Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa Backlink


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa BacklinkApapun tujuan Anda ngeblog, saya yakin Anda tetap menginginkan pengunjung dalam jumlah yang ideal sesuai dengan nilai blog Anda. Selain berhubungan dengan profit, keberadaan pengunjung dapat memotivasi seorang blogger untuk ngeblog secara lebih aktif dan terus menulis artikel-artikel yang bermanfaat untuk orang banyak. Ketika kita menyadari blog yang kita kelola banyak dibanjiri pengunjung, hal tersebut semakin menggugah semangat kita untuk lebih giat lagi dalam mengelola blog tersebut. Bayangkan jika Anda mengelola blog hingga rentang waktu yang cukup lama kemudian Anda mendapati blog tersebut masih sepi, Anda pasti merasa jenuh dan tidak menutup kemungkinan ingin berhenti sampai disitu.

Sejumlah artikel kiat dan tips meningkatkan pengunjung blog sebenarnya sudah banyak saya kupas di blog ini. Kali ini saya mengangkat judul “Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa Backlink“. Judul ini sebenarnya tidak relevan dengan realitas teori mendatangkan pengunjung melalui search engine, namun saya menggunakan judul tersebut guna menjawab kesalahpahaman para sahabat blogger yang banyak beranggapan bahwa blog yang memiliki trafik tinggi itu harus memiliki banyak backlink.

Backlink merupakan voter, keberadaannya memang cukup diperlukan. Namun, adalah sebuah persepsi yang salah ketika Anda meyakini bahwa meningkatkan trafik blog itu harus dengan berbekal backlink dalam jumlah yang banyak. Pada dasarnya backlink hanya salah satu dari ratusan signal yang digunakan dalam algoritma Google Search. Untuk mendapatkan banyak visitor tidak semata-mata karena banyaknya jumlah backlink. Cukup banyak aspek-aspek lainnya yang justru memiliki value yang lebih penting dibandingkan backlink.

Pada dasarnya volume trafik suatu blog ditentukan oleh tiga hal. Tiga hal tersebut merupakan poin pokok yang akan menjadi penentu ukuran volume trafik suatu blog, berupa:

  1. Tingkat Persaingan Keyword
  2. Kualitas Blog Beserta Kontennya
  3. Usia Domain (Blog)

Mengukur jumlah trafik maksimal suatu blog amat bergantung pada keyword blog tersebut. Sebagai analogi, Anda memiliki sebuah blog yang mengusung tema seputar asuransi kesehatan, sudah barang tentu trafik blog Anda jauh lebih rendah katimbang Anda mengusung tema tentang pendidikan.

Mengapa demikian?

Tema asuransi memiliki tingkat pencarian rendah, sementara tingkat persaingannya tinggi. Sementara itu, artikel dengan tema pendidikan memiliki tingkat pencarian yang cukup tinggi dan disisi lain ia memiliki tingkat persaingan rendah.

Dari wacana tersebut diatas, pastinya Anda sudah bisa memahami apa yang akan terjadi ketika Anda memilih tema asuransi kesehatan dan tema tentang pendidikan.

Poin penentu yang kedua adalah merujuk pada kualitas blog Anda beserta konten/artikelnya. Maksimal tidaknya pengunjung suatu blog sangat ditentukan oleh kualitas blog beserta artikelnya. Meskipun keyword yang Anda pilih memiliki tingkat persaingan relatif rendah namun disisi lain Anda tidak memperhatikan kualitas artikel yang Anda publikasikan, maka besar kemungkinan blog Anda akan kesulitan bersaing dengan blog-blog setopik lainnya.

Pastikan Anda memprioritaskan kualitas, bukan kuantitas. Sebanyak apapun artikel yang Anda publish, tidak banyak perubahan yang akan terjadi pada blog Anda ketika konten tersebut memiliki tingkat kualitas rendah. Tulislah artikel sesuai dengan bidang keahlian atau obsesi Anda sehingga Anda mampu menulis artikel yang padat dan memberikan solusi terhadap pembaca. Ini adalah poin inti dari aktivitas blogging yang Anda jalani.

Bergantung pada tingkat persaingan keyword atau tema yang Anda terapkan pada blog Anda, usia domain memiliki kontribusi penting dalam menentukan tinggi-rendahnya trafik suatu blog. Semakin berusia suatu domain, maka hal ini semakin berdampak positif terhadap blog tersebut. Namun, harap diingat, bahwa sisi penilaian utama bergantung pada kualitas artikel.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Setelah saya uraikan tiga poin penentu dalam mengukur trafik suatu blog yang tentunya dapat memberikan sebuah pemahaman berarti kepada sahabat pembaca, berikut beberapa kiat untuk meningkatkan pengujung blog secara maksimal sebagaimana yang sudah saya terapkan dibeberapa blog yang saya kelola.

1. Posting Artikel Berkualitas
Fokus untuk membuat artikel berkualitas tanpa berpikir soal pengujung terlebih dulu. Trafik blog akan naik dengan sendirinya seiring dengan bertambahkan konten berkualitas di blog Anda.

2. Buat Artikel Saling Terkait
Fokuslah pada tema yang mewakili blog Anda. Misalkan blog Anda banyak membahas seputar gadget, maka usahakan untuk tidak menulis artikel yang tidak memiliki relevansi terhadap lingkup gadget. Usahakan untuk tidak terdorong menulis artikel dengan tingkat relevansi rendah terhadap tema blog Anda.

3. Posting Artikel Unik
Artikel unik yang saya maksudkan adalah sebuah artikel yang belum banyak dimuat di media online. Jika Anda mau berpikir, sebenarnya tidak sedikit kriteria artikel yang belum banyak kita jumpai di search engine. Pikirkan tentang tema blog Anda, dari sana Anda akan menemukan sejumlah ide penulisan yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

4. Manfaatkan Social Media
Social media seperti Facebook memungkinkan Anda untuk menciptakan sebuah artikel viral. Manfaatkan keberadaan situs social media untuk mendongkrak trafik blog Anda. Hubungkan blog Anda dengan akun sosial media milik Anda dan bangunlah komunitas di situs social media tersebut.

5. Posting Artikel Secara Terjadwal
Terlebih untuk blog baru, menjaga frekuensi update artikel merupakan salah satu poin prioritas. Selain untuk membangun reputasi blog Anda di search engine, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kuantitas konten blog Anda sehingga informasi yang terkandung di blog tersebut semakin hari semakin luas dan tentunya semakin potensial untuk menggait pengunjung.

Terakhir, konsistensi. Ketika segala sesuatunya baru berjalan dalam rentang waktu yang terbilang belum cukup lama, jangan mengespektasikan sesuatu secara berlebihan. Anda tidak perlu dipusingkan dengan statistik trafik blog Anda yang masih terlihat minim. Tetap fokus dengan apa yang Anda kerjakan, dan perbedaan (trafik) pasti akan terlihat dikemudian hari. Konsistensi merupakan salah satu kunci terpenting untuk menjadi blogger sukses, sukses mendatangkan trafik, sukses branding, maupun sukses menghasilkan uang.

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Yup, promosi juga bisa memberikan pembeda.

  1. Joni Reply

    Apakah Situs Grabber Tanpa Backlink Bisa mendapatkan Visitor Mas. Sekalian nanya nih “Cara menghindari Pinalty Google” Gimana ya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!