Cara Optimasi Artikel

cara optimasi artikel blogTidak ada yang instant dalam membangun blog, tidak terkecuali untuk menempatkan salah satu atau beberapa artikel pada peringkat pertama index hasil pencarian search engine. Untuk bisa memenangkan persaingan di SERPs, hal tersebut membutuhkan waktu.

Sebelumnya saya sudah sempat posting artikel cara agar artikel masuk halaman 1 Google Search dimana poin inti dari artikel ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan artikel tersebut. Optimasi dapat kita analogikan sebagai upaya untuk mendorong artikel yang kita publish di blog agar bisa mendapat peringkat yang lebih baik hingga terbaik di SERPs.

Terdapat serangkaian proses serta tahapan untuk bisa menjadi yang terbaik di Google Search maupun search engine lainnya. Dan berikut ini rangkuman cara optimasi artikel untuk memenangkan persaingan di SERPs yang tentunya akan berujung pada meningkatnya trafik blog secara signifikan.

Bagun Reputasi Blog Anda Dihadapan Search Engines
Pemeringkatan halaman artikel dipengaruhi oleh mutu blog Anda (mengacu pada URL beranda). Artinya, Anda harus membangun reputasi blog Anda agar halaman artikel ikut terbantu untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Tanamkan backlink berkualitas menuju halaman beranda. Lakukan frasa pada anchor text untuk menghindari indikator spamming yang dapat merusak posisi blog Anda di SERPs dalam jangka waktu panjang.

Publish Artikel Berkualitas
Artikel merupakan senjata utama untuk memenangkan persaingan di SERPs. Sebanyak apapun backlink yang mengarah ke blog Anda, tanpa konten yang memadai backlink-backlink tersebut tidak akan memberikan perbedaan apapun.

Baca artikel tips menulis artikel SEO friendly untuk mengetahui lebih lanjut tentang kriteria artikel berkualitas standar SEO.

Backlink Untuk Halaman Artikel
Setiap blog lazimnya berisikan banyak artikel/postingan, dan setiap artikel harus memiliki backlink sendiri (terpisah dengan backlink untuk halaman beranda). Dapatkan backlink dari situs bereputasi, seperti HubPages.com untuk mendongkrak posisi halaman artikel pada index hasil pencarian search engine.

Sebagaimana yang saya bahas pada artikel strategi untuk mendapatkan backlink, bahwasannya tidak semua backlink memberi voting yang bernilai untuk blog Anda. dapatkan backlink dari situs berkualitas, dan memiliki persamaan tema atau mengandung keyword yang Anda gunakan di blog Anda.

Bagikan Artikel Ke Situs Social Media
Pasang widget social media sharing untuk memudahkan para pembaca blog Anda membagikan postingan-postingan terbaru di blog Anda. Populartitas artikel di social media akan memberi andil terhadap proses pemeringkatan blog di index hasil pencarian search engine.

Buatlah akun diberbagai situs social media populer, dan bangunlah sebuah jaringan sosial yang berpotensi untuk meningkatkan popularitas blog di situs social media tersebut.

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

  1. Bos Smartphone Reply

    Mas minta bantuan nih. Blog saya umurnya 2 minggu, setiap kali post tidak pernah mendapatkan pengunjung sama sekali. padahal sudah diberi backlink, submit, dan menggunakan webmaster tols bagaimana nih….

    • blogpoin Reply

      saya ikut jawab ya min?
      menurut saya tergantung dari niche/topik artikel gan. Kemudian hal lain seperti kurang maksimalnya backlink dan sosmed seperti yang sudah di jelaskan di atas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!