Cara Mengidentifikasi Plugin WordPress Yang Memberatkan Loading Blog

Blog berbasis WordPress diperkaya plugin-plugin berguna untuk membuat blog menjadi lebih hidup (banyak fitur), tetapi plugin-plugin tersebut dapat memberi sumbangsih terhadap loading berat sebuah blog. Oleh yang demikian, amat perlu untuk mengontrol penggunaan plugin dan sebaiknya Anda hanya menggunakan plugin yang memang dirasa perlu saja.

Baca juga: Cara mengatasi gagal install plugin WordPress

Dalam beberapa hari terakhir ini saya banyak meluangkan waktu untuk mengamati dan meningkatkan kecepatan loading BloggerLamongan.com. Sejumlah tools saya gunakan untuk mengecek waktu muat blog ini, mulai PageSpeed Insights hingga tool untuk mengecek kecepatan hosting, check-host.net.

Meski ketika saya akses sendiri blog ini seolah terlihat normal, namun hasilnya cukup berbeda ketika saya cek menggunakan tools tersebut diatas. Di PageSpeed Insights misalnya, waktu muat blog ini ternyata sangat lambat. Score kecepatannya hanya berada di level 40/100 (mobile), dan 48/100 (desktop).

Baca juga: Cara setting namerserver CloudFlare untuk meningkatkan kecepatan blog

Guna mencari tahu plugin apa yang paling memberatkan loading blog ini, saya mencoba sebuah tool (plugin) P3 – Plugin Performance Profiler. Plugin ini berfungsi untuk membantu Anda mengidentifikasi plugin-plugin berat di blog berbasis WordPress. Setelah melakukan scane plugin, hasilnya plugin Sharify Social Share Buttons menyumbang 29 persen dari total waktu muat blog.

cara cek plugin berat wordpress

Bagi Anda yang ingin mengidentifikasi plugin berat di blog Anda, silakan install plugin P3 (Plugin Performance Profiler). Klik disini untuk mendownload plugin.

Setelah Anda menginstal plugin P3 (Plugin Performance Profiler), silakan mulai scan; pada dasboard WordPress silakan klik Tools > P3 (Plugin Performance Profiler) > Start Scan. Silakan lihat hasilnya, dan segera menghapus plugin-plugin berat yang dirasa tidak terlalu penting, atau Anda bisa menggantinya dengan plugin sejenis yang tidak terlalu berat.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!