Cara Meningkatkan Domain Authority


domain authorityJika Anda sering melakukan praktik optimasi website atau blog, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Domain Authority (DA). Seperti diketahui, untuk mendapatkan traffic tinggi dari search engine, setiap blog membutuhkan DA tinggi.

Pengertian Domain Authority

Domain Authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan suatu website atau blog berdasarkan rujukan yang berasal dari search engine dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz. DA merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi traffic dan ranking suatu website mengingat DA merupakan acuan atau barometer tingkat kepercayaan situs web itu sendiri. Lebih lanjut mengenai pengertian Domain Authority, silakan baca disini.

Pengaruh Domain Authority Terhadap Traffic

Sebagian praktisi SEO meyakini, DA dijadikan sebagai acuan oleh Google bagaimana search engine nomor wahid ini memberikan page rank terhadap suatu website. Opini tersebut bisa saja tidak sepenuhnya benar, namun pada praktiknya website yang memiliki page rank tinggi pasti memiliki domain authority yang baik. Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa domain authority merupakan satu dari sekian banyak faktor tingkat kepercayaan search engine terhadap sebuah situs web. Semakin tinggi DA suatu website, maka semakin tinggi pula traffic website tersebut sesuai dengan jumlah konten yang dipublikasikan.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority? Berikut beberapa kiat untuk meningkatkan DA website:

1. Pilih Nama Domain Yang Bagus

Jika Anda baru akan memulai, pilihlah nama domain yang menggambarkan tema atau konten website Anda. Meskipun tidak mutlak diharuskan, namun memilih nama domain yang memiliki relevansi terhadap konten website akan memberikan nilai tambah.

2. Optimasi Konten

SEO penting untuk mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari, jadi pastikan Anda mengoptimalkan semua elemen pada halaman website Anda, termasuk judul, gambar dan konten itu sendiri. Selain itu, sertakan variasi kata kunci utama pada konten yang akan Anda publikasikan.

3. Buat Linkable Content

Untuk mendapatkan link berkualitas tinggi dari beberapa domain, yang mana MozRank dan MozTrust menggunakannya sebagai indikator penting, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi yang harus dipublikasikan secara rutin.

4. Lakukan Internal Linking

Sepertinya banyak pengelola website yang hanya fokus untuk mendapatkan backlink sehingga mereka mengabaikan pentingnya internal linking. Internal linking akan membantu pengunjung mengarah pada konten yang mereka ingin temukan. Selain dapat meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga dapat mengurangi bounce rate.

5. Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Sebagian pengguna internet menggunakan perangkat mobile untuk menemukan konten yang mereka butuhkan. Google merekomendasikan pengelola website untuk membuat website yang mobile friendly agar dapat memberikan pengalaman yang baik bagi user. Penting untuk memastikan website Anda telah mobile friendly supaya peringkat website Anda tidak mengalami penurunan lantaran dinilai kurang user friendly.

6. Gunakan Web Hosting Berkualitas

Performa suatu website bergantung pada layanan hosting yang digunakan. Pastikan website Anda menggunakan web hosting berkualitas. Waktu akses lambat, sering down, dan masalah keamanan akan berpengaruh terhadap kualitas SEO suatu website. Cek performa website Anda, dan pastikan tidak ada masalah dengan server.

7. Stop Spamming

Banyak cara untuk meningkatkan traffic blog, salah satunya adalah dengan melakukan spam. Dengan spamming, blog Anda bisa dibanjiri pengunjung hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat. Namun, tahukah Anda bahwa spamming akan berdampak sangat buruk terhadap kelangsungan blog Anda? Stop spamming demi masa depan blog Anda.

8. Butuh Waktu

Untuk mendapatkan domain authority bagus membutuhkan waktu. Perbanyak konten blog Anda, publikasikan artikel berkualitas secara teratur, lakukan optimasi sewajarnya, cek kesehatan blog Anda dengan bantuan Google Console atau tools sejenis. Dan seiring dengan berjalannya waktu, DA blog Anda akan mengalami peningkatan sebagaimana yang Anda harapkan.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!