4 Cara Meningkatkan CTR Iklan di Blog

click through rateTinggi-rendahnya penghasilan online dari blog amat bergantung pada CTR (Click Through Rate) yang didapat. Sebut saja Anda menggunakan iklan berbasis PPC (Pay Per Click), maka volume besar-rendahnya earning Anda sangat bergantung pada CTR.

Jaringan periklanan manapun yang Anda pilih, CTR akan menjadi ukuran volume pernghasilan Anda. Baik itu PPC Google, Chitika, Infolink, Adversal, maupun jaringan periklanan online lainnya. Tidak ada patokan, berapa besaran CTR yang harus didapat, namun idealnya CTR iklan tidak kurang dari 1%.

Tinggi-rendahnya CTR bergantung pada sejumlah hal, dan berikut ini 4 cara untuk meningkatkan CTR iklan yang terbukti efektif.

1. Artikel Berkualitas

Artikel bermutu tidak hanya baik dari sisi bounce rate, artikel bermutu juga akan mendorong terjadinya aktivitas tertentu oleh pembaca blog, diantaranya adalah mengklik iklan. Semakin bermutu artikel yang ada di blog Anda, maka hal ini akan mendorong pembaca untuk berlama-lama di blog Anda, dan secara teknis hal tersebut akan mempengaruhi tinggi-rendahnya CTR iklan yang Anda pasang di blog.

2. Penempatan Iklan

Merujuk pada poin penempatan, posisi iklan yang paling tepat yakni berada pada ruang dimana para pembaca blog memfokuskan diri. Ruang tersebut tidak lain adalah halaman artikel. Tujuan pengunjung mendatangi blog Anda tidak lain adalah untuk mendapatkan bimbingan melalui artikel tutorial atau untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan secara logis, penglihatan mereka akan terfokus pada area ruang artikel.

Jadikan halaman artikel sebagai ruang utama untuk penempatan iklan, dengan demikian CTR yang didapat cendrung mencapai titik maksimal.

3. Desain Iklan

Jika memungkinkan, lakukan penyuntingan terhadap tampilan atau desain iklan. Klik terjadi didasari oleh sejumlah hal, dan satu diataranya dipicu oleh tampilan iklan. Buatlah desain iklan di blog Anda menjadi lebih menarik dengan kandungan teks/pesan yang berpotensi mampu menggugah pembaca untuk mengklik iklan.

4. Desain Blog

Desain blog sangat mempengaruhi CTR iklan. Meskipun CTR tinggi bisa didapat dengan cara menempatkan iklan di area artikel, namun desain template blog juga akan memberi andil. Desain blog yang menyulitkan pembaca atau terlalu banyak widget akan memperkecil potensi terjadinya klik pada iklan, sehingga Anda perlu untuk me-redesign template hingga terlihat lebih rapi. Selain itu, pastikan juga loading blog Anda relatif cepat agar para pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di blog Anda.

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Benar. Tanpa artikel berkualitas, faktor pendukung lainnya tidak akan berarti.

  1. adjie Reply

    trafik naik terus tp klik ga naik2 nih… bingung juga mana dulu yg mesti di benerin 🙁

    • Din Tok Post authorReply

      CTR dipengaruhi banyak hal, mencakup:

      – Loading blog
      – Layout blog (template)
      – Tata letak
      – Ukuran iklan
      – Kualitas artikel
      – Dll.

      Lakukan perubahan dengan memperhatikan poin-poin yang saya sebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!