapat kita simpulkan bahwa blog yang memiliki pagerank rendah cukup sulit untuk dapat dijadikan sebagai sarana membangun bisnis online.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Riset Keyword

Sebagaimana dijelaskan diatas, salah satu tujuan riset keyword adalah untuk melakukan perumusan langkah-langkah optimasi situs web kedepan. Silakan perhatikan beberapa poin penting berikut ini:

› Volume Pencarian Keyword

Pilihlah keyword yang memungkinkan untuk menghasilkan uang. Tidak ada gunanya keyword yang Anda pilih berhasil menduduki ranking teratas hasil pencarian search engine apabila keyword tersebut memiliki jumlah pencarian yang sangat rendah.

› Tingkat Persaingan Keyword

Hampir tidak ada satu pun keyword komersil yang tidak memiliki pesaingan, oleh karena itu Anda harus mencermati ukuran rivalitas keyword yang akan Anda pilih untuk membuat perumusan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan proses optimasi keyword tersebut. Jika Anda menginginkan proses optimasi keyword dapat berjalan lebih cepat, maka hindari untuk memilih keyword yang persaingannya melibatkan situs-situs bereputasi tinggi, seperti situs Wiki, situs EDU, dan situs-situs yang memiliki pagerank tinggi.

› Valuable Keyword

Karena tujuannya adalah untuk program monetisasi, maka tidak cukup hanya dengan menggunakan volume pencarian dan tingkat persaingan sebagai dasar pemilihan suatu keyword. Hindari memilih keyword dengan harga per klik terlalu rendah. Riset keyword menggunakan tool Google Keyword Planner dengan mudah dapat diketahui berapa estimasi biaya per klik suatu keyword.

Langkah-Langkah Riset Keyword (Menggunakan Google Keyword Planner)

Masuk ke Google Keyword Planner

Cara Reset Keyword

Silakan sign in menggunakan GMail

Cara Reset Keyword

Pada halaman ini Anda dapat mengubah jenis mata uang, misalkan mata uang IDR/Rupiah diubah ke US Dollar. Jika sudah menentukan pilihan mata uang, silakan klik tombol Save and continue.

Cara Reset Keyword Blog

Klik tab Tools kemudian pilih menu Keyword Planner.

Cara Reset Keyword Blog

Klik menu paling atas, yaitu “Search for new keyword and ad group ideas”.

Cara Reset Kata Kunci Blog

Masukkan keyword yang Anda bidik. Pada contoh diatas saya menggunakan keyword “tips bisnis”. Jangan lupa mengubah targeting keyword. Jika blog Anda berbahasa Indonesia, maka ubahlah target keyword ke Indonesian. Selanjutnya, klik tombol Get ideas.

Cara Reset Kata Kunci Blog

Gambar screenshot diatas merupakan hasil dari analisa keyword “tips bisnis”.

Catatan:

  • Pada tabel diatas terdapat tiga jenis kompetisi keyword, yakni Low (rendah), Medium (sedang), dan High (tinggi). Harap dicatat, jenis kompetisi keyword pada Keyword Planner merupakan tingkat kompetisi untuk pengiklan, jadi bukan tingkat persaingan di hasil penelusuran mesin pencari. *Simak cara mengetahui tingkat persaingan keyword di hasil penelusuran mesin pencari seperti dijelaskan dibawah.
  • Pilihlah keyword dengan jumlah pencarian bulanan minimal diatas 1000.
  • Pilihlah keyword yang memiliki nilai pay per click (PPC) minimal $ 0.07.

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Keyword

Berikut ini merupakan cara sederhana untuk mengukur tingkat persaingan suatu keyword di hasil penelusuran mesin pencari Google.

  • Ketikkan allintitle: keyword dalam kotak penelusuran Google. (Contoh: allintitle: Tips Bisnis). Kemudian, lihat jumlah hasil pencarian yang tertera.
  • Jika jumlah hasil penelusuran cukup banyak (misalkan jutaan), maka keyword tersebut masuk dalam kategori tingkat persaingan tinggi.

Demikian, semoga bermanfaat. Sukses untuk blog Anda!

Hosting Terbaik Indonesia

27 comments

  1. guruhp Reply

    apakah hasil reserrch di GKP 100% akurat atau ada cara lain mencari ide kata kunci selain disitu

  2. Purwoceng Reply

    Artikel ttg riset keyword nya bagus bgt mas. Mau tanya kalo utk mengetahui pesaing itu kuat atau tdk caranya gmn ya mas. Trmksh

  3. Micko Reply

    Berat sekali untuk domain baru jika mentargetkan keyword yang tinggi kompetisi, yang ada hanya akan gentayangan berada pada posisi jauh di belakang, untuk blog baru mungkin akan lebih baik memilih keyword dengan tingkat kompetisi rendah sembari menunggu usia domain dan mendapat DA dan PA yang mumpuni. Mohon maaf jika masih salah dalam asumsi saya. Sukses buat admin.

  4. ibrahim Reply

    Saya sudah lama menggunakan trik ini, hanya saja praktek nya yang sulit mas, salam kenal ya 😀

    • Din Tok Post authorReply

      Kalau untuk prakteknya sepertinya tidak ada kesulitan berarti Mas Ibra.

      Salam kenal juga 🙂

  5. Risal MB Reply

    Mas bro caranya
    mengaktifkan keyword planernya buat blog yang masih baru bagainana? Apakah harus bayar dengan
    dollar masbro?
    #makasih

  6. Bintang Yoga Reply

    Cara ini saya rasa cuman buat blog-blog yang udah punya nama di google.. Kalo blog baru nggak akan bertahan lama karna kena geser sama blog rame..

  7. sesukamu Reply

    boleh nih saya coba, saya biasanya ngeblog tanpa memperhatikan detail keyword
    asal nulis aja, hehe

  8. kataoke.com Reply

    Terimakasih min awalnya saya dulu cuma asal nulis ketika membuat artikel baru namun ternyata ada beberapa kata kunci yang paling banyak di ketik di mesin pencari sehingga saya dapat menyesuaikan artikel yang ingin hendak saya buat

  9. Mas Adi Reply

    oke mantap bos artikelnya … pengalaman baru dan akan saya coba, cara mereset keyword hal baru buat saya sebagai newbie … terima kasih gan … Salam blogger

  10. yudhi Reply

    saya juga masih belajar cari riset keyword menggunakan GKP ini.

  11. Yosua Herbi Reply

    GKP itu bukannya buat advertiser ya mas?
    Jadi patokannya adalah banyak persaingan advertisernya…
    Hmm.. Btw, salam kenal mas. 🙂

  12. Mandala Reply

    Salam kenal mas,

    Makasih banget tipsnya. Btw, saya udah coba2 riset pakai GKP, udah nemuin keyword2 yang persaingannya mudah tapi nyatanya post saya sulit banget naik halaman satu. Ini apa karena riset saya yang salah, atau kualitas artikel saya yang kurang bagus?

  13. andi saputra Reply

    apalah riset keyword sangat berpengaruh?
    walaupun nanti kita buat artikel hasil rewriter?

  14. huda Reply

    Selama ini saya selalu menggunakan google keyword planner, alhamdulillah hasilnya memuaskan

  15. Unknown Reply

    tipss yang sangat bagus dan bermanfaat aka saya coba mas pada blog saya keywrod blog uang semoga manjur makasih ya mas artikelnya salam blogger

  16. deni Reply

    mau tanya mas.
    kalau “GKP” sama “ahrefs” lebih akurat mana yaa?

    saya tanya ke beberapa orang, nyaranin dua tool itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!